iklan banner

Panduan Lengkap Dan Mudah : Cara Menanam Kacang Hijau

 kacangan ialah salah satu jenis tumbuhan yang sangat berkhasiat bagi nutrisi kesehatan masya Panduan Lengkap dan Mudah : Cara Menanam Kacang Hijau
gambar cara menanam kacang hijau

Kacang – kacangan ialah salah satu jenis tumbuhan yang sangat berkhasiat bagi nutrisi kesehatan masyarakat Indonesia. Harganya yang relatif terjangkau namun dengan kandungan protein nabati yang sangat tinggi menciptakan kacang – kacangan ialah pilihan tepat bagi pemenuhan nutrisi masyarakat Indonesia.


Kacang hijau merupakan jenis kacang – kacangan yang dimaksud. Cara menanam kacang hijau hampir sama dengan cara menanam kacang tanah maupun cara menanam kacang panjang. Budidaya kacang hijau sangat menjanjikan alasannya ialah harganya yang terjangkau namun dengan protein tinggi menciptakan Anda mempunyai pangsa pasar yang luas dari masyarakat bawah hingga masyarakat kelas atas.


Sebelum Kami membahas lebih jauh ihwal cara menanam kacang hijau, ada baiknya jikalau Anda terlebih dahulu mengetahui dengan secama habitat hidup kacang hijau, dan sifat pertumbuhannya, semoga Anda lebih mundah dalam memahami cara menanam kacang hijau yang baik dan benar.


Habitat orisinil tumbuhan kacang hijau tumbuh baik di dataran renda,  di kawasan tropis ibarat Indonesia. Namun yang paling pas ialah tanah dengan ketinggian kira – kira 500 meter diatas permukaan laut, dengan suhu yang panas seperti, umumnya dataran rendah di Indonesia.


Kemudian untuk PH tanah, yang baik dalam cara menanam kacang hijau ialah tanah ber PH netral yaitu, kisaran 5 -6 . Dan jikalau Anda kebetulan mempunyai lahan yang ber PH kurang dari 5 ( bersifat asam ), maka sebaiknya lakukan dulu pengapuran, dengan cara memperlihatkan dolomit, kurang lebih 1 ton untuk setiap 1 hektar lahan. Proses pengapuran, sebaiknya dilakukan 1 bulan sebelum  Anda menanam.


Tanaman kacang hijau lebih suka dengan tanah jenis gembur, yang kaya akan unsur hara, dan mempunyai saluran parit atau pembuangan air yang tertata dengan baik. Anda sanggup menggunakan lahan bekas sawah. Misalnya bekas menanam padi, bergilir dengan penanaman kacang hijau.


Setelah Anda menemukan lahan yang cocok, berikutnya cara menanam kacang hijau diawali dengan tahap – tahap sebagai berikut :


1. Persiapan Lahan


Cara menanam kacang hijau, yaitu pertama lakukan pengolahan tanah, dengan cara dibajak atau dicangkul. Tambahkan pupuk kandang, untuk meningkatkan nutrisi tanah yang diharapkan tumbuhan kacang hijau, diamkan selama 1 ahad semoga pupuk sanggup tercampur tepat dengan tanah.


Buatlah bedengan dengan ukuran panjang diadaptasi dengan kondisi lahan, luas 100 cm, tinggi 50 cm. Berikan jarak antar bedengan 200cm untuk kanal anutan air hujan. Cara menanam kacang hijau ini semoga tumbuhan tidak terbawa arus air hujan.


Cara menanam kacang hijau selanjutnya ialah menciptakan lubang tanam, dengan jarak antar lubang kira – kira 25cm x 25cm, atau 20cm x 20cm, sesuai dengan kondisi lahan.


Buatlah lubang tanam, dengan menggunakan tugal yang mempunyai mata tiga. Hal ini dimaksudnya 1 lubang untuk benih kacang hijau, dan 2 lubang lainnya untuk memasukkan pupuk.


Untuk lubang yang akan dipakai menaruh benih kacang hijau cukup dengan ke dalaman 4cm, sedangkan 2 lubang lainnya sebagai tempat pupuk, berikan kedalaman kira – kira 8cm hingga 10cm.


2. Persemaian Benih


Langkah selanjutnya dalam cara menanam kacang hijau ialah melaksanakan persemaian benih, terutama jikalau lahan yang Anda persiapkan sebelumnya, belum pernah ditanami kacang hijau.


 kacangan ialah salah satu jenis tumbuhan yang sangat berkhasiat bagi nutrisi kesehatan masya Panduan Lengkap dan Mudah : Cara Menanam Kacang Hijau
gambar memilih benih cara menanam kacang hijau

Persemaian benih pada tumbuhan kacang hijau, sering juga disebut dengan inokulasi bakteri. Caranya dengan membasahi benih kacang hijau dengan air, lalu dikringkan dengan diangin – anginkan, kurang lebih selama 4 jam hingga timbul kecambah pada benih.


3. Penanaman Bibit Kacang Hijau


Proses cara menanam kacang hijau yaitu, sesudah benih berkecambah, lakukan segera penanaman, pada lubang yang sudah dipersiapkan. Setiap lubang berikan 2 benih kacang hijau yang sudah berkecambah.


Masukkan juga pupuk pada 2 lubang yang lain, lalu ketiga lubang tersebut di tutupi dengan tanah tipis, hingga rata dengan tanah lainnya. Cara menanam kacang hijau dengan pelubangan ini, bertujauan mempermudah Anda dalam proses pemupukan berikutnya.


4. Penyiraman Tanaman Kacang Hijau


Berikutnya dalam cara menanam kacang hijau ialah memperlihatkan penyiraman pada benih, yang gres ditanam. Untuk tanah yang lembab, dan cukup mempunyai kandungan air tanah, maka penyiraman cukup dilakukan sehari sekali.


 kacangan ialah salah satu jenis tumbuhan yang sangat berkhasiat bagi nutrisi kesehatan masya Panduan Lengkap dan Mudah : Cara Menanam Kacang Hijau
gambar pemeliharaan – cara menanam kacang hijau

Namun jikalau tanah tempat Anda menanam kacang hijau tersebut bertekstur kering, maka penyiraman perlu dilakukan, dua kali sehari yaitu setiap pagi dan sore.


5. Penyulaman Tanaman Kacang Hujau


Lakukanlah penyulaman sesudah tumbuhan menginjak usia tanam 15 hari semenjak benih ditanam. Gantilah benih kacang hijau yang tidak tumbuh sempurna, dengan benih yang gres semoga pada dikala panen nantinya akan merata.


6. Penyiangan Tanaman Kacang Hijau


Lakukan juga pencucian gulma, dan rumput liar yang tumbuh mengganggu disekitar tumbuhan kacang hijau. Proses penyiangan kacang hijau, sanggup  Anda dilakukan pada dikala usia tanam berumur 15 hari, dan pada dikala usia tanam berumur 30 hari.


7. Pemupukan Kacang Hijau


Untuk cara menanam kacang hijau, tahap selanjutnya ialah memperlihatkan pupuk yang dibutuhkan tumbuhan kacang hijau tetap terjaga.


Tahap pemupukan dilakukan 2 tahap yaitu, pertama pada dikala Anda berbarengan menanam benih kacang hijau, dan tahap pemupukan selanjutnya pada dikala tumbuhan mulai hendak berbunga, atau 1 bulan sesudah masa tanam.


Untuk takaran pupuk yang diberikan yaitu, Urea 50 kg / hektar lahan, TSP 100kg / hektar lahan, dan juga pupuk KCL dengan takaran 50kg / hektar lahan.


 kacangan ialah salah satu jenis tumbuhan yang sangat berkhasiat bagi nutrisi kesehatan masya Panduan Lengkap dan Mudah : Cara Menanam Kacang Hijau
gambar pemeliharaan – cara menanam kacang hijau

Cara pemupukan ialah dengan cara memasukkan pupuk kedalam lubang yang dipersiapkan, kemudian ditutup kembali dengan tanah. Berikan jarak antara lubang pupuk dengan benih, semoga pupuk tidak hingga mengenai benih yang sanggup mengganggu proses pertumbuhan tanaman.


 8. Masa Panen


Masa panen tumbuhan kacang hijau, umumnya sesudah menginjak usia tanam 60 hingga 80 hari. Ciri – ciri tumbuhan kacang hijau siap panen, ditandai dengan polong yang praktis pecah dan mengering.


Panen  dapat dilakukakan setiap hari, sesudah polong dipetik lalu dijemur hingga menguning, dan masukkan kedalam karung lalu dipukul dengan kayu pelan – pelan semoga biji terlepas dari polong.


 kacangan ialah salah satu jenis tumbuhan yang sangat berkhasiat bagi nutrisi kesehatan masya Panduan Lengkap dan Mudah : Cara Menanam Kacang Hijau
gambar panen – cara menanam kacang hijau

Demikianlah cara menanam kacang hijau yang sanggup segera Anda praktekan sendiri di lahan Anda.


Jika ada pertanyaan atau saran ihwal cara menanam kacang hijau atau lainnya, berikan komentar Anda pada kolom dibawah. Terima Kasih




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Panduan Lengkap Dan Mudah : Cara Menanam Kacang Hijau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel