iklan banner

Pengertian Web, Sejarah Web Dan Cara Kerja Web

Pengertian Web, Sejarah Web dan Cara Kerja Web - Internet merupakan jaringan komputer yang saling terhubung. Tidak ada perusahaan yang mempunyai internet, yang merupakan upaya kerjasama diatur oleh sistem standar dan aturan. Maksud dari menghubungkan komputer bersama-sama, tentu saja, merupakan untuk membuatkan informasi.
 
Baca Juga: Sejarah Internet

Ada banyak sekali cara informasirmasi sanggup dikirimkan antar komputer, termasuk juga email, transfer file (File Transfer Protocol), dan banyak juga pelayanan yang secara khusus dibangun dalam pelayanan Internet.

Metode ini standar untuk mentransfer data atau dokumen lewat jaringan dikenal sebagai protokol.

Baca juga: Protokol Jaringan Komputer

Pengertian Web

 Internet merupakan jaringan komputer yang saling terhubung Pengertian Web, Sejarah Web dan Cara Kerja Web
Web
World Wide Web, yang lebih terkenal disingkat dengan WWW merupakan satu buah ruang informasirmasi yang digunakan oleh pengenal global yang dinamakan dengan URL (Uniform Resource Locator) untuk mengenal niscaya sumber daya berguna.

WWW tidak jarang dianggap sama dengan Internet dengan cara total, meski sebetulnya WWW sendiri hanyalah bab daripada Internet.

WWW merupakan kumpulan situs server dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan gosip untuk sanggup digunakan bersama. WWW yaitu sektor yang paling menarik dari Internet.

Melalui web, Anda sanggup terhubung informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks namun sanggup juga berupa gambar, suara, video dan animasi.

Kegunaan ini tergolong masih gres di bandingkan surat elektronik atau email, sebetulnya WWW yaitu kumpulan dokumen yang tersimpan di peladen web, dan yang peladennya menyebar di lima benua termasuk juga Indonesia yang mengakses menjadi satu melalui jaringan Internet.

Dokumen-dokumen gosip ini disimpan atau dibentuk dengan format HTML (Hypertext Markup Language).
 
Buah halaman dokumen informasirmasi sanggup terdiri atas teks yang saling terkait dengan teks lainnya atau bahkan dengan dokumen lain. Keterkaitan halaman melalui teks ini dinamakan pranala.

Dokumen informasimasi ini selain terdiri dari teks tapi sanggup juga berupa gambar, mengandung bunyi bahkan klip video.

Kaitan antar-dokumen yang menyerupai itu biasa dinamakan hipermedia. Kaprikornus sanggup disimpulkan bahwa WWW yaitu sekelompok dokumen multimedia yang saling bertautan dengan memakai tautan hiperteks.

Dengan mengeklik pranala (hyperlink), sehingga para pengguna sanggup berpindah dari satu dokumen ke dokumen lainnya.

Sejarah Web

WWW merupakan sebuah aktivitas yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada th 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. untuk itu, ia mengembangkan suatu sistem untuk kepentingan pribadi.

Sistem itu yaitu aktivitas perangkat lunak yang diberi nama Enquire.

Dengan aktivitas itu, Berners-Lee sukses membuat jaringan yang menauntukan banyak sekali arsip maka memudahkan pencarian informasirmasi yangdibutuhkan. Inilah yang nanti jadi dasar dari suatu perkembangan pesatyang dikenal sebagai WWW.

WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN : Organisation Europeenne pour la Recherche Nucleaire), Jenewa, Swiss. Pada thn 1989 Berners-lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, selanjutnya pada bln Oktober 1990, 'World Wide Web' sudah sanggup dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada trend panas th 1991, WWW secara resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.

Cara Kerja Web

Sebuah web browser yaitu aktivitas perangkat lunak yang gunakan untuk mengakses World Wide Web dari Internet.

Browser pertama, yang disebut NCSA Mosaic, dikembangkan di Pusat Nasional untuk Aplikasi Super Komputer di awal 1990-an. Yang gampang digunakan, cukup klak-klik sehingga membantu mempopulerkan Web.

Meskipun banyak browser yang berbeda yang tersedia, Microsoft Internet Explorer dan Mozilla Firefox yang jauh yang paling populer. (Banyak pengguna Mac lebih menentukan browser Safar) Persaingan untuk mendominasi pasar telah membawa perbaikan terus-menerus untuk perangkat lunak. (keduanya didasarkan pada NCSA Mosaic) sanggup mend0wnl0ad Internet Explorer dan Firefox secara gratis dari situs web masing-masing perusahaan. 
 
Baca juga; 10 Web Browser Terbaik dan Tercepat

Jika sudah mempunyai satu browser, sanggup menguji yang lain. Juga mencatat bahwa ada sedikit perbedaan antara versi Windows dan Macintosh.

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "Pengertian Web, Sejarah Web Dan Cara Kerja Web"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel