iklan banner

Sebanyak 25 Miliar Rupiah Pemkab Wonogiri Mengalokasikan Dana Untuk Menggratiskan Pendidikan

Bupati Wonogiri Joko Sutopo menunjukkan klarifikasi wacana pendidikan gratis kepada para siswa-siswi. (suaramerdeka.com / Bambang Purnomo)


Sebanyak 25 miliar rupiah dana APBD Tahun 2018 dialoaskikan oleh Pemkab Wonogiri untuk mensukseskan kegiatan pendidikan gratis. Pelayanan pendidikan gratis ini akan diberikan pada semua siswa tingkat SD/MI dan SMP/MTS baik negeri maupun swasta.

Melalui kegiatan pendidikan gratis ini bupati Wonogiri Joko Sutopo berharap semua anak usia sekolah khususnya jenjang pendidikan dasar Sembilan tahun (SD-SMP) semuanya bersekolah semua, termasuk bawah umur dari keluarga miskin sekalipun.

''Semua harus bersekolah,'' tegas Bupati.

Program pendidikan gratis ini, tandas Bupati, sebagai upaya untuk merealisasikan kewajiban pendidikan berbasis kesetaraan, tanpa ada dikotomi anak dari keluarga kaya dan miskin. Kepada seluruh instrumen pendidikan di Kabupaten Wonogiri, diseru untuk melaksanakan sosialisasi wacana pelaksanaan pendidikan gratis ini.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Wonogiri, Siswanto, menyatakan, pendidikan gratis akan diberlakukan mulai awal tahun pemikiran baru, yakni mulai Bulan Juni 2018 mendatang. 

''Ini mengacu pada tahun pelajaran, bukan tahun fiskal anggaran,'' tegas Siswanto.

Pertimbangan pendidikan gratis dimulai awal tahun pelajaran, alasannya ialah masing-masing sekolah sebagai satuan pelaksana pendidikan, sanggup lebih dulu merampungkan kegiatan tahun ajarannya. Sebab, tambah Siswanto, pelaksanaan tahun pemikiran terpilah dalam dua tahun fiskal yang berkesinambungan. Semester gasal berada pada setengah tahun terakhir di Tahun 2017, dan smester genap terjadi di awal Tahun 2018.

Terhitung hingga dengan Bulan Juni 2018, sekolah masih melaksanakan kegiatan pelayanan pendidikan contoh lama, yakni masih sanggup mendapatkan dana dukungan sukarela dari komite sekolah atau pihak lain yang peduli. Baru dikala nanti mulai Bulan Juli 2018, semua SD dan Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Wonogiri, tidak boleh mendapatkan dukungan dari komite, dan pelayanan pendidikan diberikan gratis kepada semua anak didik di jenjang pendidikan dasar sembilan tahun.

Kepala Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Wonogiri, Gino, menyatakan, melalui para Kepala Sekolah (Kasek) Sekolah Menengah Pertama se Kabupaten Wonogiri, telah diberikan sosialisasi pemahaman wacana kegiatan pendidikan gratis yang gres pertamakali akan dilaksanakan di Kabupaten Wonogiri.

''Semua Kasek Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Wonogiri, sudah kami berikan pemahaman untuk melaksanakan sosialisasi pendidikan gratis ini, ke sekolah masing-masing,'' jelasnya.



Sumber http://inspirasi-dttg.blogspot.com

0 Response to "Sebanyak 25 Miliar Rupiah Pemkab Wonogiri Mengalokasikan Dana Untuk Menggratiskan Pendidikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel