iklan banner

Fungsi Public Relation

Dalam sebuah perusahaan maupun organisasi niscaya ada departemen public relation namun apakah anda paham apakah definisi serta fungsi dari public relation ini? Jika belum mari kenalan dulu dengan pengertian dari public relation itu sendiri. Public relation merupakan acara untuk berkomunikasi anatara sebuah forum atau organisasi dengan organisasi lainnya sehingga mempunyai kemampuan komunikasi yang baik akan sangat diperlukan. Public relation juga dikatakan sebagai sebuah perencanaan dengan memakai bahasa persuasive guna mempengaruhi persepsi masyarakat untuk mencapai laba antara kedua pihak.

Fungsi Public Relation

Dari pengertiannya sendiri niscaya anda bisa menebak salah satu tujuan adanya public relation. Beberapa tujuan dari public relation ini diantaranya yaitu :

 
a. Menjadi salah satu pendukung bauran pemasaran
b. Menciptakan gambaran atau reputasi yang baik dimata public
c. Menumbuhkan hubungan sampai kolaborasi antara perusahaan dengan pihak internal maupun eksternal
d. Mampu menawarkan motivasi dan meningkatkan partisipasi public
e. Dapat sebagai salah satu penunjang administrasi demi mencapai tujuan yang diinginkan
f. Pendorong untuk membangun sumber daya insan yang professional
g. Menetralkan gosip – gosip yang anda dan bisa membuat komunikasi yag serasi didalam organisasi atau perusahaan itu sendiri.

Fungsi dari public relation ini juga bermacam-macam yakni diantaranya bisa anda simak berikut ini :

  • Menciptakan opini publik yang menguntungkan bagi perusahaan
  • Berguna untuk administrasi dalam perusahaan sehingga tercipta budaya kerja yang baik dan meningkatkan produktivitas kerja. Hal ini dikarenakan didalam sebuah perusahaan terdapat banyak sekali jenis orang dengan latar belakang dan budaya yang berbeda – beda sehingga sangat riskan terjadi kesalah pahaman yang membuat kesenjangan anatara karyawan satu dengan lainnya
  • Sebuah kegiatan untuk memperoleh kepercayaan dari pihak eksternal maupun internal
  • Memberikan saran serta nasehat kepada pemilik perusahaan demi mencapai tujuan dari public relation

Public relation tentu saja sangat bersahabat dengan pihak public baik internal maupun eksternal. Apabila anda mengenal public relation pada perusahaan maka kiprah dari departemen ini berdasarkan Astrid S.Sutanto diantaranya yaitu sebagai berikut :

 
1. Mampu meningkatkan penjualan barang maupun jasa
2. Mencegah konsumen memakai produk dari perusahaan lain
3. Mengatasi kesalah pahaman antara perusahaan dengan pihak public
4. Mendidik public untuk memakai produk perusahaan melalui kegiatan non profit

Dalam sebuah perusahaan maupun organisasi niscaya ada departemen public relation namun apaka Fungsi Public Relation

Sumber: http://cdn.business2community.com

Oleh sebab itu kiprah pokok dari public relation dalam perusahaan bisa saja menawarkan presentasi kepada pimpinan serta menawarkan brosur, pamflet bahkan majalah. Menyusun naskah pidato dan wawancara pers atau publikasi lainnya. Selain itu tak jarang melalui kebijakan internal public relation juga akan mengadakan bermacam-macam perlombaan sebagai sarana hiburan dan mempererat hubungan antara karyawan satu dengan lainnya. Memberikan penghargaan dan hadiah juga study tour dan wisata.

Beragam motivasi tersebut diberikan demi menawarkan pelayanan dan membentuk abjad karyawan semoga bisa memperlihatkan performa maksimal. Hal ini dikarenakan petugas public relation juga perlu menyadari apa impian pelanggannya, bagaimana menangani keluhan dari pelanggan, menghadapi pelanggan yang murka dan menangani kritik dan saran dari pelanggan.Tak heran kalau banyak pula yang mengalami stress yang nantinya kuat pada kinerja mereka. Beberapa hiburan diatas paling tidak bisa meringankan beban pikiran serta membawa semangat baru.

 

Menyadari pentingnya kiprah public relation maka tak heran bila perusahaan merekrut seseorang yang mempunyai penampilan fisik yang menarik serta berkepribadian yang menyenangkan. Untuk kepribadian sendiri biasanya seseorang yang direkrut tersebut dikenal cendekia bergaul, toleran, aktif, kreatif, sopan, ramah, penuh perhatian dan wawasannya luas. Untuk penampilan fisik cenderung dicari seseorang yang mempunyai bunyi merdu ataupun nyaring, lancar berbicara serta gampang tersenyum.


Sumber https://carajadikaya.com

0 Response to "Fungsi Public Relation"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel