iklan banner

Ini Beliau 5 Teknik Penting Cara Menanam Semangka

 Anda tentu sudah pernah memakan buah semangka Ini Dia 5 Teknik Penting Cara Menanam Semangka
gambar cara menanam semangka

Cara menanam semangka – Anda tentu sudah pernah memakan buah semangka, ya benar buah yang sangat segar dan kaya akan vitamin itu memang jadi favorit banyak orang lantaran kesegarannya. Cara menanam semangka tidaklah terlalu sulit, asalkan Anda tekun, bukan mustahil tumbuhan semangka Anda menerima hasil panen yang melimpah.


Untuk Anda yang ingin mencoba menambah penghasilan dengan budidaya tumbuhan semangka, hal itu yaitu peluang yang sangat menjanjikan. Sebab, seruan pasar akan buah semangka tergolong masih sangat tinggi, jadi peluang Anda untuk memasarkan hasil panen buah semangka masih sangatlah lebar.


Sebelum Anda mengetahui cara menanam semangka, ada baiknya untuk memilih dahulu lokasi lahan yang sesuai biar tumbuhan semangka Anda sanggup tumbuh maksimal sesuai dengan impian Anda tentunya. Berikut yaitu langkah – langkah cara menanam semangka yang baik dan benar :


1. Penentuan Lahan


Langkah pertama cara menanam semangka yang baik tidak lepas dari memilih lokasi lahan yang akan dijadikan untuk media tanam tumbuhan semangka Anda. untuk tumbuhan semangka itu sendiri sanggup tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi yaitu berkisar antara 0 – 1000 meter diatas permukaan laut.


Sebaiknya lahan yang akan dipakai untuk menanam semangka harus mengandung unsur hara yang kaya untuk kebutuhan nutrisi tumbuhan semangka Anda tentunya.


Disamping itu, PH tanah sebaiknya netral yaitu antara 5 – 7 . kalau tanah Anda terlalu asam, sanggup Anda lakukan pengapuran untuk menetralkan kadar asam tanah dengan memperlihatkan kapur doloit dengan dosisi 1 ton / hektar lahan. Cara menanam semangka secara sempurna sangat penting memperhatikan keasam tanah.


Setelah lahan ditentukan, langkah cara menanam semangka selanjutnya yaitu mencangkul ataupun membajak lahan tersebut biar tanah menjadi gembur sekaligus untuk membersihkan gulam dan rumput liar yang ada di sekitar lahan.


Setelah lahan cukup gembur, buatlah bedengan dengan ukuran lebar 200cm, tinggi 40 cm, dan panjang diadaptasi dengan kondisi lahan. Buat juga jarak antar bedengan yang sanggup difungsikan sebagai drainase lahan dengan jarak kurang lebih 100 cm sampai 150 cm tergantung keadaan dan topografi lahan.


Langkah selanjutnya dalam cara menanam semangka yaitu menciptakan lubang tanam di atas bedengan dengan ukurang 30 cm x 30 cm x 30 cm serta tambahkan pupuk di dalam lubang tanam tersebut dengan takaran pupuk sangkar 4kg, pupuk DS 28 gr, pupuk ZK 20 gr, sertak pupuk ZA 15 gr.


2.Pembibitan Semangka


Berikutnya dalam cara menanam semangka yaitu melakukan pembibitan tumbuhan semangka. Untuk Anda yang menyukai jenis semangka tanpa biji, carilah bibit terbaik dari petani semangka tanpa biji yang ada di sekitar Anda. Setelah bibit semangka didapat, semaikan di dalam polybag dengan media tanam berupa adonan tanah dan pupuk sangkar yang sudah matang.


Siramilah bibit yang sedang disemai tersebut setiap pagi dan sore. Hingga tumbuh tunas berupa daun kurang lebih 2 sampai 3 helai daun setiap bibitnya. Biasanya bibit semai siap dipindahkan kedalam media tanam sesudah menginjak usia tanam 4 ahad dari awal biji ditanam didalam polybag.


3. Cara Menanam Semangka


Setelah bibit siap untuk ditanam, atau sudah berumur 4 minggu, maka cara menanam semangka selanjutnya yaitu memindahkan bibit tersebut kedalam lahan yang sudah dipersiapkan sebelumnya.


Sebelum bibit dipindahkan, sebelumnya lubang tanam di atas bedengan sebaiknya diberi air sampai meresap kedalam tanah,untuk menjaga kelembaban lahan.  Cara menanam semagka yaitu pindahkan bibit kedalam lubang tanam tersebut, dan tutup kembali dengan tanah tips sampai ujung pangkal bibit semangka.


4. Pemeliharaan Tanaman Semangka


Cara menanam semangka tidak lepas dari metode perawatan yang maksimal biar hasil panen nantinya sesuai dengan impian Anda. beberapa tahapan pemeliharaan tumbuhan semangka antar lain :


Lakuan penyiraman dengan rutin setiap pagi dan sore hari terutama kalau menginjak demam isu kemarau. Cara menanam semangka yang sempurna harus memperhtikan kelembaban. Tanaman semangka sangat menyukai tanah lembab biar pertumbuhan tumbuhan semangka tidak layu dan juga kerdil.


Lakukan juga proses penyiangan untuk membersihkan lahan dari gulma maupun rumput pengganggu biar tidak merebut kandungan unsure hara yang seharusnya diperuntukkan bagi tumbuhan semangka itu sendiri.


Cara menanam semangka selanjutnya yaitu memperlihatkan pupuk susulan biar kandungan unsure hara tanah tetap terjaga. Berikan pupuk N P K atau pupuk sangkar yang sudah difermentasikan. Sebarkan pupuk disekitar tumbuhan semangka dengan jarak dari lubang tanam kurang lebih 10 cm.


5. Panen Semangka


Untuk pemanenan sendiri, setiap petani mempunyai kriteria yang berbeda – beda di setiap wilayah. Hal ini disebabkan lantaran para petani tersebut menyesuaikan dengan seruan pasar. Namun biasanya buah semangka yang sudah siap dipanen mempunyai ciri – ciri berat buah cukup, daun buah sudah mulai agak layu, serta buah semangka berbunyi berat kalau ditepuk memakai telapak tangan.


Panen yaitu tahapan final cara menanam semangka, maka lakukan pemanenan setiap pagi hari. Caranya potong tangkai buah dengan memakai pisau ataupun gunting potong, sisakan tangkai kurang lebih 3 – 5 cm dari pangkal buah, kemudian tempatkan buah semangka ditempat yang sejuk dan tidak ditumpuk.


Demikian tadi ulasan singkat wacana cara menanam semangka yang sanggup Anda lakukan sendiri dari pada lahan Anda tidak dipakai untuk perjuangan produktif, maka lebih baik budidaya buah semangka untuk menambah penghasilan Anda. (dimuat dari banyak sekali sumber)


Itulah tadi cara menanam semangka secara tepat, Anda ngin tahu selanjutnya baca juga :





Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Ini Beliau 5 Teknik Penting Cara Menanam Semangka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel