iklan banner

Menentukan Tema Dan Pesan Syair Beserta Penjelasan

Menentukan Tema dan Pesan Syair Beserta Penjelasan - Apa pengertian syair itu? Syair sendiri hampir sama dengan puisi. Syair merupakan salah satu jenis karya sastra yang ibarat puisi usang dengan bait, isi, baris, pilihan kata, dan rima atau sajak yang terdapat didalamnya. Menurut bahasa Arab, kata syair berarti "Sya'uru" yang maknanya "Tembang" dan "Sya'ara" yang maknanya "Menembang". Lantas bagaimana cara memilih tema syair? Bagaimana cara memilih pesan syair? Sebelum memilih tema daan pesan syair, tentunya anda harus memahami ciri ciri syair beserta hal hal yang terdapat didalamnya. Dengan begitu anda akan lebih gampang mengenali jenis kalimat syair ataupun karya sastra lainnya.
Menentukan Tema dan Pesan Syair Beserta Penjelasan Menentukan Tema dan Pesan Syair Beserta Penjelasan
Cara Menentukan Tema dan Pesan dalam Syair
Syair merupakan salah satu kesenian Tradisional di Nusantara untuk dibaca. Kesenian syair mengalami perkembangan pada era ke 18 - 19 awal di wilayah Sumatra. Kesenian ini dipakai sebagai alat komunikasi untuk memperlihatkan nasehat dan juga hiburan. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan wacana cara memilih tema syair dan cara memilih pesan syair. Selain itu saya juga tidak lupa untuk menjelaskan wacana pengertian syair, pola syair, dan ciri ciri syair. Untuk lebih jelasya sanggup anda simak di bawah ini.

Menentukan Tema dan Pesan Syair Beserta Penjelasan

Pengertian syair secara sederhana ialah alat lisan pikiran dan perasaan dari penulisnya. Adapula yang mengartikan syair sebagai jenis puisi usang yang tersusun oleh bait bait dengan empat baris didalamnya serta suara akhirannya juga sama. Untuk itulah cara memilih tema syair dan memilih pesan syair tentunya harus memahami beberapa isi yang terdapat didalamnya. Kegunaan syair tersebut ialah sebagai alat penggambaran suatu hal secara luas mirip agama, cerita, cinta, nasihat, dan sebagainya. Tidak heran kalau dalam sebuah syair terdapat banyak sekal baris di setiap baitnya. Maka dari itu sebuah pola syair harus meliputi beberapa ciri syair sehingga sanggup dibedakan dengan jenis karya sastra lainnya.
Baca juga : 12 Contoh Kata Pengantar Makalah, Tugas, Proposal, dan Laporan
Menurut pengertian syair di atas sanggup kita simpulkan bahwa syair hampir sama mirip puisi yang terdiri dari sajak, rima, dan sebagainya. Syair mempunyai hubungan yang bersahabat dengan jumlah baris disetiap baitnya, jumlah bait di setiap puisi, hukum dalam ritma dan rima, serta jumlah suku kata tiap barisnya kalau ditinjau dari struktur fisiknya. Lantas bagaimana cara memilih tema syair? Bagaimana cara memilih pesan syair? Sebelum membahas wacana cara memilih tema dan pesan syair, maka akan lebih baik kalau anda memahami ciri ciri syair di bawah ini.

Ciri Ciri Syair

Sebelum menjelaskan wacana cara memilih tema syair dan memilih pesan syair. Saya akan menjelaskan ciri ciri syair terlebih dahulu. Berikut beberapa ciri ciri dari syair yaitu sebagai berikut:
  • Terdiri dari bait bait yang masing masing bait mempunyai 4 baris.
  • Semua belahan syair merupakan isi.
  • Masing masing baris tersusun 8 hingga 12 suku kata.
  • Memiliki sajak a - a - a - a.
  • Antar bait mempunyai hubungan yang logis dan erat.
  • Memiliki isi yang berbentuk lukisan peristiwa, mistik, nasehat, pengajaran, dongeng dan sebagainya.
Selain ciri ciri syair di atas, adapula unsur unsur syair yang berupa unsur ekstrinsik dan instrinsik.  Untuk kategori unsur syair yang bersifat intrinsik terdiri dari struktur bentuk syair dan hakikat syair. Syair tersebut intinya mempunyai hakikat yang berupa pesan maupun tema. Untuk itulah berbagai orang yang mencari pembahasan mengenai cara memilih tema syair dan memilih pesan syair. Apa itu hakikat syair? Hakikat syair ialah segala hal yang ingin disampaikan penyair dalam bentuk karya sastra syair itu sendiri. Hakikat syair sanggup dinamakan dengan isi syair. Berikut klarifikasi mengenai masing masing hakikat pada syair yaitu meliputi:

Tema atau Sense
Tema ialah hakikat syair yang berupa gagasan pokok syair yang ingin disampaikan oleh penyair. Anda sanggup dengan gampang memilih tema syair yang biasanya terletak di dalam syair tersebut secara tersurat.

Perasaan atau Feeling
Perasaan merupakan hakikat syair yang harus dimiliki oleh penyair mirip pandangan, watak, perilaku ataupun perbuatan khusus.
Baca juga : Pengertian Poster, Tujuan, Fungsi dan Jenis Jenisnya
Nada atau Tone
Nada yaitu hakikat syair yang berupa citra perilaku penyair kepada pembacanya. Misalnya nada protes, menyuruh atau menghimbau, sinis, menggurui dan lain lain.

Pesan atau Amanat
Pesan yaitu hakikat syair yang dipakai untuk memberikan kesan kepada pembaca melalui syairnya. Cara memilih pesan syair berasal dari dalam diri pembaca itu sendiri, sebab setiap orang mempunyai cara pandang terhadap sebuah karya sastra yang berbeda beda. Untuk itulah amanat dan tema dalam syair saling bekerjasama satu sama lain.

Menginterpretasi, membaca ataupun mendengarkan syair sanggup menjadikan perasaan peka yang lebih tajam mengenai keadaan di sekitar lingkungan kita. Cara memilih tema syair dan memilih pesan syair mempunyai hikmah tersendiri mirip dalam bertingkah laku, santun, budi pekertinya halus, bertutur kata dan menjadi eksklusif yang bijaksana.

Menentukan Tema dan Pesan Syair

Cara memilih tema syair dan cara memilih pesan syair sendiri sanggup dilakukan dengan beberapa langkah. Langkah pertama memilih tema dan pesan syair ialah dengan mendengarkan atau membaca keseluruhan belahan dalam syair itu sendiri. Setelah itu pahami isi dari syair tersebut dan tentukan pesan serta tema syair itu. Untuk lebih jelasnya sanggup anda perhatikan pola syair di bawah ini:

Wahai para generasi muda
Kaulah ujung tombak kemajuan bangsa
Membentuk negara yang berjaya
Untuk masa depan anak cucu kita

Jangan sia siakan masa muda
Dengan hanya berfoya foya
Tuntutlah ilmu sepanjang masa
Ilmu tak akan hilang di makan usia
Untuk bekal di hari tua

Wahai anak muda
Rajin berguru di usia muda
Bersekolahlah tanpa malas
Jangan biarkan dirimu terbawa zaman
Baca juga : Contoh Kata Sandang Bahasa Indonesia Beserta Pengertian dan Macamnya
Luruskan niatmu untuk sekolah
Tekatkan hatimu untul ilmu yang berkah
Karena berguru yaitu anugerah
Sampai tamat yang perlu di asah

Wahai anak muda bangsa
Milikilah mimpi di hati dan pikiran
Untuk bekal di masa depan.
Karena akan mempunyai kegunaan nantinya

Ilmu akan menjagamu
Menjauhkan kesuraman darimu
Membuat cemerlang masa depanmu
Hingga beranjak arif balig cukup akal kamu

Jaman semakin maju
Namun ilmu tak akan hilang sebab waktu
Sebagai benteng dirimu
Agar senang dan tak gampang tertipu

Carilah ilmu tanpa ragu
Tak perlu takut akan rugi waktu
Karena akan bermanfaat untukmu
Dan menuntun hidupmu dalam jalan senang selalu

Dalam pola syair di atas, kita sanggup memilih tema syair dan memilih pesan syair didalamnya. Bacalah atau dengarlah syair secara menyeluruh sebelum memilih tema dan pesan syairnya. Syair di atas bertemakan Pendidikan sebab didalam setiap baitnya terdapat maksud untuk mendidik anak muda jaman kini untuk terus menuntut ilmu. Selain itu syair di atas juga mempunyai pesan sopan santun yakni sebagai anak muda generasi bangsa harus terus mencari ilmu tanpa rasa jenuh ataupun malas sebab akan menuntun jalan hidupnya menjadi lebih cemerlang dan tidak suram. 

Sekian klarifikasi mengenai cara memilih tema syair dan memilih pesan syair. Selain cara memilih tema dan pesan syair, saya tidak lupa menjelaskan pula wacana pengertian syair, ciri ciri syair, hakikat syair dan pola syair itu sendiri. Syair ialah jenis puisi usang yang tersusun oleh bait bait dengan empat baris didalamnya serta suara akhirannya juga sama. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat dan terima kasih telah membaca bahan syair di atas.
Sumber http://materi4belajar.blogspot.com

0 Response to "Menentukan Tema Dan Pesan Syair Beserta Penjelasan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel