iklan banner

Pengertian Flashdisk Dan Fungsi Serta Komponennya

Pengertian Flashdisk Dan Fungsi Serta Komponennya -  Flashdisk banyak dibicarakan di masa perkembangan teknologi dikala ini. Bentuknya sederhana dan kecil menciptakan flashdisk menjadi salah satu alat penyimpan data terkenal disamping harddisk komputer.

Meski kecil, flashdisk mempunyai memori yang besar untuk menyimpan aneka macam jenis data. Bahkan ada beberapa produsen flashdisk ibarat kingston yang berani mengeluarkan produk flashdisk yang mempunyai memori penyimpanan hingga 2TB.

Penyimpanan yang setara dengan memori penyimpanan hard disk, bisa dikatakan sebagai penyimpanan data flashdisk terbesar di dunia dikala ini. Selain menyimpan data, flashdisk juga gampang berformat kalau anda ingin menghapus data secara keseluruhan dan bahkan bisa dijadikan media bootable.

Flashdisk telah memperlihatkan kiprah besar bagi perkembangan dunia komputer. Banyak orang telah terbantu dengan adanya flashdisk yang memungkinkan pengguna menyimpan data yang bisa berada dimana saja.

Pengertian Flashdisk Dan Fungsi Serta Komponennya Pengertian Flashdisk Dan Fungsi Serta Komponennya
Pengertian Flashdisk dan Fungsinya
Sebenarnya kita bisa memakai flash dimana saja dan kapan pun kita membutuhkan data yang tersimpan di dalamnya. Flashdisk juga bisa disebut sebagai alat penyimpan data yang berjalan.

Selain bisa digunakan di komputer, flash juga bisa digunakan pada model tv terbaru, terutama tv led. Rata-rata penggunaan flash di tv digunakan untuk menyimpan koleksi data video atau film.

Kapasitas penyimpanan flash disk juga sangat bermacam-macam mulai dari awal kemunculannya hanya bisa menyimpan 8MB  hingga dikala ini > 2TB.

Tingginya undangan pasar akan adanya flash disk telah mendorong produsen flash disk untuk merilis produk terbarunya. Mereka bersaing menghasilkan flashdisk dengan aneka macam keunggulan masing-masing kualiatas dan kuantitas penyimpanan.

Namun, bila dilihat dari perkembangan yang ada, produsen flashdisk ini lebih mengeluarkan produk berdasarkan kapasitas penyimpanan data. Kapasitas penyimpanan bervariasi dari ukuran 1GB, 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, 32GB, 64GB, 1TB dan 2TB.

Dilihat dari perkembangan yang ada dan jumlah undangan pasar, hal itu pertanda betapa pentingnya flashdisk dalam menyederhanakan acara kita yang terkait dengan penyimpanan data simpan.

Untuk mengetahui lebih banyak ihwal flashdisk lebih jauh, alangkah baiknya kalau kita juga tahu apa pengertian flash dan fungsinya.

Daftar Isi:
Pengertian Flashdisk
Fungsi Flashdisk
Cara Menggunakan Flashdisk
Komponen Flashdisk

Pengertian Flashdisk

Flashdisk yaitu media penyimpan data kalau ditafsirkan secara sederhana. Setiap jenis data sanggup disimpan dengan gampang di flashdisk ini.

Pengertian flashdisk berdasarkan para mahir yaitu perangkat memori flash tipe NAND yang bisa menyimpan aneka macam jenis data yang terintegrasi dengan universal connectivity serial bus atau sering disebut USB.

Flashdisk dalam bahasa Inggris disebut sebagai USB flash drived. Metode penyimpanan flashdisk memakai sistem non-volatile atau menyimpan data tanpa listrik.

Selama data yang tersimpan di flashdisk tidak terhapus, maka datanya tidak akan hilang. Bentuk dan ukuran media penyimpanan data ini kecil dan tentu saja dengan ukuran ini membuatnya gampang dibawa kemana saja.

Flashdisk yaitu alternatif hard drive untuk menyimpan data yang bisa digunakan untuk keperluan eksklusif maupun untuk keperluan kerja.

Fungsi flashdisk

Fungsi utama flashdisk yaitu menyimpan data. Berbagai jenis data bisa disimpan di perangkat kecil yang bisa kita masukan ke dalam saku dan di mana saja.

Selain penyimpanan data biasa, flashdisk bisa digunakan untuk sistem bootable atau bisa juga digunakan sebagai komputer mini. Kita bisa menjalankan sistem operasi baik windows maupun linux tanpa perlu harddisk.

Sebenarnya kita bisa menyimpan bentuk format file video atau musik dalam sekejap semoga bisa kita nikmati di rumah. Salah satunya melalui media tv, video yang telah kita simpan di flashdisk bisa kita tonton dan main di tv tanpa harus memakai komputer.

Bagi yang suka mp3, mereka bisa memutar musik mp3 yang tersimpan di flashdisk pada pita radio yang sudah disediakan usb port. Terlepas dari fungsinya yang sudah disebutkan, sesungguhnya ada banyak fungsi flash yang bisa dimanfaatkan di luar sana.


Cara Menggunakan Flashdisk


Cara memakai flashdisk sangat mudah. Anda hanya cukup memasukkan nya ke port usb di sisi belakang motherboard komputer, tv, radio tape atau parangkat lainnya yang mempunyai port usb.

Baca: Pengertian Motherboard dan Fungsinya

Kemudian flashdisk akan membaca secara otomatis dan memperlihatkan file yang tersimpan dalam memori. Dalam sekejap ada beberapa perangkat penting yang bekerja untuk menghubungkan antara satu komponen dengan komponen lain sehingga berfungsi dengan baik.

Komponennya adalah: Konektor, komponen ini mempunyai fungsi untuk menghubungkan flashdisk atau usb flash drive ke usb port perangkat elektronik ibarat PC dan sebagainya. Karena tempatnya di luar, tidak sedikit dari konektor ini yang sering rusak sebab sering dipakai.

Komponen Komponen Flashdisk

Pengertian Flashdisk Dan Fungsi Serta Komponennya Pengertian Flashdisk Dan Fungsi Serta Komponennya
Komponen Flashdisk : Gmbr oleh: usbcraft

Board atau PCB
Board atau papan mempunyai fungsi sebagai kawasan komponen flashdisk dalam memudahkan semua komponen yang saling terhubung satu sama lain.

Osilator kristal
Komponen ini mempunyai fungsi menghasilkan frekuensi clock sebagai generator konduktor. Frekuensi clock yang dihasilkan dalam flashdisk rata-rata yaitu 12MHz.

Memori flash
Kata flashdisk ini diambil dari fungsi flashdisk yang bisa menyimpan dan menghapus data dengan cepat ibarat "kilat". Memori yang erdapat didalam flashdisk menjadi komponen utama yang bertugas menyimpan data yang kita masukan ke dalam flashdisk.

Controller
Komponen ini biasa disebut sebagai usb mass storage controller yang berfungsi untuk mengatur dan memerintahkan komponen lain dalam sekejap. Cara kerja pengontrol yang ibarat dengan prossesor atau CPU di komputer juga bisa disebut sebagai otak komputer.

Demikianlah artikel singkat dari saya mengenai pengertian flashdisk, fungsi flashdisk, cara memakai flashdisk dan komponen flashdisk.

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "Pengertian Flashdisk Dan Fungsi Serta Komponennya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel