iklan banner

✔ Pesona Keindahan Pantai Balekambang Malang Jawa Timur

Pantai Balekambang Malang Jawa Timur


Pesona Keindahan Pantai Balekambang Malang Jawa Timur ✔ Pesona Keindahan Pantai Balekambang Malang Jawa Timur


1.Pesona Keindahan Pantai Balekambang Malang Jawa Timur


Pantai Balekambang yaitu sebuah tempat destinasi yang wajib dikunjungi ketika di


Malang, pantai ini terletak di Malang dimana pantai ini tengah terkenal sebagai


destinasi wisata di malang, dan pantai balekambanglah yang menjadi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara.


Pantai Balekambang mempunyai Keindahan dan pesona dan berbeda dengan pantai lainnya, lantaran kebanyakan pantai-pantai lain di sepanjang pesisir Jawa Timur tidak mempunyai keindahan yang dimiliki oleh Pantai Balekambang oleh lantaran itu tempat ini menerima julukan “Tanah Lot-nya Jawa Timur”


.Pesona Keindahan Pantai Balekambang Malang Jawa Timur ✔ Pesona Keindahan Pantai Balekambang Malang Jawa Timur


Hal ini disebabkan oleh  topografi (pemetan ) dan lanskap (tata ruang di luar gedung)  pantai ini yang disebut-sebut ibarat dengan Pantai Tanah Lot yang sangat terkenal di Pulau Bali.


Ketika sore hari anda akan disuguhi oleh panorama alam yang sangat menakjubkan lantaran cahaya matahari yang karam dengan warna kuning keemasan yang sedang menyinari lautan yang biru dan menghasilkan gradiasi warna yang sangat indah.


Panorama ini tidak kalah dengan panorama di pantai sanur bali, jikalau anda bermalam di pinggir Pantai Balekambang Malang nda anaj aiasi


2. Lokasi Pantai Balekambang


Pantai Balekambang berlokasi di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Malang yang tidak jauh dari sentra kota Malang, kurang lebih anda akan menempuh perjalanan selama 90 menit jikalau anda berangkat dari Alun-alun kota Malang.


Pesona Keindahan Pantai Balekambang Malang Jawa Timur ✔ Pesona Keindahan Pantai Balekambang Malang Jawa Timur


Jika anda berangkat dari sentra kota Malang menuju Pantai Balekambang kurang lebih anda akan menempuh perjalanan sejauh 60 kilometer ke arah selatan dipinnggir jalan anda akan menjumpai beberapa tempat yang menjadi daya tarik kota malng, sperti wisata Sumber Maron, Sumber  Taman, Masjid Tiban dan lain-lain.


Rute jalan menuju Pantai Balekambang ini sudah cukup memadai,dilihat dari jalannya yang telah diaspal mulus, meskipun demikian wisatawan harus tetap berhati-hati lantaran wisatawan akan dihadapkan dengan beberapa tanjakan dan belokan yang tajam.


Sepanjang jalan menuju Pantai Balekambang, anda akan dimanjakan dengan pemandangan dari gugusan pepohonan menghijau yang menciptakan udara menjadi sangat sejuk dan segar.


Setelah anda hingga di lintas selatan atau JLS (Jalur Lintas Selatan) anda suda sanggup melihat pemandangan bahari yang sangat indah dan mempesona dengan birunya lautan, tetapi sebelum anda meliat bahari tersebut anda akan memasuki gapura Pantai Balekambang.


Ketika anda samapi di bibir pantai, wisatawan akan disuguhi oleh hamparan lautan luas dengan air berwarna biru jernih, deburan ombak yang tidak terlalu besar dan pemandangan alam yang bebas luas. Pantai Balekambang ini salah satu tipikal pantai yang higienis dan tertata dengan rapi.


Pantai Balekambang ini mempunyai suasana damai dan udara sejuk khas pantai yang sanggup menjadi obat mujarab bagi wisatawan untuk melepaskan penat dan menenangkan diri dari keramaian kota.


Anda juga sanggup melihat banyak sekali pulau dari Pantai Balekambang ini yang berada di sebelah barat pantai, lantaran disebelah barat pantai terdapat beberapa pulau-pulau ibarat Pulau Anoman, Pulau Ismoyo dan Pulau Wisanggeni yang semuanya terhubung dengan jembatan.


3. Harga tiket masuk Pantai Balekambang


Harga tiket masuk Pantai Balekambang terbilang sangat murah lantaran anda cukup membayar 13.000 untuk hari biasa dan 15.000 untuk weekend, dengan harga tiket masuk yang tidak mengecewakan murah dan sangat terjangkau. Harga tiket tersebut sanggup berubah tergantung kebijakan pengelola wisata tersebut.


Pengunjung sanggup menikmati keindahan Pantai Balekambang  yang sangat indah dan tiada duanya ini, oleh alasannya itu tempat ini sanggup dijadikan salah satu pilihan untuk berlibur ketika berada di Malang.


4. Sejarah singkat Pantai Balekambang


Sebelum Pantai Balekambang viral (terkenal) ibarat sekarang, Pantai Balekambang dulunya masih dikelilingi oleh pepohonan lebat, sehingga jarang sekali ada orang yang kesana atau masyarakat setempat yang masuk kesana. Asal seruan kenapa pantai ini berkembang berkembang begitu bagus dan viralnya ibarat ketika ini.


Pesona Keindahan Pantai Balekambang Malang Jawa Timur ✔ Pesona Keindahan Pantai Balekambang Malang Jawa Timur


Ketika tahun 1978, Pantai Balekambang bahu-membahu telah dikenal oleh warga sekitar, dan ketika masa pemerintahan pada tahun tersebut, ada seseorang perangkat desa di Desa Srigonco mulai tebang bantalan dan membuka susukan jalan menuju Pantai Balekambang.


Sehingga orang yang berasal dari luar desa sanggup ikut melihat dan mencapai pantai dengan mudah, sesudah lima tahun berselang, Pantai Balekambang diresmikan oleh Bupati Malang ketika itu yaitu Bapak Eddy Slamet Bupati tahun 1979.


Setelah diresmikan dan dibuka sebagai salah satu destinasi wisata yang berada di Jawa Timur, nama Pantai Balekambang semakin viral, Tahun demi tahun keindahan pantai ini terus menarik pengunjung untuk tiba dan menyaksikan keindahan pantai ini.


Seiring perkembangan ekonomi desa setempat, pantai ini pun dilengkapi dengan banyak sekali akomodasi yang menunjang kenyamanan wisatawan, tak heran ketika ini Pantai Balekambang menjadi salah satu destinasi wisata di Malang dan Jawa Timur yang paling populer.


Konon, Zaman duhulu ada orang yang pertama membuka hutan yang melingkupi area Pantai Balekambang yaitu Syaikh Abdul Jalil, dia yaitu seorang ulama yang berasal dari kota Yogyakarta, dan ketika dia wafat, dia dimakamkan di area bersahabat Pantai Balekambang yang berlokasi kurang lebih 1 kilometer jauhnya.


Ketika bulan Muharram/Suro, makam dia ramai diziarahi oleh umat muslim yang tiba dari banyak sekali daerah. Karena Jasa beliaulah, dia dikenang oleh masyarakat sekitar, sehingga  makam dia disucikan dan menjadi salah satu wisata religi di Malang.


Pernah anda banyangkan ketika hari raya Nyepi, Pantai Balekambang akan mbludak dikunjungi oleh banyak wisatawan daripada hari-hari biasa. Karena umat Hindu yang tinggal di sekitar wilayah Malang melaksanakan upacara sopan santun di Pura Amarta Jati yang terletak di Pulau Ismoyo, sebuah pulau yang terletak di seberang Pantai Balekambang.


Di sini anda sanggup menyaksikan proses upacara ini berlangsung lantaran antara Pantai Balekambang dan Pulau Ismoyo ini dihubungkan oleh sebuah jembatan. anda sanggup menyaksikan rangkaian upacara dari bersahabat dengan tetap menjaga norma kesopanan dan menghargai pemeluk agama yang sedang melaksanakan upacara tersebut. Disini anda juga sanggup menikmati proses upacara sekaligus sambil berguru ilmu pengetahuan gres dari budaya dan sopan santun istiadat masyarakat tradisional.


5. Mito-mitos yang beredar di Pantai Balekambang


Mitos Pantai Balekambang, lantaran tergolong dalam deretanan pantai selatan, artinya letak pantai ini yang berada di wilayah selatan Pulau Jawa maka membuatnya masuk dalam golongan tersebut.


Seperti pantai-pantai selatan lain di Pulau Jawa, Pantai Balekambang pun kaya akan cerita-cerita mitos dan kepercayaan masyarakat yang lekat dengan hal-hal mistis.


Seperti mitos yang paling berkembang di pantai ini yaitu ihwal berakhirnya kekerabatan asmara bagi pasangan muda yang belum menikah secara sah jikalau mereka tiba berkunjung bersama, Mitos lainnya yaitu konon air bahari Pantai Balekambang sanggup menciptakan orang menjadi abadi muda.


Maka jangan heran ya, apabila wisatawan menjumpai orang-orang yang berendam di air bahari atau mencuci wajahnya. tentulah ini semua hanyalah mitos yang beredar, mitos artinya kebenaran akan cerita-cerita di atas kembali lagi kepada keyakinan masing-masing dan tak perlu dipersoalkan dengan serius.


6. Transportasi yang cocok digunkan menuju Pantai Balekambang


Bagi anda yang hendak berwisata ke Pantai Balekambang, anda tidak usah merasa khawatir soal transportasi, ada banyak sekali pilian moda transportasi yang sanggup dipilih untuk menuju ke pantai ini. Karena rute jalan yang sudah bagus dan beraspal menciptakan wisatawan sanggup dengan nyaman pergi memakai kendaraan pribadi, bus, angkutan umum dan bahkan menyewa kendaraan umum dari kota Malang.


Meski demikian, sebaiknya anda lebih waspada dan berhati-hati lantaran topografi jalanan menuju ke pantai ini akan melalui beberapa belokan dan tikungan tajam serta beberapa tanjakan.


Berikut ini admin sedikit menjelasan lebih lanjut mengenai pilihan trasportasi yang sanggup digunakan, berikut macam-macam kendaraan yang sanggup dipakai menuju ke Pantai Balekambang:


Gunakanlah Kendaraan Umum (Bus, angkutan kota, ojek) Anda sanggup menaiki kendaraan umum untuk menuju Pantai Balekambang rutenya yaitu dari Terminal Arjosari, Malang, naiklah angkutan kota jurusan Terminal Gadang. Lalu, lanjut dengan naik angkutan kota jurusan Gondanglegi.


Ketika hingga di Gondanglegir turun dari kendaraan Umum di Kecamatan Gondanglegi atau Pagelaran, di sana anda sanggup memakai kendaraan Umum yaitu ojek untuk meneruskan perjalanan menuju Pantai Balekambang lantaran memang belum ada kendaraan umum yang eksklusif menuju ke pantai tersebut. Tapi saya sarankan sebaiknya memakai kendaraan pribadi atau sewa kendaraan ibarat kendaraan beroda empat atau bus jikalau anda ingin kesana bersama-sama.


Gunakanlah Kendaraan Pribadi, jikalau anda ingin pergi berwisata ke Pantai Balekambang bersama-sama atau rombongan, baik rombongan keluarga besar atau teman, ada baiknya wisatawan membawa kendaraan pribadi demi kenyamanan selama perjalanan anda.


7. Rute menuju ke Wisata Pantai Balekambang, apabila anda sudah hingga di sentra kota Malang, Anda sanggup menentukan salah satu diantara dua rute berikut ini:


a. Rute sebelah timur Malang – Gondanglegi


Anda sanggup menentukan rute sebelah timur yaitu Malang – Gondanglegi dari sentra kota Malang, ambil arah menuju Gadang dan Kendalpayak untuk menuju ke Bululawang sesudah itu lurus ke Gondang legi sesudah itu sampailh ke pasar besar Gondanglegi.


Setelah anda hingga dipertigaan Pasar besar Gondanglegi anda belok kekanan sesudah itu anda samapi di perempatan Puskesmas Gondanglegi belok ke kiri lurus ikuti jalan tersebut hinga anda hingga di Pagelaran, lurus ikuti arah Bantur, sesudah di bantur anda akan menjumpai beberapa petunjuk jalan menuju ke Pantai Balekambang.


b. Rute sebelah barat Malang- Kepanjen


Rute sebelah brat jikalau anda menentukan rute ini, anda akan melewati sebuah Pabrik Gula kebon  Agung Malang, pakisaji, kepanjen, gampingan sesudah itu bantur sesudah anda melewati daerah-daerah tersebut tibalah anda di Pantai Balekambang.


Ketika di perjalanan menuju Pantai Balekambang, anda akan dimanjakan dengan hamparan hutan tropis dan ribuan pohon jati di hutan jati yang semakin rapat ketika anda mulai memasuki wilayah Bantur. Ruas jalan menuju pantai ini memang sudah beraspal mulus, namun ada beberapa titik yang jalannya agak sempit dengan tikungan tajam disana-sini.


walaupun jalan menuju kesana cukup ekstrim, akan terbayar lunas ketika anda sudah hingga di lokasi. alangkah baiknya jikalau anda menaiki kendaraan pibadi untuk menuju ke pantai ini. Di sepanjang jalan menuju Pantai Balekambang ada banyak petunjuk jalan yang bertebaran, jadi wisatawan tak perlu merasa takut akan tersesat ketika menuju ke pantai ini.


8. Daya Tarik


Ada beberapa alasan mengapa Pantai Balekambang menjadi salah satu objek wisata andalan di kota Malang, lantaran Pantai Balekambang memperlihatkan banyak sekali pilihan kegiatan yang sanggup dilakukan oleh wisatawan, misalnya ibarat kegiatan sebagai berikut:


a. Bermain air di pinggir pantai


Pesona Keindahan Pantai Balekambang Malang Jawa Timur ✔ Pesona Keindahan Pantai Balekambang Malang Jawa Timur

Bermain-main air bahari di pinggir pantai selama tidak berbahaya, ketika ombak tidak terlalu besar jangan kawatir lantaran pantai ini tidak mempunyai ombak yang terlalu ganas asal tidak animo angin bahari yang besar, bermain di pinggir pantai sepuasnya lantaran tidak dipasang tanda larangan oleh pengelola pantai.


b. Keindahan pinggir pantai ketika pantai mulai Surut


Pesona Keindahan Pantai Balekambang Malang Jawa Timur ✔ Pesona Keindahan Pantai Balekambang Malang Jawa Timur

Anda sanggup melihat keindahan banyak sekali macam karang bahari bahkan jikalau air sedang surut, anda sanggup melihat banyak sekali macam ikan hias kecil dan biota bahari lainnya, dan keindahan pemandangan yang ada di pinggir pantai ibarat pemandangan di tanah lot bali lantaran adanya sebuah Pure di pantai ini.


c. Hari besar.

Pantai ini selalu ramai dikunjungi ketika ada momen-momen tertentu ibarat Maulid Nabi atau bulan Suro, wisatawan sanggup menyaksikan penduduk setempat yang masih teguh menjalankan tradisi sopan santun dengan menggelar upacara Suroan dan upacara Jalanida Puja.


Pesona Keindahan Pantai Balekambang Malang Jawa Timur ✔ Pesona Keindahan Pantai Balekambang Malang Jawa Timur


Khususnya ketika bulan Suro, Pantai Balekambang ramai disambangi wisatawan baik dari dalam maupun luar Malang untuk sekadar mandi di bahari atau melaksanakan hal lainnya.


Menikmati keindahan sunset atau muncul dan terbenamnya Matahari.

Keindahan Pantai Balekambang akan muncul ketika matahari perlahan mulai masuk ke persembunyaian, keindahan ini biasanya terjadi ketika anda berkunjung di sing hari dan menjelang malam.


Pemandang sunset matahari yang elok dengan dengan memancarkan warna oranye keemasan menyebabkan tempat ini makin spektakuler dengan latar belakang bangunan akal-akalan yang ada di sebelah barat Pantai Balekambang.


d. Wahana flying fox

Wahana  flying fox yaitu salah saatu wahana perminan yang dicoba, dengan wahana ini anda akan mencicipi sensasi yang tak terlupakan, lantaran disini anda akan mencicipi betapa serunya terbang diatas lautan harganya juga cukup murah sebesar Rp 20.000,-


e. Makanan bahari atau seafood


Pesona Keindahan Pantai Balekambang Malang Jawa Timur ✔ Pesona Keindahan Pantai Balekambang Malang Jawa Timur

Makanan bahari yaitu salah satu daya tarik dari tempat ini, disini anda sanggup menikmati sajian seafood yang yummy sambil menikmati keindahan bersama keluarga atau sahabat.


Pesona Keindahan Pantai Balekambang Malang Jawa Timur ✔ Pesona Keindahan Pantai Balekambang Malang Jawa Timur


Wisatawan sanggup menentukan aneka seafood segar ibarat ikan, cumi-cumi atau udang kemudian membakarnya di tepi pantai. Bila malas menyiapkan makanan sendiri, di tepi pantai pun berjejer resto dan warung makan yang memperlihatkan aneka sajian seafood yang lezat.


Itulah beberapa klarifikasi seputar Pantai Balekambang yang begitu viral ketika ini. Sekian dan terima kasih…..



Sumber http://syahrulanam.com

0 Response to "✔ Pesona Keindahan Pantai Balekambang Malang Jawa Timur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel