iklan banner

Perangkat Input Dan Fungsinya

Perangkat Input dan Fungsinya - Perangkat Input (Inggris:Input Device) yaitu perangkat keras komputer yang dipakai untuk memasukan perintah dan data yang akan diproses oleh jadwal atau komputer.

Semakin berkembangnya teknologi info menjadikan semakin banyaknya perangkat input yang sanggup dihubungkan ke komputer. Dibawah ini yaitu macam-macam perangkat input dan fungsinya.

 yaitu perangkat keras komputer yang dipakai untuk memasukan perintah dan data yang aka Perangkat Input dan Fungsinya
Perangkat Input dan Fungsinya

Macam-Macam Perangkat Input dan Fungsinya

1. Keyboard
Keyboard yaitu seperangkat tombol-tombol yang berfungsi sebagai media masukan bagi komputer. masing-masing tombol keyboard memiliki fungsi-fungsi tertentu.

Keyboard dengan desain terbaik yaitu keyboard yang memungkinkan kita bekerja dengan nyaman , tombol keyboard diletakan dengan sedemikian rupa sehingga pengguna merasa nyaman menggunakannya. 

2. Mouse
Sejak diperkenalkannya komputer dengan tampilan grafis , mouse menjadi perangkat input yang tidak sanggup dipisahkan dari komputer, mouse dipakai untuk menjelajahi program, menentukan perintah dan meberikan perintah.

Mouse memiliki sebuah pointer yang akan bergerak sesuai dengan gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse, kalau kita menggerakan bola kecil ke arah horizontal atau vertikal maka pointer akan bergerak juga ke arah horizontal atau vertikal. Namun, kini bola kecil yang terdapat dalam mouse sudah digantikan dengan cahaya inframerah.

Bagian lain yang terpenting dalam mouse yaitu terdapatnya tiga tombol, namun kebanyakan hanya dua yang digunakan. Tombol ketiga dalam mouse sudah digantikan dengan scroll yang sanggup dipakai untuk men-scroll tampilan dilayar.

Dua tombol yang terdapat di mouse di sebut dengan tombol kiri dan kanan, tombol kiri lebih banyak dipakai untuk memberi perintah, dan tombol kanan pada mouse dipakai untuk menampilkan sajian pop-up.

Selain dipakai untuk mengklik, mouse juga dipakai untuk men-Drag. Drag artinya menangkap dan lalu menarik atau menggeser objek, mendrag sanggup dipakai dengan cara menekan tombol kiri mouse dan menarik objek tersebut ke kawasan yang diinginkan lalu melepaskannya.

Touchpad, Pointing Stick dan Trackball yaitu perangkat input komputer yang memiliki fungsi yang sama dengan mouse. dan peralatan tersebut dipakai di komputer, notebook atau laptop.

3. Joystick
Joystick merupakan perangkat keras komputer input yang dipakai untuk bermain game, sebetulnya fungsi joystick sanggup digantikan dengan mouse dan keyboard, namun memakai joystick terasa lebih menarik dan nyaman untuk dipakai bermain game.

4. Scanner
Scanner yaitu perangkat input yang dipakai untuk memindai foto atau gambar yang sudah dicetak, hasil dari scanner tersebut kita akan mendapat sebuah file gambar.

Sekarang scanner tidak hanya dipakai untuk memindai foto atau gambar, tapi dipakai juga untuk memindai teks, lalu dengan pemberian Omni Pages kita sanggup merubah file gambar yang dihasilkan menjadi file dokumen, dan selanjutnya kita sanggup mengedit teks di file tsb.

Baca juga:
Perangkat Keras Untuk Akses Internet
Perangkat Jaringan Komputer
5. Peralatan Multimedia
Peralatan Multimedia menyerupai kamera, mikrofon, termasuk juga kedalam perangkat input komputer.

Sekian dari saya, mengenai perangkat input dan fungsinya agar bermanfaat, terimakasih.

Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf


Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "Perangkat Input Dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel