iklan banner

Sumber-Sumber Penerimaan Negara Dan Daerah

Sumber-Sumber Penerimaan Negara dan Daerah -  Pada kesempatan kali ini kita akan melanjutkan pembahasan pelajaran ekonomi, yakni rangkuman materi mengenai wacana sumber penerimaan negara dan sumber penerimaan daerah. Secara singkat, sumber penerimaan sama saja dengan pemasukan.

Sumber penerimaan negara dibagi atau dikelompokkan menjadi dua, yaitu penerimaan negara dan hibah. Penerimaan negara berasal dari penerimaan perpajakan dan penerimaan bukan pajak sementara hibah yakni pertolongan uang tanpa harus mengembalikannya.
 Pada kesempatan kali ini kita akan melanjutkan pembahasan pelajaran ekonomi Sumber-Sumber Penerimaan Negara dan Daerah

Sumber penerimaan tempat terdiri dari dana penerimaan orisinil tempat (PAD) dan dana perimbangan. Informasi lebih lanjut berikut ini klarifikasi sumber penerimaan negara dan tempat secara singkat beserta contoh-contohnya.

Sumber-Sumber Penerimaan Negara

Sumber-sumber penerimaan negara sanggup kita lihat pribadi dalam nota APBN yang diajukan pemerintah kepada dewan perwakilan rakyat atau di APBN yang telah disetujui oleh DPR. Sumber-sumber penerimaan negara sesuai dengan APBN 2005 yakni sebagai berikut.

A. Penerimaan Negara dan Hibah
Penerimaan negara dan hibah terdiri dari penerimaan dalam negara dan hibah. 

1) Penerimaan Perpajakan
Penerimaan perpajakan terdiri dari penerimaan pajak dalam negeri dan pajak perdagangan internasional. Penerimaan pajak dalam negeri berasal dari pajak penghasilan migas dan non migas, pajak pertambahan nilai, pajak bumi dan pembangunan, BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan), sukai serta pajak lainnya. Pajak perdagangan internasional terdiri dari bea masuk dan pajak atau pungutan ekspor.


2) Penerimaan Bukan Pajak
Penerimaan bukan pajak berasal dari penerimaan sumber daya alam baik migas maupun non migas, bab keuntungan Badan Usaha Milik Negara, dan penerimaan bukan pajak lainnya.

B. Hibah
Hibah merupakan pertolongan uang tanpa keharusan untuk mengembalikannya. Dalam APBN, hibah hanya berperan kecil bagi pendapatan pemerintah. 

Sumber-Sumber Penerimaan Daerah

Sumber-sumber penerimaan tempat terdiri dari dua, yakni berasal dari PAD (Penerimaan Asli Daerah) dan Dana Perimbangan. Berikut penjelasannya.

A. Penerimaan Asli Daerah (PAD)
Penerimaan orisinil tempat berasal dari pajak daerah, retribusi daerah, bab keuntungan perjuangan daerah, dan lain-lain penerimaan orisinil tempat yang sah.

B. Dana Perimbangan
Dana Perimbangan berasal dari pemerintah pusat, terdiri dari aneka macam hasil pajak dan bukan pajak, dana alokasi umum, dana alokasi khusus dan dana perimbangan dari propinsi.

Baca Juga :

Demikian pembahasan singkat mengenai Sumber-Sumber Penerimaan Negara dan Daerah. Dengan membaca rangkuman materi tersebut, dibutuhkan kalian sanggup menjawab pertanyaan-pertanyaan ibarat : Sebutkan sumber-sumber penerimaan negara dan sumber-sumber penerimaan daerah!. Sekian, terima kasih.

Sumber http://sumbersejarah1.blogspot.com

0 Response to "Sumber-Sumber Penerimaan Negara Dan Daerah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel