iklan banner

Pengertian Dari Etika, Profesi, Akuntan Dan Akuntansi

Pengertian Etika
Istilah Etika berasal dari bahasa Yunani kuno. Bentuk tunggal kata 'etika' yaitu ethos sedangkan bentuk jamaknya yaitu ta etha. Ethos memiliki banyak arti yaitu : kawasan tinggal yang biasa, padang rumput, kandang, kebiasaan/adat, akhlak,watak, perasaan, sikap, cara berpikir. Sedangkan arti ta etha yaitu sopan santun kebiasaan.

Arti dari bentuk jamak inilah yang melatar-belakangi terbentuknya istilah Etika yang oleh Aristoteles digunakan untuk mengatakan filsafat moral. Jadi, secara etimologis (asal permintaan kata), etika memiliki arti yaitu ilmu perihal apa yang biasa dilakukan atau ilmu perihal sopan santun kebiasaan (K.Bertens, 2000).

Pengertian Profesi
Profesi ialah kegiatan intelektual yang dipelajari termasuk training yang diselenggarakan secara formal ataupun tidak formal dan memperoleh akta yang dikeluarkan oleh sekelompok / tubuh yang bertanggung jawab pada keilmuan tersebut dalam melayani masyarakat, memakai etika layanan profesi dengan mengimplikasikan kompetensi mencetuskan ide, kewenangan ketrampilan teknis dan moral serta bahwa perawat mengasumsikan adanya tingkatan dalam masyarakat. DANIEL BELL (1973).

Pengertian Akuntansi
Akuntansi ialah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta insiden yang berafiliasi dengan keuangan sehingga sanggup digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan gampang dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.

Pengertian Akuntan
Akuntan ialah sebutan dan gelar profesional yang diberikan kepada seorang sarjana yang telah menempuh pendidikan di fakultas ekonomi jurusan akuntansi pada suatu universitas atau perguruan tinggi tinggi dan telah lulus Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk).

Etika Profesi Akuntansi yaitu suatu ilmu yang membahas sikap perbuatan baik dan jelek insan sejauh yang sanggup dipahami oleh pikiran insan terhadap pekerjaan yang membutuhkan training dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan khusus sebagai Akuntan.

Etika Profesi akuntan merupakan sebuah profesi yang menyediakan jasa atestasi maupun non atestasi kepada masyarakat dengan dibatasi aba-aba etik yang ada. Akuntan memiliki kewajiban untuk menjaga standar sikap etis tertinggi mereka kepada organisasi dimana mereka bernaung, profesi mereka, masyarakat dan diri mereka sendiri dimana akuntan memiliki tanggung jawab menjadi kompeten dan untuk menjaga integritas dan obyektivitas mereka.

Sumber :
http://devykhodijah27.blogspot.com/
candysweet-aina.blogspot.com/search?q=etika-profesi-akuntansi-dan-perbedaan
http://www.ut.ac.id/html/suplemen/ipem4430/etika21.htm
candysweet-aina.blogspot.com/search?q=etika-profesi-akuntansi-dan-perbedaan
http://www.academia.edu/4226624/Pengertian_profesi
candysweet-aina.blogspot.com/search?q=etika-profesi-akuntansi-dan-perbedaan

Sumber http://fuzudhoz.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Dari Etika, Profesi, Akuntan Dan Akuntansi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel