iklan banner

Peluang Perjuangan Pet Shop Makin Menggemaskan

Peluang Usaha Pet Shop Makin Menggemaskan Peluang Usaha Pet Shop Makin MenggemaskanBagaimana citra peluang perjuangan pet shop, Sahabat PoBis? Memiliki binatang peliharaan menjadi sebuah tren tersendiri akhir-akhir ini. Bahkan bagi sebagian orang, binatang peliharaan sudah dianggap layaknya anggota keluarga. Karenanya tak heran kalau binatang peliharaan diperlakukan sebagaimana anggota keluarga lainnya. Tak sedikit orang yang rela menyisihkan uang dalam jumlah besar hanya untuk mengurus binatang peliharaan.


Kecintaan orang terhadap binatang peliharaan, ibarat anjing dan kucing, menciptakan mereka rela untuk mengeluarkan biaya dalam jumlah yang cukup besar untuk memenuhi aneka macam kebutuhan binatang peliharaan. Berbagai kebutuhan binatang peliharaan, ibarat makanan, kandang, mainan, baju, aksesoris, shampo, dan lainnya, sanggup dijumpai di pet shop.


Usaha pet shop bukan hanya daerah penjualan perlengkapan binatang peliharaan, biasanya pet shop dilengkapi dengan perjuangan penitipan hewan, dan perawatan binatang peliharaan. Karena itu sebaiknya, sebelum memulai bergelut dalam peluang perjuangan pet shop, pastikan diri Anda mempunyai kecintaan terhadap binatang peliharaan. Dengan demikian Anda sanggup menikmati perkerjaan dan sekaligus menyalurkan hobi Anda.


Umumnya perjuangan pet shop merupakan jenis perjuangan one stop service, artinya semua layanan dan kebutuhan yang berkaitan dengan binatang peliharaan tersedia di sana. Semakin lengkap semakin bagus. Makara perjuangan pet shop Anda sebaiknya juga menyediakan semua produk berkaitan dengan binatang peliharaan, ibarat jual beli binatang peliharaan, salon perawatan hewan, daerah penitipan hewan, menjual masakan hewan, menjual aksesoris dan mainan untuk binatang peliharaan.


Bacaan Wajib: Panduan Lengkap Cara Merintis Usaha Baru


Selanjutnya Anda harus memilih jenis binatang peliharaan yang sanggup Anda layani. Dewasa ini orang-orang memelihara aneka macam jenis hewan, bahkan beberapa diantaranya masuk kategori “aneh” untuk dijadikan binatang peliharaan. Anda tidak sanggup melayani segala macam binatang peliharaan tersebut, sebaiknya Anda fokus pada satu atau dua jenis binatang peliharaan. Hewan peliharaan paling lazim yaitu anjing dan kucing.


Modal usaha pet shop tergolong tidak mahal. Berkaitan dengan modal ini, Anda sanggup menyesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda.


Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Memulai Peluang Usaha Pet Shop Ini?


Berikut ini beberapa hal yang harus Anda persiapkan dalam upaya memulai perjuangan pet shop:



  1. Tempat yang memadai. Anda harus mempunyai daerah yang cukup luas untuk jasa penitipan hewan. Lengkapi daerah perjuangan Anda dengan aneka macam kemudahan pemeliharaan binatang tersebut. Jangan lupa untuk minta ijin pada tetangga sekitar, sebab beberapa binatang peliharaan ibarat anjing cukup berisik dan bisa mengganggu kenyamanan tetangga sekitar lokasi usaha.

  2. Saat ini pet shop bersaing dalam memperlihatkan kemudahan yang sanggup memanjakan binatang peliharaan konsumennya. Mulai dari sangkar yang nyaman, bak renang hewan, dan lain-lain. Anda harus kreatif dalam menyediakan fasilitas, sehingga bisa menjadi keunikan dan juga nuilai tambah bagi perjuangan Anda.

  3. Tenaga kerja profesional. Setiap binatang peliharaan membutuhkan perlakuan yang spesifik. Karenanya Anda membutuhkan tenaga kerja terlatih dan profesional, sehingga sanggup mengatakan kepuasan pada konsumen. Tidak ada pendidikan formal untuk bisang ini, namun Anda sanggup merekrut orang yang pernah bekerja di sebuah pet shop lain, atau Anda sanggup melatih sendiri sehingga sanggup mencapai standar pegawai yang Anda inginkan.

  4. Jalin kerjasama dengan dokter hewan. Kesehatan binatang peliharaan merupakan hal yang paling penting, dan paling riskan sebab binatang peliharaan rentan terhadap serangan penyakit. Sehingga menjalin kolaborasi dengan dokter binatang merupakan salah satu hal penting dalam perjuangan pet shop. Sehingga ketika binatang yang dititipkan sakit sanggup eksklusif ditangani oleh ahlinya, tentu saja harus sepengetahuan dan atas ijin pemilik terlebih dahulu.

  5. Biasanya pecinta binatang mempunyai komunitas, bergabunglah dengan aneka macam komunitas binatang peliharaan. Jalin korelasi baik dengan semua anggota komunitas. Strategi marketing ini akan menghasilkan promosi dari ekspresi ke ekspresi yang efektif.


Analisa Peluang Usaha Pet Shop


Modal Usaha Pet Shop



  • Kandang Rp 3.000.000,-

  • Etalase Rp 2.500.000,-

  • Makanan *) Rp 5.000.000,-

  • Perlengkapan Mandi *) Rp 1.500.000,-

  • Aksesoris *) Rp 500.000,-

  • Perlengkapan Lain Rp 500.000,-

  • TOTAL Rp 13.000.000,-

    *) Makanan, perlengkapan mandi, dan aksesoris untuk dijual


Biaya Operasional Usaha Pet Shop Per Bulan



  • Karyawan 2 orang  Rp 1.500.000,-

  • Makanan *)  Rp 3.000.000,-

  • Bahan Perawatan *)  Rp 1.500.000,-

  • Lain-lain  Rp 500.000,-

  • TOTAL  Rp 6.500.000,-


*) masakan dan materi perawatan untuk binatang yang dititipkan


Omset Usaha Pet Shop Per Bulan


Penitipan hewan: 60 hari x Rp 40.000 = Rp 2.400.000,-


Grooming: 90 binatang x Rp 60.000 = Rp 5.400.000,-


Profit penjualan masakan hewan: Rp 1.500.000,-


Profit penjualan aksesoris dan lain-lain: Rp 1.500.000,-


TOTAL OMSET Rp 10.800.000,-


Keuntungan per bulan: Rp 10.800.000 – Rp 6.500.000 = Rp 4.300.000,-


Break Event Point: Rp 13.000.000 / 4.300.000 = 3,02 bulan, atau 91 hari


Semoga goresan pena mengenai peluang perjuangan pet shop ini sanggup membantu Anda. Bisnis paling ideal yaitu yang dimulai dari hobi. Makara apa salahnya merubah hobi Anda merawat binatang peliharaan menjadi sebuah bisnis sukses toh modal perjuangan pet shop tidak akan menguras kantong Anda dalam-dalam.


sumber gambar: antarafoto.com



Sumber https://www.pojokbisnis.com

0 Response to "Peluang Perjuangan Pet Shop Makin Menggemaskan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel