iklan banner

Peluang Dan Cara Perjuangan Laundry Kiloan Modal Kecil

Peluang Dan Cara Usaha Laundry Kiloan Modal Kecil Peluang Dan Cara Usaha Laundry Kiloan Modal KecilBagaimana cara perjuangan laundry kiloan modal kecil? Apakah peluang perjuangan laundry kiloan masih menjanjikan dan menguntungkan? Dewasa ini ritme hidup semakin dinamis, tuntutan kerja makin padat. Terutama di tempat perkotaan. Kesibukan bekerja menciptakan orang tidak mempunyai waktu untuk mengurus hal kecil yang menyita waktu, yaitu cucian.


Karena itu perjuangan laundry kiloan masih mempunyai prospek yang menjanjikan dan menguntungkan. Meskipun sudah banyak pemain untuk perjuangan laundry kiloan ini. Namun dengan cara perjuangan laundry kiloan yang tepat, Anda tetap sanggup meraup laba dari share market yang sangat potensial ini. Coba saja perhatikan sekitar Anda, ada saja perjuangan laundry gres bermunculan setiap saat. Ini menandakan bahwa perjuangan jasa laundry masih mempunyai prospek yang harum dan kinclong. Juga karena modal perjuangan laundry kiloan tidak terlalu menyita banyak dana.


Anda sanggup menggabungkan perjuangan laundry kiloan dengan usaha jus buah segar di rumah Anda. Namun jikalau tidak ingin ribet dengan urusan memulai perjuangan gres sendiri, Anda sanggup mempertimbangkan untuk membeli franchise laundry.


Simak ini: Cara Berbisnis Dengan Modal Kecil Dan Praktis


Cara Usaha Laundry Kiloan Modal Kecil


Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu lokasi. Dalam banyak kasus, lokasi menjadi hal yang paling memilih keberhasilan sebuah usaha, termasuk perjuangan laundry. Menurut saya lokasi paling sempurna untuk perjuangan laundry yaitu di erat pemukiman. Mendirikan perjuangan jasa laundry di tempat pertokoan akan membebani Anda dengan biaya sewa tempat yang tinggi dan kurang erat dengan market Anda.


Setelah membidik tempat pemukiman tertentu, kemudian lakukan survei kecil-kecilan. Apabila di tempat tersebut banyak dijumpai perjuangan laundry, maka tempat tersebut mempunyai prospek yang manis untuk perjuangan laundry kiloan. Anda tinggal berpikir untuk sanggup mendapat share market diantara kompetisi market yang ketat tersebut. Lakukan survey terhadap kompetitor, kenali keunggulan dan kelemahan mereka satu per satu. Temukan satu keunggulan yang belum mereka miliki yang sanggup memenangkan hati konsumen untuk Anda jadikan kekuatan bagi perjuangan laundry Anda. Jika Anda tidak menemukan satu atau lebih keunggulan, maka sebaiknya hindari tempat tersebut, cari tempat lain dengan lebih sedikit kompetisi, misal tempat pinggiran. Biasanya akan diperlukan modal lebih dalam pertarungan kompetisi tersebut, jadi sebagai pemain perjuangan laundry modal kecil, mari kita menyisir tempat pinggiran.


Di tempat pinggiran akan ada lebih sedikit perjuangan laundry, atau bahkan mungkin belum ada perjuangan jasa laundry. Maka Anda harus melaksanakan survey potensi market. Lakukan survey kecil-kecilan untuk mengetahui minat dan balasan masyarakat terhadap perjuangan laundry Anda. Adalah tambang emas apabila Anda sanggup menemukan lokasi yang belum ada kompetitor, sementara minat masyarakat terhadap jasa laundry tergolong tinggi.


Setelah mendapat lokasi yang bagus, langkah selanjutnya dari cara perjuangan laundry yaitu mempersenjatai perjuangan laundry kiloan Anda dengan peralatan berkualitas. Hal itu akan turut membentuk kualitas perjuangan laundry Anda. Mesin basuh berkualitas mempunyai daya basuh yang lebih baik. Dengan modal kecil yang Anda miliki, Anda sanggup membeli mesin basuh bekas, namun tetap berkualitas. Jangan menurunkan kualitas mesin cuci, alasannya yaitu sifatnya permanen jangka panjang, maka pilihlah mesin basuh yang bagus.


Point ketiga yaitu taktik pemasaran dan promosi yang unik dan menarik. Ini tergantung kreatifitas Anda. Promosi standar yaitu dengan membuatkan brosur atau selebaran di area sekitar lokasi perjuangan Anda. Bisa juga dengan menciptakan sistem keanggotaan atau membership, 10 kali basuh gratis 1 kali cuci. Bisa juga dengan lomba, yang paling banyak mengumpulkan cucian (akumulasi) tiga bulan akan mendapat reward tertentu. Silakan kembangkan cara promosi sesuai dengan kreatifitas Anda.


Analisa Usaha Laundry Kiloan Modal Kecil


Berapakah modal perjuangan laundry kiloan yang harus Anda siapkan? Apa saja variabel biaya operasional yang harus dikeluarkan tiap bulan untuk perjuangan usaha laundry kiloan? Bagaimana citra laba yang bakal diperoleh? Berikut ini saya sajikan analisa perjuangan laundry kiloan modal kecil sebagai bab dari cara perjuangan laundry yang harus Anda ketahui.


Modal Usaha Laundry Kiloan



  • Mesin Cuci 2 unit Rp 4.000.000,-

  • Mesin Pengering 1 unit Rp 1.500.000,-

  • Setrika 2 unit Rp 300.000,-

  • Timbangan 1 unit Rp 100.000,-

  • Tempat baju kotor Rp 200.000,-

  • TOTAL Rp 6.100.000,-


Biaya Operasional Per Bulan



  • Gaji 2 Karyawan Rp 1.500.000,-

  • Deterjen, Softener, Pewangi Rp 350.000,-

  • Air dan Listrik Rp 500.000,-

  • Plastik Rp 100.000,-

  • Promosi Rp 250.000,-

  • TOTAL Rp 2.700.000,-


Target 1 hari mencuci pakaian konsumen 25 kg dengan harga Rp 6 ribu per kg. Maka omset yang didapatkan per hari yaitu 25 kg x Rp 6.000 = Rp 150.000,-


Omset satu bulan: Rp 150.000 x 30 hari = Rp 4.500.000,-


Laba higienis per bulan: Rp 4.500.000 – Rp 2.700.000 = Rp 1.800.000,-


Break event point: Rp 6.100.000 / Rp 2.700.000 = 2,26 bulan atau 67,8 hari


Tak jarang orang menjalani perjuangan laundry sebagai salah satu jenis perjuangan sampingan ibu rumah tangga, alasannya yaitu sanggup dikerjakan tanpa mengganggu kiprah sebagai ibu rumah tangga. Dengan modal perjuangan laundry kiloan memakai mesin basuh yang memang sudah ada di rumah. Dan itu bakal menjadi cara perjuangan laundry kiloan modal kecil, sanggup dikatakan tanpa modal.


sumber gambar: homezweethome.info



Sumber https://www.pojokbisnis.com

0 Response to "Peluang Dan Cara Perjuangan Laundry Kiloan Modal Kecil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel