iklan banner

Mengapa Sejarah Disebut Sebagai Ilmu Dan Seni

Mengapa Sejarah Disebut Sebagai Ilmu dan Seni - Beberapa pertanyaan seputar sejarah sering kita dengar, salah satunya kenapa atau mengapa sejarah disebut sebagai ilmu dan seni. Keduanya merupakan ruang lingkup sejarah. Pembahasan kali ini merupakan lanjutan ulasan sebelumnya, yaitu ihwal pengertian, ciri-ciri dan rujukan sejarah sebagai insiden dan kisah. Arti sejarah sebagai insiden ialah kejadian di masa kemudian yang benar-benar terjadi atau kenyataan yang benar-benar nyata.

Sementara sejarah sebagai kisah ialah penafsiran insiden sejarah di masa kemudian yang dilakukan oleh seseorang. Artinya sejarah disusun menurut pernyataan/pengalaman masa lampau yang di paparkan dari sejarah sebagai peristiwa. Lalu mengapa sejarah disebut sebagai ilmu dan seni? berikut penjelasannya secara singkat.
Mengapa Sejarah Disebut Sebagai Ilmu dan Seni Mengapa Sejarah Disebut Sebagai Ilmu dan Seni

Mengapa Sejarah Disebut Sebagai Ilmu dan Seni

Sejarah sanggup dikatakan sebagai ilmu alasannya ialah mempunyai obyek yang definitif, yaitu pertama, apa yang telah dibentuk oleh insan di masa lampau ada kaitannya dengan masa sekarang dan masa mendatang. Kedua, formulasi kebenaran yang sanggup dipertanggungjawabkan, berupa dongeng sejarah yang disusun secara ilmiah.

Ketiga, metode yang efisien, baik dalam mengumpulkan sumber, interpretasi, kritik sumber maupun historiografinya. Keempat, sistematika penyusunan tertentu, yang dimulai dari langkah awal penyusunan sejarah sampai langkah terakhir penulisan sejarah.

Baca : Langkah-Langkah Penulisan Sejarah

Kemudian kenapa sejarah dikatakan sebagai seni, alasannya ialah sejarah sanggup dikatakan mempunyai cabang ilmu humaniora atau memandang pewarisan dan pemeliharaan budaya, yaitu sopan-santun, budbahasa –istiadat, pengalaman, pikiran, tokoh-tokoh, agama , forum dan sastra.

Baca Juga :
  • Ciri-Ciri dan Contoh Sejarah Sebagai Ilmu
  • Ciri-Ciri dan Contoh Sejarah Sebagai Seni
  • Ciri-Ciri dan Contoh Sejarah Sebagai Kisah
  • Ciri-Ciri dan Contoh Sejarah Sebagai Peristiwa
Demikian pembahasan singkat mengenai alasan mengapa sejarah disebut sebagai ilmu dan seni. Semoga pembahasan singkat ini bermanfaat dan mempunyai kegunaan bagi pembaca semua. Baca juga artikel informatif dan menarik seputar sejarah lainnya. Sekian, terima kasih.

Sumber http://sumbersejarah1.blogspot.com

0 Response to "Mengapa Sejarah Disebut Sebagai Ilmu Dan Seni"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel