iklan banner

10 Pengaruh Perjanjian Linggarjati Bagi Indonesia Dan Belanda

Dampak Perjanjian Linggarjati - Perundingan linggarjati ialah salah satu kesepakatan yang dilakukan antara Republik Indonesia dan pihak Belanda. Pelaksanaan perjanjian linggarjati secara resmi dimulai pada tanggal 11 November 1946. Hasil negosiasi kemudian ditandatangani oleh kedua belah pihak pada tanggal 25 Maret 1947. Lalu, apa dampak perjanjian linggarjati bagi Indonesia maupun pihak Belanda?

Dampak perjanjian linggarjati dianggap sangat merugikan bagi Indonesia. Banyak tokoh-tokoh maupun partai politik menganggap negosiasi ini bukti lemahnya pemerintah Indonesia yang dipimpin oleh Soekarno pada ketika itu. Bentuk negara diubah menjadi "RIS" merupakan salah satu dampak perjanjian linggarjati bagi Indonesia disisi negatif. Namun disisi lain, terdapat dampak positifnya, yaitu RI diakui secara de facto oleh Belanda.

Perundingan linggarjati ialah salah satu kesepakatan yang dilakukan antara Republik Indon 10 Dampak Perjanjian Linggarjati Bagi Indonesia dan Belanda
Selain Indonesia, dampak perjanjian linggarjati juga dirasakan oleh Belanda. Namun lebih pada sisi positifnya. Salah satu dampak positif bagi Belanda ialah mereka berhasil menduduki wilayah Indonesia yang tidak diakui secara de facto. Seperti yang kita ketahui, dalam isi perjanjian disepakati bahwa Belanda mengakui kedaulatan RI atas wilayah Jawa, Sumatera dan Madura, sementara kawasan lainnya tidak.

Dampak Perjanjian Linggrjati

Sebelum kalian membaca beberapa dampak positif dan negatif perjanjian linggarjati bagi Indonesia dan Belanda, apakah sudah mengetahui secara detail latar-belakang, proses, tokoh-tokoh yang terlibat dalam perjanjian ini? Jika belum, baca : Sejarah Perjanjian Linggarjati Lengkap. Adapun dampak perjanjian linggarjati ialah sebagai berikut.

Dampak Perjanjian Linggarjati Bagi Indonesia

Dampak positif :
  • Kemerdekaan Indonesia yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945 secara resmi diakui secara de facto oleh pemerintah Belanda.
  • Kedua negara setuju untuk melaksanakan gencatan senjata (sementara), namun beberapa waktu kemudian Belanda mengingkarinya.
  • Pasukan Belanda meninggalkan wilayah RI sekurang-kurangnya tanggal 1 Januari 1949.
  • Beberapa negara absurd kemudian mengakui kedaulatan RI.
Dampak negatif :
  • Wilayah yang diakui oleh Belanda hanya Pulau Jawa, Sumatera dan Madura. Padahal wilayah Indonesia ketika itu sangat luas.
  • Bentuk negara Indonesia diubah menjadi RIS (Republik Indonesia Serikat). Artinya Indonesia menjadi negara federal yang terdiri dari beberapa negara-negara bagian.
  • Belanda melanggar perjanjian, jadinya terjadi pertempuran kembali. Contohnya Agresi Militer Belanda 1.
  • Akibat serangan tersebut, banyak korban meninggal baik dari kalangan militer (TNI) maupun masyarakat bisa.
  • Kerugian ekonomi jawaban adanya perang. Dana yang semula untuk kepentingan membangun negara dipakai untuk perang. Akibatnya krisis ekonomi terjadi pada tahun-tahun berikutnya.
Artikel Terkait :

Dampak Perjanjian Linggarjati Bagi Belanda

Beberapa dampak bagi Belanda meliputi, berhasil menduduki kembali wilayah-wilayah yang tidak disepakati dalam perjanjian, berhasil membujuk/mempengaruhi Indonesia untuk membentuk negara RIS. Selain itu, pihak Belanda juga otoriter mengenai kesepakatan yang telah dibuat. Tepat pada tanggal 20 Juli 1949, pihak Belanda melalui Gubernur Jenderal H.J. van Mook mengeluarkan pernyataan bahwa pihak Belanda tidak lagi terikat dengan perjanjian Linggarjati.

Pernyataan ini merupakan jawaban dari perbedaan penafsiran antara Belanda dan Indonesia. Akhirnya, sempurna pada tanggal 21 Juli 1947 (sehari sehabis pernyataan), Belanda melaksanakan serangan terhadap Republik Indonesia. Serangan ini disebut dengan Agresi Militer Belanda 1.

Serangan dari pihak Belanda tentu saja menciptakan tentara Indonesia panik, hal ini alasannya ialah dilakukan secara mendadak. Dampaknya, banyak korban jiwa dari kalangan tentara nasional Indonesia. Serangan Belanda ini kemudian di kecam oleh pihak Internasional. Dewan PBB kemudian membentuk komisi tiga negara (KTN) untuk mempertemukan kedua negara dalam meja perundingan.

Pertempuran antara kedua belah pihak pasca negosiasi linggarjati merupakan latar belakang  terjadinaya perjanjian renville. Perundingan ini sering disebut sebagai lanjutan dari perjanjian linggarjati. Uniknya, perjanjian dilakukan di atas kapal Amerika Serikat berjulukan USS Renville yang tengah berada di pelabuhan Tanjung Priok. 

Baca Selanjutanya : Sejarah Perjanjian Renville

Berikut ini beberapa isu suplemen seputar Perjanjian Linggarjati :

Tokoh yang Terlibat
  • Wakil Indonesia dipimpin oleh Sutan Syahrir
  • Wakil Belanda dipimpin oleh Wim Schermerhorn
  • Modiator dari Inggris bernama Lord Killearn
Tempat Perundingan
  • Istana Merdeka Jakarta
  • Desa Linggarjati, Jawa Barat
Waktu Perundingan
  • 11 November 1946 s.d. 25 Maret 1947 (lebih dari 4 bulan)
Baca Juga :
Demikianlah pembahasan secara lengkap Dampak Perjanjian Linggarjati bagi Indonesia dan Belanda (positif & negatif) beserta isu suplemen mencakup latar belakang, tokoh, proses, tempat perundingan, dan waktu perundingan. Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi pembaca semua. Terimakasih.

Sumber http://sumbersejarah1.blogspot.com

0 Response to "10 Pengaruh Perjanjian Linggarjati Bagi Indonesia Dan Belanda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel