iklan banner

Langkah-Langkah Menciptakan Nomor Surat Otomatis Dengan Rumus Excel

Kesempatan yang baik ini rumus excel lengkap akan mencoba menjelaskan cara menciptakan nomor surat secara otomatis tentunya dengan rumus excel, semoga kita ngga’ ribet dikala menciptakan data surat. Semoga dapat membantu teman-teman semua dalam mengelolah koom dan baris Microsoft Excel Spreadsheet.

Dalam kehidupan sehari-hari, terutama teman-teman yang bekerja di bidang manajemen atau menjadi seorang sekretaris suatu forum atau perusahaan, sering sekali mengelola data atau menciptakan surat-surat yang untuk keperluan lembaganya dan perusahaannya. Setiap surat yang di buat niscaya tercantum nomor surat. Seperti biasa nomor surat terdiri dari nomor urut, identitas pengirim, bulan, dan tahun. Misalnya 001/Pan-PHBN/II/2013.

Agar dalam pembuatan surat-surat berikutnya tidak bolak-balik nulis nomor, maka perlu diatur supaya otomatis. Kaprikornus ngga’ perlu lagi buat atau nulis satu persatu. Dengan adanya akomodasi rumus yang disediakan microsoft excel, kita dapat mengaturnya sehingga nomor surat tersebut dapat muncul secara otomatis sesuai urutan surat yang sudah ada. Bagaimana caranya??? Panasaran yaa. Inilah cara paling cepat dan gampang menciptakan nomor surat otomatis dengan Rumus Excel

Cara Membuat Nomor Surat dengan Rumus Excel
Langkah-langkah di bawah ini ialah untuk mengatur dan menciptakan penomoran surat secara otomatis. Namun sebelumnya kita buat dulu data tabel untuk mencantumkan nomor surat, contohnya gambar di bawah ini.
cara menciptakan nomor surat secara otomatis tentunya dengan rumus excel Langkah-Langkah Membuat Nomor Surat Otomatis dengan Rumus Excel

Pada Gambar di atas untuk bab Nomor Surat belum tertulis atau masih kosong.
Nach…tugas kita untuk mengisi bab tersebut. Agar tidak manual satu persatu maka perlu kombinasi rumus semoga kiprah kita cepat selesai.
Bagaimana rumus menciptakan nomor surat secara otomatis??
Baiklah teman-teman mari kita lanjutkan
Pada cell D4 tulis rumus sebagai berikut:

=IF(C4="";"";CONCATENATE(TEXT(A4;"000");"/Pan/PHBN/";ROMAN(MONTH(C4));"/";YEAR(C4)))

Sebelum di enter, silahkan anda cek dulu apakah rumusnya sudah benar-benar tepat,,soalnya rumusnya panjaaang banget dan banyak tanda komanya.
Setelah yakin sudah benar gres dech tekan ENTER
Jreeng…!!! Lihat hasilnya
cara menciptakan nomor surat secara otomatis tentunya dengan rumus excel Langkah-Langkah Membuat Nomor Surat Otomatis dengan Rumus Excel

Nomor Surat terdiri dari;
001 ialah nomor surat urut, diubahsuaikan dengan isi pada cel A4 bab NO
Pan-PHBN adalah identitas surat
II adalah angka romawi yang menunjuk pada bulan yang di tulis pada bab tanggal
2013 adalah tahun, juga menunjuk pada teks yang ada di cell C4
Dengan memakai rumus maka Bulan daan Tahun menyesuaikan dengan apa yang ditulis pada cell C4

Bagaimana?? Praktis bukan!!?? Silahkan anda praktekkan dan sesuaikan dengan nomor dan instruksi surat yang anda kelola. Sekian tutorial singkat dari rumus excel lengkap perihal cara menciptakan nomor surat secara otomatis dengan rumus excel.  Banyak trik-trik menciptakan atau mengatur dokumen excel dengan rumus excel, contohnya Cara mengatur nomor urut dengan rumus excel. Silahkan anda simak semoga cocok. Terimakasih dan hingga jumpa lagi. Salam……………..
Sumber http://fungsiexcellengkap.blogspot.com

0 Response to "Langkah-Langkah Menciptakan Nomor Surat Otomatis Dengan Rumus Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel