iklan banner

Bisnis Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan: Rias Pengantin

Bisnis Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan Dengan Usaha Rias Pengantin Bisnis Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan: Rias PengantinPasangan pengantin niscaya ingin tampil anggun kolam raja dan ratu di hari pernikahan. Para perias pengantin lah yang menciptakan wajah mereka terlihat berkilau di atas pelaminan. Meski tidak setiap hari ada hajatan pernikahan, namun prospek bisnis perias pengantin sangat menjanjikan. Bahkan bisnis rias pengantin ini sanggup jadi bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan.


Demi hari istimewa pernikahan, kaum wanita rela bersusah payah mempercantik diri semenjak jauh hari dengan aneka perawatan dari ujung kepala sampai ujung kaki. Apalagi ketika hari H, tampil bagus maksimal menjadi satu keharusan.


Meski hanya berlangsung beberapa jam, riasan pengantin di hari pernikahan membutuhkan persiapan ekstra dan ketrampilan khusus. Maklum, si pengantin harus terlihat bagus dan segar, meski bangun berjam-jam bersalaman dan menyapa semua tamu undangan.


Sehingga riasan pengantin sangat berbeda dengan riasan sehari-hari. Apalagi bila mengenakan pakaian adat, riasan pengantin harus menyatu dengan nilai-nilai tertentu semoga menyatu dengan pakaian watak dan sesuai dengan kaidah watak bersangkutan.


Peluang perjuangan rias pengantin ini merupakan bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan yang layak untuk Anda bidik. Merias pengantin tidak sanggup dilakukan sembarangan, harus dilakukan oleh profesional. Karena para perias ibaratnya melukis di atas kanvas wajah. Namun ibu rumah tangga mirip Anda juga sanggup memulai bisnis rias pengantin ini, alasannya ialah prospek yang dimiliki sangat menjanjikan.


Perias pengantin tidak sekedar merias wajah pengantin pada hari H. Sebelumnya perias sudah bertemu dan berdiskusi untuk mengetahui tema dan kepribadian pengantin. Kaprikornus tidak sekali datang, minimal dua kali pertemuan. Kedekatan emosional antara perias dengan pengantin juga memberi imbas semoga hasil riasan sanggup memancarkan kecantikan pribadi sang pengantin. Menjelang hari H biasanya pengantin stres, jadi perias harus sanggup menciptakan nyaman pengantin.


Perias pengantin secara efektif hanya bekerja selama dua hari, yaitu di final pekan, jadi tidak akan mengganggu kiprah Anda sebagai ibu rumah tangga. Biasanya bukan hanya pengantin saja yang dirias. Kedua orang renta mempelai, para pengiring dan peserta tamu biasanya juga membutuhkan riasan. Jadi, meski hanya bekerja di final pekan, pekerjaan para perias pengantin ini terbilang banyak.


Hal ini berimbas pada rejeki yang diperoleh dari perjuangan rias pengantin ini cukup melimpah. Tari Hartono, salah seorang perias pengantin mengaku mendapat penghasilan yang lebih besar dari rias pengantin dibanding salon umum. Dulu beliau pernah membuka perjuangan salon umum, sebelum kesannya fokus mengelola salon rias pengantin.


Sekedar perbandingan, Tari mengantongi omset Rp 15 juta per bulan dari perjuangan salon rias pengantin. Itu omset ketika sepi order, bila ramai tentu saja lebih. Sementara omset salon umum paling banyak hanya separuhnya, sekitar Rp 7,5 juta per bulan.


Yuyuk Endi, perias tradisional sanggar Paras Ayu Jogja menambahkan, tarif itu sanggup bertambah tergantung pada jumlah orang yang dirias, jenis make up, dan merek kosmetik yang dipilih. Apalagi kalau si pengantin mengganti riasannya untuk setiap program ritual yang dilakoninya. Misalnya, ritual watak Jawa mencakup siraman, malam midodareni, komitmen nikah, dan resepsi.


Nah, semakin sering pengantin dirias, tarifnya tentu akan makin besar. Merias pengantin bukanlah pekerjaan cepat, tak jarang tim perias harus tiba subuh semoga pengantin siap dikala resepsi pada siang harinya.


Dari total omset bisnis rias pengantin sanggup meraup untung higienis antara 50% sampai 70%. Biaya operasional dipakai untuk membayar ajudan dan belanja produk kosmetik. Nilai untuk belanja kosmetik cukup tinggi, sanggup mencapai 70% dari total belanja modal. Untungnya, produk kosmetik itu tidak eksklusif habis sekali pakai. Penghematan belanja kosmetik tentu akan berimbas baik bagi profit bisnis. Dalam hal ini penghematan sanggup dilakukan dengan berhubungan dengan produsen kosmetik untuk memasok kebutuhan riasan.


Belanja kosmetik tidak dilakukan setiap bulan. Biasanya dalam bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan ini, perias hanya melaksanakan belanja kosmetik dalam dua atau tiga bulan sekali. Dengan nilai belanja kosmetik sekitar Rp 3 juta untuk produk kosmetik lokal. Belanja bulanan untuk produk sekali pakai hanya sekitar Rp 1 juta saja.


Memulai Bisnis Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan Dengan Usaha Rias Pengantin


Modal awal yang diharapkan untuk bergelut dalam bidang bisnis ini sekitar Rp 5 juta. Modal embel-embel lain ialah ketrampilan tata rias wajah. Ketrampilan ini sanggup diperoleh dengan mengikuti kursus tata rias wajah. Atau sanggup juga dilakukan dengan magang terlebih dahulu pada penata rias senior.


Pengalaman dalam merias menjadi hal penting bagi Anda bila ingin memulai perjuangan rias pengantin ini. Selain itu Anda juga harus menyebarkan jaringan. Jaringan distribusi akan memudahkan Anda dalam mendapat kosmetik dengan harga yang bersaing. Jaringan pemasaran akan memperluas jangkauan bisnis Anda, semakin banyak orang mengenal Anda semakin banyak order rias pengantin Anda dapatkan.


Biaya promosi dikala merintis bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan ini harus dianggarkan secara khusus. Dengan perkiraan belum dikenal sama sekali, maka Anda harus melaksanakan promosi ekstra, salah satunya dengan melaksanakan promosi iklan di media cetak. Pilih media cetak lokal, alasannya ialah biaya promosi akan lebih murah dibanding media nasional. Juga pilih hari tertentu untuk beriklan semoga iklan Anda lebih efektif.


Disamping itu Anda juga harus memanfaatkan pemasaran online, terutama dengan memakai social media. Karena sifat viral dari social media akan sangat membantu bisnis Anda semoga cepat dikenal.


Dari semua itu, iklan yang paling efektif ialah promosi yang dilakukan oleh mantan klien, atau istilahnya word of mouth, marketing dari verbal ke mulut. Karena itu, kepuasan pelanggan menjadi hal yang sangat penting dan harus dijaga semoga sanggup bertahan dalam bisnis rias pengantin ini. Bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan jenis ini tidak akan pernah lekang oleh jaman.


Semakin usang Anda menggeluti bisnis ini, nama Anda akan semakin dikenal. Jam terbang makin tinggi bukan hanya menciptakan Anda makin luwes dalam merias, namun juga menciptakan nama Anda makin besar dalam bidang rias pengantin. Untuk mempercepat proses publikasi atau personal branding, sering-seringlah mengikuti lomba tata rias.


Jurus selanjutnya sesudah Anda dikenal dan mempunyai pangsa pasar ialah menjaga kepercayaan konsumen dan menjaga jalannya bisnis dari derasnya arus persaingan. Salah satunya ialah dengan melaksanakan penemuan dan selalu update terhadap tren rias terbaru.


Itulah tadi wangsit bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan yang patut dipertimbangkan bila Anda seorang ibu rumah tangga yang ingin membuka perjuangan sendiri.


sumber gambar: solopos.com



Sumber https://www.pojokbisnis.com

0 Response to "Bisnis Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan: Rias Pengantin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel