iklan banner

7 Cara Pemasaran Ikan Lele Dengan Jitu

Harus diakui berbisnis lele memang termasuk jenis  7 Cara Pemasaran Ikan Lele Dengan JituHarus diakui berbisnis lele memang termasuk jenis bisnis yang menguntungkan dan potensial untuk dijalankan. Usaha ini tergolong jenis perjuangan perikanan yang gampang dijalankan mengingat ikan lele termasuk ikan yang tidak rewel dan gampang untuk dirawat serta dibiarkan. Ikan lele juga tergolong pemakan segala jadi tidak sulit untuk duduk masalah pakan.


Kalaupun ada kesulitan, biasanya yaitu cara pemasaran ikan lele. Pada usaha skala rumahan memang cenderung tidak sulit menjual ikan lele hasil panen. Kadang tanpa perlu repot dengan pemasaran, Anda sudah bisa menjualnya cukup dengan memasang plang “jual lele segar” sempurna di depan rumah.


Tetapi tidak sesederhana itu kalau Anda menjalankan bisnis lele skala besar. Banyaknya produksi lele yang Anda hasilkan dan kadang dalam ukuran yang bervariasi menciptakan Anda harus cukup secama memperhatikan aspek pemasaran. Namun kalau Anda sudah membaca Strategi Pemasaran yang pernah publish di Pojok Bisnis, tentu Anda tidak akan mengalami kesulitan. Jika belum membaca, silakan KLIK DISINI, semoga Anda tidak terjebak dalam permasalahan pemasaran yang sangat penting bagi perjuangan Anda.


Lalu bagaimana cara pemasaran ikan lele yang sekiranya akan efektif memaksimalkan penjualan ikan? Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda jajal untuk perjuangan lele yang Anda kembangkan.


1. Penawaran ke penjaja pecel lele

Rasanya memang ini cara paling cepat Anda temukan dalam benak Anda saat Anda merencanakan cara pemasaran ikan lele yang Anda panen. Tidak ada satu kotapun, terutama id pulau Jawa yang luput dari jajaran penjual pecel lele. Seolah pecel lele ini sajian rakyat seribu umat yang selalu digemari di segala tempat dan segala kalangan. Di sini Anda bisa mengatakan jalinan kerjasama untuk suplai lele bagi usaha-usaha ini. Untuk itu, penting bagi Anda membagi kolam sedemikian rupa sehingga Anda bisa memastikan ada kesinambungan panen untuk memenuhi undangan ini.


2. Penawaran sebagai supplier pasar

Lele tidak hanya banyak dijual sebagai sajian kaki lima, tetapi juga termasuk sajian yang banyak digemari rumah tangga. Ikan dengan rasa gurih, murah meriah dan mengandung nutrisi tinggi ini memang termasuk jenis ikan dengan undangan tertinggi di pasar. Anda bisa mengatakan diri sebagai supplier bagi pedagang di pasar. Kadang untuk upaya pemasaran satu ini, Anda harus sedikit bersiasat untuk mengalahkan supplier lama, atau setidaknya bisa mendapat bab dari undangan yang ada di pasar.


3. Temukan produsen makanan berbahan lele

Belakangan ini mulai banyak pelaku perjuangan menjalankan bisnis makanan dengan materi baku lele. Mulai dari bisnis produksi abon lele, kerupuk kulit lele, dendeng lele hingga siomay lele dan nugget lele. Temukan produsen-produsen ini dan tawarkan jalinan kerjasama dengan mereka. Bagi para pelaku perjuangan ini, kesinambungan suplai materi baku juga sangat penting untuk perkembangan perjuangan mereka. Bekerja sama dengan produsen makanan olahan berbahan lele merupakan salah satu cara pemasaran ikan lele.


4. Bekerjasama dengan pengepul

Cara paling mudah dalam memasarkan ikan lele hasil panen yaitu dengan menjalin kerjasama dengan pengepul. Biasanya banyak cara untuk bisa bertemu dengan pengepul, kadang mereka sendiri yang menghampiri Anda begitu melihat Anda menjalankan bisnis kolam lele. Perhatikan penawaran harga yang mereka lemparkan, bila perlu temukan beberapa ajuan pengepul supaya Anda bisa menemukan harga terbaik untuk lele yang Anda panen.


5. Olah sendiri

Bagian tersulit dari cara pemasaran ikan lele yaitu pemasaran ikan lele yang beratnya sudah berlebihan. Tidak sulit menjual lele ukuran kisaran 125 gram, tetapi kalau sudah lebih berat dari itu kadang pemilik perjuangan perikanan akan kesulitan untuk menjualnya. Kalau di sekitar Anda sulit menemukan produsen makanan olahan dari ikan lele yang bisa menampung ikan lele ukuran besar, kenapa Anda tidak membangun sendiri perjuangan pengolahan lele menjadi aneka hidangan sesuai kemampuan Anda menyerupai nugget lele, kerupuk lele, kerupuk kulit lele, abon lele dan lain sebagainya. Pasarkan melalui pasar terdekat atau via online untuk mempercepat penjualan.


6. Kerjasama dengan restoran

Selain menjalin kerjasama dengan perjuangan kaki lima Anda juga bisa membuatkan pasar ikan lele hasil panen Anda ke pasar lebih elit dengan menyentuh pasar restoran. Ada banyak restoran yang mengolah lele sebagai salah satu sajian andalan mereka. Biasanya untuk masuk pasar ini, tuntutan mereka cukup tinggi soal kualitas dan ukuran, tetapi beberapa siap membayar lebih layak untuk tiap kilo lele anda.


7. Kerjasama dengan supermarket

Sebagaimana kami sampaikan pasar lele ini sangat luas dan digemari segala kalangan. Makara tak asing kalau ikan lele juga tersedia di pasar supermarket. Tentu dengan ketentuan yang lebih ketat, dengan cara pemasaran ikan lele ini Anda bisa mendapat harga lebih baik dan menguntungkan.


Jadi tak perlu ragu lagi kan menemukan pasar untuk ikan lele yang Anda panen? Ada banyak cara pemasaran ikan lele yang sangat bervariasi sesuai dengan gaya Anda.


sumber gambar: anugerahpokdakan.wordpress.com



Sumber https://www.pojokbisnis.com

0 Response to "7 Cara Pemasaran Ikan Lele Dengan Jitu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel