iklan banner

Panen Melonjak, Ini Rahasianya Cara Menanam Wortel

 yakni salah satu jenis sayuran yang diketahui kaya akan vitamin A Panen Melonjak, Ini Rahasianya Cara Menanam Wortel
gambar cara menanam wortel

Wortel atau Daucus carrota yakni salah satu jenis sayuran yang diketahui kaya akan vitamin A,  dan baik untuk kesehatan mata Anda. Awalnya wortel berasal dari dataran Asia Timur, hingga Asia Tengah.


Di Indonesia sendiri pusat budidaya wortel tersebar di wilayah Jawa, Sumatra Utara, Bengkulu, Lampung, Nusa Tenggara Timur, Makasar, Ambon, Papua, Bali, Kaltim, Sulawesi Tengah, hingga Sumatra Barat.


Untuk mengetahui cara menanam wortel Anda sanggup mengunjungi kawasan – kawasan tersebut. Namun kalau Anda tidak mempunyai cukup waktu untuk tiba ke lokasi langsung, berikut akan kami sampaikan cara menanam wortel yang benar :



  • Syarat tumbuh ideal bagi wortel. Ketinggian tanah yang ideal yakni 1000 hingga dengan 1500 meter diatas permukaan laut.

  • Habibat yang baik untuk menanam wortel yakni dataran tinggi, dengan suhu udara yang cuek dan lembab. Makanya tidak salah kalau awal mula budidaya wortel yakni di Lembang dan di Cipanas , Jawa Barat. Dimana kedua lokasi tersebut berhawa dingin.

  • Lebih tahan terhadap cuaca. Wortel sanggup tumbuh baik meskipun trend kemarau ataupun trend hujan.

  • Lahan yang akan dipakai untuk menanam wortel haruslah subur, dan gembur, serta banyak mengandung unsur hara yang diharapkan tanaman.

  • PH tanah berkisar antara 6 – 7, kalau PH tanah kurang dari 5, hendaklah dilakukan pengapuran dengan dolomite sebelum ditanami.


Setelah memilih lahan yang tepat, langkah – langkah selanjutnya dalam cara menanam wortel yakni :


1. Pemilihan Bibit Wortel


Sebelum melaksanakan tahap demi tahap cara menanam wortel, sebelumnya Anda harus memilih dulu bibit  wortel yang akan Anda tanam. Hal ini sangat penting untuk mendapat hasil panen yang maksimal.

Bibit wortel unggul tersebut, biasanya mempunyai ciri – ciri bentuk seragam, hasil panen tinggi, bebas dari segala hama penyakit, pertumbuhannya subur serta kuat, dan berasal dari benih  wortel yang berumur pendek.


Langkah cara menanam wortel, Anda harus memilih bibit yang berkualitas, yang sanggup didapat di kios pertanian.


 yakni salah satu jenis sayuran yang diketahui kaya akan vitamin A Panen Melonjak, Ini Rahasianya Cara Menanam Wortel
gambar pola bibit – sebagai langkah awal cara menanam wortel

2. Pembenihan Bibit Wortel


Setelah bibit unggulan didapat, langkah selanjutnya dalam cara menanam wortel yakni proses pembenihan bibit. Cara pembenihan bibit wortel sanggup dilakukan sebagai berikut :



  • Pilihlah benih wortel yang unggul dan berasal dari varietas yang sudah diketahui kualitasnya.

  • Gosok antar benih dengan memakai telapak tangan supaya antar benih wortel tidak menyatu dan berlekatan.

  • Kemudian rendamlah benih tersebut di dalam air dingin, selama sehari semalam. Untuk mempercepat keluarnya kecambah dari benih wortel tersebut.

  • Tiriskan benih yang sudah keluar kecambahnya, dan rapikan dalam wadah, biarkan hingga setengah kering.

  • Benih wortel siap untuk dipindahkan kedalam lahan tanam.


3. Persiapan Lahan


Berikutnya cara menanam wortel yang benar, tahap selanjutnya sehabis bibit sudah siap tanam yakni mempersiapkan lahan yang akan dipakai untuk menanam wortel.



  • Bersihkan tanah dari gulma maupun rumput liar yang ada di sekitar lahan.

  • Bila PH lahan kurang dari 5 atau bersifat asam, lakukanlah pengapuran dengan cara menunjukkan dolomite kurang lebih 1 ton untuk 1 hektar lahan.

  • Gemburkan tanah dengan cara dicangkul sedalam 30 cm, dan tambahkan pupuk sangkar secara merata ke seluruh area lahan.

  • Diamkan tanah tersebut selama 2 minggu, supaya pupuk tercampur tepat dengan tanah sebelum ditanami wortel.

  • Setelah itu buatlah bedengan, dengan lebar 150 cm, tinggi bedengan 40 cm, dan panjang diadaptasi dengan lahan.

  • Berikan jarak antar bedengan kurang lebih 50 cm untuk susukan air hujan supaya tidak menggenangi bedengan.


4. Penanaman Benih Wortel


Setelah lahan siap, berikutnya cara menanam wortel yakni taruh benih merata kedalam alur yang sudah dipersiapkan. Ingat posisi unjung pakal akar dibawah. Kemudian jangan lupa tutup kembali benih wortel dengan tanah tipis.


Tutuplah alur dengan dedaunan kering atau sanggup juga memakai pelepah daun pisang, untuk menghindari benih wortel hanyut terbawa air hujan. Baru sehabis tumbuhan wortel mulai tumbuh, dedaunan tersebut dibuka kembali.


Untuk mengetahui lebih jelasnya, Anda sanggup lihat gambar cara menanam wortel di bawah ini


 yakni salah satu jenis sayuran yang diketahui kaya akan vitamin A Panen Melonjak, Ini Rahasianya Cara Menanam Wortel
gambar cara menanam wortel

5. Pemeliharaan Tanaman Wortel


Cara menanam wortel yang benar, juga harus di imbangi dengan pemeliharaan tanaman. Lakukanlah penjarangan tumbuhan wortel sehabis mencapai usia tanam 4 minggu, dengan tujuan untuk mendapat wortel yang subur, dan maksimal, sehingga mendapat hasil panen yang tinggi.


Dalam cara menanam wortel yang benar juga diharapkan penyiangan yaitu, membersihkan rumput liar maupun gulma di sekitar lahan supaya tidak mengganggu pertumbuhan tumbuhan wortel Anda. Sehingga semua unsur hara, dan air yang ada di dalam lahan benar – benar sanggup dimanfaatkan dengan maksimal oleh tanaman, tanpa terganggu tumbuhan lainnya.


Berikan pupuk susulan untuk menjaga unsur hara tanah dengan takaran 20 kg Urea, 30kg Sp, 40 kg KCI ( I hektar lahan ). Pemupukan sanggup dilakukan sehabis tumbuhan wortel berumur 1 bulan sejar wortel tersebut ditanam.


Lakukanlah penyiraman rutin terutama kalau trend kemarau tiba. Penyiraman sanggup dilakukan setiap pagi hari dan sore hari. Namun kalau trend hujan tiba, proses penyiraman tersebut sanggup dikurangi cukup dengan sehari sekali.


 yakni salah satu jenis sayuran yang diketahui kaya akan vitamin A Panen Melonjak, Ini Rahasianya Cara Menanam Wortel
gambar pemeliharaan – cara menanam wortel

6. Panen Wortel


Tahap terahir dalam cara menanam wortel berikutnya yakni ketika panen yang dinanti – nantikan. Umumnya panen wortel sudah sanggup dilakukan sehabis tumbuhan menginjak usia kurang lebih 12 minggu, sehabis masa tanam.


Hindarilah kejadian terlambat panen. Memanen wortel pada ketika tanaman sudah dalam keaadaan terlalu tua, mengakibatkan  woetel mengeras, dan kurang laris dipasaran. Tentunya hal ini sangat merugikan Anda disaat menjual hasil panen wortel tersebut.


Untuk cara memanen wortel cukup dengan mencabut tumbuhan wortel tersebut hingga ke umbinya. Wortel yang ditanam dengan cara yang baik biasanya akan menghasilkan panenan 25 ton / hektar.


 yakni salah satu jenis sayuran yang diketahui kaya akan vitamin A Panen Melonjak, Ini Rahasianya Cara Menanam Wortel
gambar panen – cara menanam wortel secara tepat

 yakni salah satu jenis sayuran yang diketahui kaya akan vitamin A Panen Melonjak, Ini Rahasianya Cara Menanam Wortel
gambar cara menanam wortel media pot

Bagi Anda yang tidak mempunyai lahan yang luas, Tanaman wortel juga sanggup ditanam di dalam pot di depan rumah Anda dengan tahap yang hampir sama menyerupai tersebut diatas.


Semikian cara menanam wortel yang benar, semoga sanggup menginspirasi Anda. .. Selamat Bercocok Tanam !!!


Jika ada pertanyaan atau saran hening cara menanam wortel? Anda sanggup berikan komentar di bawah.




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Panen Melonjak, Ini Rahasianya Cara Menanam Wortel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel