Langkah-Langkah Mengubah Data Angka Menjadi Huruf Huruf Dengan Rumus Excel
Apa kabar sahabat rumus excel lengkap?. Semoaga masih bersemangat dalam mencari pengetahuan, terutama wacana rumus excel.
Begitu banyaknya rumus excel yang disediakan kadang kita merasa kebinggungan sendiri dalam memahami dan menerapkan rumus tersebut.
Terutama dalam Perkembangan tekhnologi kini ini, mengharuskan kita untuk selalu terus membuatkan pengetahuan dan ketrampilan, terutama dalam hal ini di bidang komputerisasi, why?
Komputer sudah menjadi kebutuhan kita sehari-hari, baik dalam urusan perkantoran, perusahaan, Pendidikan, bahkan dalam hal penulisan Raport pun kini sudah membutuhkan komputer. Makara penting bagi kita untuk terus menggali perkembangan dan kemudahan yang ada di komputer sehingga pekerjaan kita dapat menjadi lebih cepat selesai, efesien dan akurat.
Contoh kasus pada dunia pendidikan
Bagi seorang guru, kini di tuntut untuk menguasai beberapa aktivitas aplikasi terutama dalam hal ini Microsoft Excel alasannya yaitu guru sering bekerjasama dengan nilai atau angka yang harus di kelola. Apalagi kini dalam penyampaian Hasil Belajar (Raport) sudah memakai komputer yaitu aktivitas Ms. Excel.
Salah satu hal yang bekerjasama dengan buku raport yaitu menuliskan nilai Angka dengan Huruf abjad. Adapun Kaidah penulisannya tergantung dari masing-masing kebijakan sekolah, ada yang memakai nilai satuan dengan dua angka di belakang koma; teladan 7,65, dan ada yang memakai nilai puluhan dengan satu angka di belakang koma; teladan 76,5.
Untuk melaksanakan konversi angka ke huru kita memakai rumus excel gabungan.
Langkah pertama adalah, menciptakan tabel data angka beserta keterangan huruf, sebagaimana teladan di bawah ini.
Pembuatan tabel ini nantinya akan dipakai sebagai sumber dasar penulisan rumus dan format huruf dengan memakai proteksi sebuah formula sederhana
langkah Kedua buatlah format Raport yang akan di isi, misalnya
Setelah data tabel dan format raportnya siap selanjutnya kita masukkan rumus mengkonversi angka menjadi huruf;
Untuk melaksanakan perintah-perintah di atas memakai Gabungan rumus excel yaitu fungsi Lookup (Vlookup) dan Fungsi Text (Left, Mid, Right)
Adapun langkah mengoperasikan sebagai berikut;
1. Letakkan kursor pada sel D8
2. Tulis rumus sebagai berikut.
Untuk lebih terang lihat hasil perumusan di bawah ini.
Catatan :
Penggunaan koma atau titik menyesuaikan, kalau setting Bahasa Indonesia maka gunakan tanda koma (,) sebagai pemisah angka desimal, sedangkan kalau komputer anda memakai setting bahasa Inggris maka gunakan tanda titik (.)
Adapun kesalahan penulisan tanda baca akan menghasilkan pesan error #VALUE! untuk hasil akhirnya. Begitu juga dengan bentuk penulisan rumus berbeda dengan format angka, akan menghasilkan #VALUE! (lihat data di atas yang berwarna merah)
Untuk penulisan rumus pada format yang puluhan sebagaimana pada jumlah adalah:
Demikian pembahasan rumus excel lengkap wacana bahan khusus yang bekerjasama dengan pembuatan buku laporan nilai (Buku Raport), biar membantu sahabat-sahabat semua terutama yang bertugas menjadi guru. Selamat mencoba, terimakasih
Pembahasan fungsi vlookup dapat sahabat buka pada materi disini dan pembahasan fungsi Text dapat sahabat pelajari di bahan ini
Sumber http://fungsiexcellengkap.blogspot.com
Begitu banyaknya rumus excel yang disediakan kadang kita merasa kebinggungan sendiri dalam memahami dan menerapkan rumus tersebut.
Terutama dalam Perkembangan tekhnologi kini ini, mengharuskan kita untuk selalu terus membuatkan pengetahuan dan ketrampilan, terutama dalam hal ini di bidang komputerisasi, why?
Komputer sudah menjadi kebutuhan kita sehari-hari, baik dalam urusan perkantoran, perusahaan, Pendidikan, bahkan dalam hal penulisan Raport pun kini sudah membutuhkan komputer. Makara penting bagi kita untuk terus menggali perkembangan dan kemudahan yang ada di komputer sehingga pekerjaan kita dapat menjadi lebih cepat selesai, efesien dan akurat.
Contoh kasus pada dunia pendidikan
Bagi seorang guru, kini di tuntut untuk menguasai beberapa aktivitas aplikasi terutama dalam hal ini Microsoft Excel alasannya yaitu guru sering bekerjasama dengan nilai atau angka yang harus di kelola. Apalagi kini dalam penyampaian Hasil Belajar (Raport) sudah memakai komputer yaitu aktivitas Ms. Excel.
Salah satu hal yang bekerjasama dengan buku raport yaitu menuliskan nilai Angka dengan Huruf abjad. Adapun Kaidah penulisannya tergantung dari masing-masing kebijakan sekolah, ada yang memakai nilai satuan dengan dua angka di belakang koma; teladan 7,65, dan ada yang memakai nilai puluhan dengan satu angka di belakang koma; teladan 76,5.
Untuk melaksanakan konversi angka ke huru kita memakai rumus excel gabungan.
Langkah pertama adalah, menciptakan tabel data angka beserta keterangan huruf, sebagaimana teladan di bawah ini.
Pembuatan tabel ini nantinya akan dipakai sebagai sumber dasar penulisan rumus dan format huruf dengan memakai proteksi sebuah formula sederhana
langkah Kedua buatlah format Raport yang akan di isi, misalnya
Setelah data tabel dan format raportnya siap selanjutnya kita masukkan rumus mengkonversi angka menjadi huruf;
Untuk melaksanakan perintah-perintah di atas memakai Gabungan rumus excel yaitu fungsi Lookup (Vlookup) dan Fungsi Text (Left, Mid, Right)
Adapun langkah mengoperasikan sebagai berikut;
1. Letakkan kursor pada sel D8
2. Tulis rumus sebagai berikut.
- =VLOOKUP(LEFT(C8,1)*1,$F$3:$G$12,2)&" Koma "&VLOOKUP(MID(C8,3,1)*1,$F$3:$G$12,2)&" "&VLOOKUP(RIGHT(FIXED(C8),1)*1,$F$3:$G$12,2)
Untuk lebih terang lihat hasil perumusan di bawah ini.
Catatan :
Penggunaan koma atau titik menyesuaikan, kalau setting Bahasa Indonesia maka gunakan tanda koma (,) sebagai pemisah angka desimal, sedangkan kalau komputer anda memakai setting bahasa Inggris maka gunakan tanda titik (.)
Adapun kesalahan penulisan tanda baca akan menghasilkan pesan error #VALUE! untuk hasil akhirnya. Begitu juga dengan bentuk penulisan rumus berbeda dengan format angka, akan menghasilkan #VALUE! (lihat data di atas yang berwarna merah)
Untuk penulisan rumus pada format yang puluhan sebagaimana pada jumlah adalah:
- =VLOOKUP(LEFT(C18,1)*1,$F$3:$G$12,2)&" "&VLOOKUP(MID(C18,2,1)*1,$F$3:$G$12,2)&" Koma "&VLOOKUP(MID(C18,4,1)*1,$F$3:$G$12,2)& " "&VLOOKUP(RIGHT(FIXED(C18),1)*1,$F$3:$G$12,2)
Demikian pembahasan rumus excel lengkap wacana bahan khusus yang bekerjasama dengan pembuatan buku laporan nilai (Buku Raport), biar membantu sahabat-sahabat semua terutama yang bertugas menjadi guru. Selamat mencoba, terimakasih
Pembahasan fungsi vlookup dapat sahabat buka pada materi disini dan pembahasan fungsi Text dapat sahabat pelajari di bahan ini
Sumber http://fungsiexcellengkap.blogspot.com
0 Response to "Langkah-Langkah Mengubah Data Angka Menjadi Huruf Huruf Dengan Rumus Excel"
Posting Komentar