iklan banner

10 Cara Bisnis Yang Sukses Untuk Pemula

 Tentu saja sukses menjadi idaman setiap orang 10 Cara Bisnis Yang Sukses Untuk PemulaSiapa yang tidak ingin sukses? Tentu saja sukses menjadi idaman setiap orang. Namun mewujudkan suatu bisnis yang sukses bukanlah hal yang mudah, apalagi bagi pengusaha pemula. Berbagai hambatan siap menghadang jalan bisnis menuju kesuksesan. Namun jikalau Anda mengerti caranya, maka jalan menuju bisnis yang sukses akan lebih mudah.


Cara bisnis yang sukses berikut ini akan menuntun Sahabat PoBis, terutama bagi pemula dalam dunia bisnis. Dalam sebagian besar kasus, kesuksesan atau kegagalan bisnis pemula yaitu wacana mengetahui dengan baik bagaimana dan mengapa sebuah tindakan diambil. Dan betul-betul memahami dengan terang langkah-langkah strategis yang harus diambil.


Setelah sebelumnya saya membahas mengenai trik perjuangan sukses. Untuk membantu proses Anda menuju gerbang sukses, berikut ini adalah 10 hal penting yang perlu Anda ketahui wacana cara bisnis yang sukses. Gunakan 10 hal ini sebagai cek list untuk memastikan bisnis plan Anda berada pada jalur yang benar.


Cek List 10 Cara Bisnis Yang Sukses Untuk Pemula


1. Fokus Pada Konsumen

Tawarkan apa yang orang ingin beli, bukan apa yang ingin Anda jual. Bisnis Anda harus fokus pada konsumen, pada sasaran market yang Anda bidik. Pilih sasaran market yang memungkinkan bagi Anda untuk mendapat bab dari share market tersebut. Sepatu yaitu market dari kategori yang besar, Anda sanggup lebih terfokus pada sepatu olah raga, lebih spesifik lagi sepatu futsal. Kemudian petakan share market Anda, anak muda, cowok, umur berapa, bagaimana kemampuan finansialnya. Desain sepatu berdasar selera pasar yang Anda bidik, lakukan seni administrasi marketing yang sanggup menjangkau sasaran market tersebut. Fokus pada harapan konsumen, bukan harapan Anda.


2. Dapatkan Aliran Uang Tunai Dengan Cepat

Arus kas yaitu darah kehidupan bisnis, dan benar-benar penting. Jadi, Anda harus menemukan cara untuk mendapatkan anutan arus kas yang cepat. Salah satu caranya yaitu dengan memakai sistem deposit. Jika bisnis Anda memungkinkan, terapkan sistem deposit bagi konsumen Anda, dengan laba tertentu bagi konsumen yang melaksanakan deposit. Atau Anda sanggup menerapkan kegiatan berkesinambungan dimana pelanggan membayar biaya langganan dimuka. Dengan kedua cara tersebut Anda sanggup memperoleh anutan kas yang cepat dimuka. Temukan cara yang sempurna untuk mendapat anutan kas dengan cepat, sesuaikan dengan kondisi bisnis Anda.


3. Temukan Cara Untuk Menekan Biaya

Selalu temukan cara gres untuk menekan segala macam biaya. Semua arus kas di dunia ini tidak berharga jikalau tidak mengarah ke arus kas yang positif, yang berarti Anda harus menciptakan lebih banyak uang yang masuk daripada uang keluar. Menekan biaya-biaya merupakan salah satu cara bisnis yang sukses.

Salah satu tumpuan yaitu dengan memakai barang bekas untuk perlengkapan kantor Anda. Cari vendor yang lebih murah, atau lakukan perundingan untuk mendapat harga lebih murah. Jika perlu melaksanakan pembayaran dimuka, lakukan pembayaran dimuka, biar Anda memperoleh harga materi baku lebih murah dari vendor.


4. Lebihkan Biaya

Ketika merencanakan, selalu lebihkan biaya. Pada kenyataan lapangan yang saya jumpai, biaya yang dikeluarkan bisnis pemula selalu 30% lebih banyak daripada planning awal. Sebaliknya, pendapatan pada awal bisnis selalu lebih rendah dari asumsi atau asumsi awal. Hal inilah yang harus kita antisipasi. Melebih-lebihkan biaya dan memperkecil angka pendapatan dalam menciptakan planning akan menciptakan Anda lebih waspada terhadap banyak sekali kemungkinan yang terjadi.


5. Selalu Fokus Pada Penjualan Dan Pemasaran

Bisnis Anda bukanlah apa-apa sampai terjadinya penjualan. Anda harus menemukan cara untuk mendapat perhatian dari calon konsumen. Dan kemudian merubah perhatian tersebut menjadi penjualan. Selanjutnya, pastikan Anda mendapat penjualan berulang dari pelanggan.

Membangun merek yaitu hal yang penting bagi sebuah bisnis, namun untuk bisnis pemula mendapat penjualan jauh lebih penting. Karena itu planning pemasaran Anda harus fokus pada penjualan. Jangan buang uang untuk membangun merek pada periode awal pembangunan bisnis Anda. Membangun merek butuh waktu yang lama, dan itu mustahil Anda lakukan (karena Anda tidak akan bertahan selama itu) tanpa penjualan.


6. Temukan Cara Untuk Meningkatkan Keuntungan

Temukan cara untuk secara eksponensial meningkatkan keuntungan. Dalam bisnis, ada lima hal yang berdampak pada keuntungan. Jika Anda sanggup menguasai kelima hal, sekaligus menjaga arus kas, maka Anda akan menjalankan bisnis yang sukses.

Ini yaitu hal yang sederhana: dapatkan lead (perhatian) lebih banyak, tingkatkan konversi lead tersebut menjadi penjualan, meningkatkan omset dengan meningkatkan jumlah kali para pelanggan membeli dari Anda, naikkan harga (beri nilai lebih biar konsumen tidak lari), tingkatkan margin laba Anda. Semua hal tersebut akan menciptakan bisnis Anda benar-benar lepas landas.


7. Test dan Ukur

Lakukan segala sesuatu dengan terukur. Anda tidak akan mengetahui apakah planning Anda telah berhasil atau belum. Bagian mana dari planning Anda yang harus dirubah. Semua itu tidak akan bisa Anda lakukan jikalau Anda tidak melakukannya secara terukur. Salah satu cara bisnis yang sukses yaitu dengan selalu melaksanakan test dan ukur.

Misal untuk iklan sms, diskon diberikan bagi pelanggan yang memperlihatkan sms promo yang telah Anda sebarkan. Untuk iklan brosur, diskon akan diberikan bagi konsumen yang membawa brosur/potongan brosur. Anda sanggup melihat efektifitas promo tersebut dari seberapa banyak pelanggan yang tiba memperlihatkan sms atau brosur promo.

Atau sediakan chanel tersendiri untuk kegiatan promo tertentu. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk kegiatan test dan ukur, sehingga Anda sanggup mengetahui mana yang paling efektif untuk bisnis Anda.


8. Jangan Pernah Berhenti Belajar

Belajar lebih, sama dengan penghasilan lebih. Jika Anda belum pernah menjalankan bisnis milyaran rupiah. Jika Anda tidak tahu bagaimana untuk memulai bisnis. Anda sanggup berguru mengenai semua hal itu. Belajar pada forum pendidikan resmi, dengan mengikuti kursus atau pelatihan, berguru dari mentor, berguru lewat buku, berguru dari internet, termasuk berguru dari artikel bisnis yang tersaji di PojokBisnis.com.

Pengusaha harus menguasai dan bakir dalam segala aspek bisnis, jikalau Anda tidak bakir dalam salah satu aspek, Anda harus mendelegasikannya pada orang lain yang mahir dalam bidang itu. Tapi tetap Anda harus belajar, biar Anda tidak ditipu karyawan.


9. Jangan Beri Diskon

Jangan beri diskon, tapi berilah nilai tambah. Setiap kali memberi diskon, berarti Anda mengambil uang eksklusif dari saku Anda dan membiarkannya hilang. Sebaliknya dengan memperlihatkan nilai tambah, margin Anda bisa jadi akan bertambah, dan konsumen pun menjadi bahagia dengan nilai tambah yang Anda berikan.


10. Cari Mentor

Inilah poin terakhir dari cara bisnis yang sukses: cari mentor bisnis. Kalau bisa mentor yang secara eksklusif sanggup bertatap muka atau berkomunikasi membimbing Anda dalam merintis bisnis. Tapi jikalau Anda tidak bisa menemukan mentor langsung, Anda sanggup mencari mentor tidak eksklusif dengan mempelajari gagasan-gagasan melalui tulisan-tulisannya. Sehingga meskipun tidak pernah berkomunikasi namun secara “ideologis” dia yaitu mentor Anda. Mentor bisnis mempunyai tugas yang penting dalam menuntun Anda menuju tangga kesuksesan.


Saya berharap checklist cara bisnis yang sukses ini akan berharga dalam membantu Anda dalam menyusun skala prioritas untuk menuju tangga bisnis yang sukses. Saya ingin menyampaikan bahwa tidak ada misteri dalam bisnis, yang ada hanyalah gosip yang belum Anda ketahui.


Jadi siapkan diri Anda. Bekali dengan banyak gosip yang sanggup menunjang bisnis Anda. Berbekal seni administrasi yang sempurna di depan, Anda sanggup memotong waktu yang diharapkan untuk menuju gerbang sukses. Salah satunya dengan 10 cara bisnis yang sukses yang telah saya uraikan dalam goresan pena ini.


sumber gambar: business2community.com



Sumber https://www.pojokbisnis.com

0 Response to "10 Cara Bisnis Yang Sukses Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel