iklan banner

Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet

Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet - Teknologi Informasi dan komunikasi dikala ini telah terbukti sebagai sarana gosip yang sanggup diandalkan. Kebutuhan akan Informasi semakin meningkat sehingga kebutuhan tersebut berdampak dengan meningkatnya pengguna internet di dunia. Banyak perangkat yang sanggup dipakai untuk mengakses internet menyerupai handphone, smartphone, laptop dan komputer.

Oleh alasannya yaitu itu, pada kesempatan ini kita akan membahas apa saja perangkat keras yang dibutuhkan untuk mengakses internet.

1. Modem
Modem  yaitu abreviasi dari modulasi-modulasi. Fungsi utama dari modem yaitu mengubah sebuah sinyal digital menjadi sinyal analog / sinyal bunyi dan sebaliknya mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital. Ketika sebuah perangkat komputer mengirimkan data ke internet, modem akan mengubah sinyal digital menjadi sinyal bunyi dengan demikian sinyal tersebut sanggup dilewatkan melalui kabel telpon.

Ketika modem mendapatkan data dari internet, modem akan mengubah sinyal bunyi dari kabel telpon menjadi sinyal digital, sehingga komputer sanggup membaca sinyal tsb. Dengan cara ini modem sanggup menciptakan beberapa komputer saling terhubung dengan menggunak kabel telpon dan jaringan internet.

Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet
Modem

Jenis-jenis Modem
Modem mempunyai dua jenis yang kini beredar di pasaran, yaitu modem internal dan modem eksternal. Perbedaan di antara dua modem tersebut yaitu dari pemasangan nya. Modem internal di pasang di dalam motherboard komputer, sedangkan modem eksternal dipasang diluar komputer.

Keuntungan memakai modem internal yaitu harganya yang relatif murah sedangkan kelemahannya yaitu dari pemasangan yang sulit dan tidak sanggup dipindah-pindah kecuali harus membuka cassing komputer.

Adapun laba memakai modem internal yaitu pemasangan yang gampang dan sanggup dipindahkan ke komputer mana saja yang kita inginkan, kelemahannya yaitu harga yang lebih mahal.

2. Kartu Jaringan
Kartu jaringan atau Lan Card yaitu salah satu perangkat keras untuk mengakses internet. Apabila kita ingin komputer yang kita gunakan bisa terhubung dengan komputer yang lain, kita harus memakai kartu jaringan. Sekarang ini banyak motherboard yang telah dipasangi Lan Card sehingga kita tidak perlu lagi membeli secara terpisah.

Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet
LAN Card

3. Bluetooth
Bluetooth yaitu salah satu teknologi komunikasi nirkabel (tanpa kabel) yang beroperasi pada pita frekuensi 2.4 GHz. Bluetooth sendiri sanggup berupa card atau USB adapter yang dipasang pada sebuah perangkat phone, PDA, Headset, kamera printer, printer, router dll. Biasanya bluetooth dipakai untuk jaringan lokal nirkabel. Bluetooth mempunyai kemampuan untuk mentransper data hingga jangkauan 100 meter.

4. Kartu WiFi
Kartu Wifi yaitu salah satu dari macam-macam perangkat keras komputer yang sanggup dipakai untuk mengakses internet. WiFi berfungsi untuk menangkap sinyal Wifi dari sebuah jaringan WiFi. Jaringan WiFi memungkinkan kita untuk mengakses internet. biasanya sinyal WiFi terdapat di Kampus, Area Perkantoran, Restoran,Hotel, Kampus, Bandara, Mall dan lain-lain.

Sekarang perusahaan Telkom menunjukkan satu akomodasi yang dinamakan wifi.id. Banyak orang yang mulai memakai akomodasi ini alasannya yaitu harganya yang murah dan kecepatan yang memuaskan. Jika Anda belum tahu bagaimana cara mendaftar wifi.id silahkan kunjungi artikel : cara daftar wifi.id gratis

Pada komputer atau laptop biasanya sudah dipasang kartu WiFi, sehingga kita tidak perlu lagi mambelinya secara terpisah, kecuali bila anda menginginkannya.

Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet
WLAN

Diatas yaitu beberapa perangkat keras komputer untuk mengakses internet, biar bermanfaat, terimakasih sudah berkunjung, dan jangan lupa dishare + Like ya....

Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf
Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel