iklan banner

Contoh Resensi Buku Bertanam Salak


Judul Buku : Bertanam Salak
Jenis Buku : Non Fiksi
Penulis : - Tawardi
             - Sukamto,B.Sc
Penerbit : - PT. BALAI PUSTAKA (PERSERO) Bekerja sama dengan
               - PT. SARANA PANCA KARYA NUSA
Cetakan : Pertama - 1995
               Kedua - 2001
Tebal : 2 Cover + 63 Halaman
Ukuran : 22 × 14 cm
Salak merupakan tumbuhan orisinil indonesia. Buah salak selain sanggup dimakan pribadi (segar) juga sanggup dijadikan makanan yang diawetkan atau dibentuk manisan.  Bertanam salak juga mendatangkan manfaat, antara lain:
-> Menambah penghasilan para petani yang menanam salak secara kecil-kecilan, juga memperlihatkan laba yang lebih besar apabila dibudidayakan secara baik dan benar.
-> Tanaman salak juga sanggup ditanam pada tanah-tanah yang miring yang berfungsi sebagai penguat tanah atau penahan pengikisan sehingga kelestarian alam atau lingkungan sanggup dipertahankan.
-> Keuntungan lain tumbuhan salak ini alasannya sanggup berumur tahunan sehingga sekali bertanam salak sanggup dinikmati hasil bertahun-tahun.

I.  PERSYARATAN TUMBUH
1. Iklim
Curah hujan yang baik pada tumbuhan salak yaitu 200 - 400 milimeter setiap bulannnya. Pada awal- awal pertumbuhan, tumbuhan salak menghendaki iklim yang basah. Akan tetapi tumbuhan salak juga akan berkembang baik pada iklim kering asalkan air untuk pengairan tersedia dengan cukup.
2. Tanah
Seperti juga tumbuhan lain, tumbuhan salak menghendaki tanah yang subur, gembur, dan memiliki pori- pori air yang baik. Pada dasarnya tumbuhan salak sanggup tumbuh pada semua jenis tanah, baik itu tanah liat, tanah berpasir, dan tanah jenis lain.

II. PEMBUDIDAYAAN
1. Jenis-Jenis Salak
Jenis-jenis salak yang ditanam di Indonesia antara lain, sebagai berikut :
a. Salak Pondoh
b. Salak Kelapa
c. Salak Putih
d. Salak Nangka
e. Salak Madu
f. Salak Gading
g. Salak Lilipan
2. Pemilihan Bibit
Bibit yang baik memiliki ciri-ciri antara lain :
a. Produksi buahnya banyak
b. Dapat berbuah sepanjang tahun
c. Tahan terhadap hama dan penyakit
d. Tahan terhadap pemupukan, dan
e. Tanaman cepat berbuah

3. Pengolahan Tanah
Pengolahan tanah yang baik mencakup hal-hal berikut:
a. Pembuatan Saluran Disekitar Tanaman
Saluran ini berfungsi ganda , yaitu untuk pengairan pada waktu trend kemarau dan sebagai susukan air pada waktu trend penghujan.
b. Jarak Tanam
Pengaturan jarak tanam tergantung pada tujuan dan keadaan tanah. Jarak tanam yang diggunakan pada system monokultur akan berbeda dengan sistem polikultur.
Monokultur artinya dalam satu areal tanah hanya dibudidayakan satu jenis tanaman, sedangkan polikultur dalam satu areal tanah terdapat lebih dari satu jenis tanaman.
c. Pembuatan Lobang Tanam
Setelah jarak tanam ditentukan mulai dilakukan pembuatan lubang tanam. Ukuran lobang tanam yang diggunakan yaitu lebar 50 × panjang 50 × dalam 50 cm atau 75 × 75 × 75 cm.

4. Penanaman
Apabila lubang tanam telah siap dan bibit salak sudah tersedia, penanaman sanggup segera dilakukan, waktu penanaman yang baik yaitu pada awal trend penghujan (bulan November- atau Desember) alasannya suhu udara agak sejuk. Yang lebih penting yaitu dengan adanya air hujan tanah menjadi lembab sehingga pertumbuhan tumbuhan salak akan berlangsung dengan baik.

5. Pemeliharaan Tanaman
Usaha pemeliharaan Tanaman meliputi, Penyulaman, Pemupukan, Penggemburan dan Penyiangan, Penyiraman, Pemangkasan, Penyerbukan, Pengendalian hama penyakit, Peremajaan, Pemanenan dan Pemasaran.

Keunggulan:
                Melalui Buku ini pembaca sanggup mengetahui bagaimana cara menanam dan membudidayakan salak dengan baik, gampang dipahami, dan menguntungkan bagi pembaca jikalau mengikuti langkah - langkah dengan baik akan mendapat hasil yang maksimal.

Kelemahan:
- Terdapat Tulisan yang kurang jelas
- Gambarnya Tidak Berwarna
- Isi buku kurang menarik

Kesimpulan:
                 Makara manfaat bagi para petani menanam pohon selalu bertujuan untuk melestarikan dan membudidaya supaya sanggup berkembang terus - menerus, dan buku ini sangat bermanfaat untuk pembaca yang akan membudidayakan dan melestarikan Salak.

Sumber http://mmustanger.blogspot.com

0 Response to "Contoh Resensi Buku Bertanam Salak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel