iklan banner

Langkah Melukis Garis Singgung Komplotan Luar Lingkaran

Garis Singgung Persekutuan Lingkaran adalah suatu garis yang mnyinggung bab pinggir dari dua buah bundar yang tidak sepusat. Dalam hal ini ada dua kemungkinan yang akan terjadi. Pertama garis singgung komplotan luar bundar dan garis singgung persekutan dalam lingkaran. Masing masing tersebut akan dijelaskan nanti masing masing.

Pada permasalahan ini akan ditemui dua kemungkinan soal. Pertama yaitu menghitung garis singgung antara dua bundar dan melukis garis singgung permukaan bundar tersebut. Pada postingan kali ini akan dijelaskan Cara Melukis Garis Singgung Lingkaran.

Pada bab pertama ini kita akan melihat bagaimana cara melukis garis singgung komplotan luar antara dua lingkaran. Sebagai bentuk citra bab mana yang merupakan garis singgung luar bundar ini, lihat aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Perhatikan sebuah sepeda, pada bab pedal dan roda belakanag akan terhubung oleh rantai. Dalam hal ini sanggup di ibaratkan roda tersebut yaitu lingkarannya dan rantai tersebut yaitu garis singgungnya. Berikut cara melukis garis singgung komplotan luar bundar ini. Tapi sebelumnya coba pahami animasi berikut ini, selanjutnya baca klarifikasi langkahnya.
Click to Zoom GIF
Lukis dua buah lingkaran. Lingkaran pertama dengan sentra A dengan jarijari r1 dan Lingkaran ke dua berpusat di B dengan jari jari r2. Lalu, hubungkan dua titik sentra sehingga di sanggup garis AB.

Lukis busur lingkaran. Pertama dengan sentra di titik A dan ke dua dengan sentra titik B (jari jari terserah). Perpotongan busur tersebut beri nama titik C dan titik D. Hubungkan CD, sehingga garis CD memotong garis AB pada titik E.

Langkah ketiga, Lukis sebuah lingkaran lain dengan sentra di titik E yang mempunyai jari jari EA. Berikutnya lukis juga bundar yang berpusat di A dengan radius (jari-jari) r1-r2. Pada langkah ini akan ditemukan perpotogan bundar yang berpusat di E dengan titik X dan Y. Hubungkan A dengan titik X dan titik Y. Garis AX dan AY tersebut akan memoton bundar A pada titik yang diberi nama F dan G.

Langkah ke- empat Lukis bundar dengan sentra F(lingkaran F) dengan jari jari XB sehingga akan memotong bundar B pada titik H. Lukis juga bundar satu lagi dengan sentra G dengan jari jari YYB dan memotong bundar B di titik .

Langkah terakhir, buat lah garis FH, dan GI. Garis FH dan GI tersebut yaitu garis singgung komplotan luar dari bundar AB.

Itulah 5 langkah yang sanggup dipakai dalam menggambar garis singgung komplotan luar lingkaran. Agar lebih lancar sebaiknya lakukan secara berulang kali. Sementara itu untuk melaksanakan perhitungan sanggup dibaca pada postingan yang terkait : Cara Menghitung Garis Singgung Persekutuan Luar Lingkaran Beserta Kalkulator -nya.
Cara Melukis Garis Singgung Lingkaran Lainnya:





Sumber http://www.marthamatika.com/

0 Response to "Langkah Melukis Garis Singgung Komplotan Luar Lingkaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel