iklan banner

Skripsi Studi Deskriptif Perihal Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Berguru Dan Hubungannya Dengan Prestasi Berguru Siswa Kelas V

(KODE : PENDPGSD-0016) : SKRIPSI STUDI DESKRIPTIF TENTANG PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V

 SKRIPSI STUDI DESKRIPTIF TENTANG PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR  SKRIPSI STUDI DESKRIPTIF TENTANG PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V

BAB I 
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Pembangunan Indonesia di bidang pendidikan cukup umur ini sanggup dilihat dari peningkatan sistem pelaksanaan pendidikan yang diusahakan dari waktu ke waktu. Seperti tercantum dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional yang menggariskan bahwa pembangunan di bidang pendidikan ialah upaya membuatkan kemampuan dan membentuk tabiat serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi penerima didik semoga menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, berdikari dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab (Depdiknas, UU No. 20 Th. 2003 : pasal 3).
Berdasarkan UUD 1945 pasal 28c ayat 1 dan 2 disebutkan bahwa : setiap orang berhak membuatkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat insan (Gayo, 2003 : 14).
Peningkatan mutu pendidikan menjadi kewajiban semua pihak yang terlibat dalam bidang pendidikan. Salah satu perjuangan dalam peningkatan mutu pendidikan ialah penyediaan perpustakaan sebagai sumber berguru yang sanggup memperlihatkan akomodasi belajar.
Pengajaran merupakan suatu sistem yang mempunyai komponen yang saling terkait untuk mencapai suatu tujuan. Salah satu komponen dari sistem pengajaran ialah sumber berguru yang sanggup dipergunakan dalam proses kegiatan berguru mengajar (Syah, 2000 : 249). Kegiatan berguru mengajar memerlukan interaksi dengan sumber belajar. Agar diperoleh hasil yang maksimal dengan tingkat interaksi yang tinggi, maka proses interaksi perlu dikembangkan secara sistematik. Pengembangan proses interaksi dengan sumber berguru ialah merupakan suatu acara dalam memanfaatkan sumber belajar. Aktivitas yang tinggi hendaknya memanfaatkan sumber berguru yang tersedia secara optimal terutama sumber berguru perpustakaan.
Perpustakaan diharapkan sanggup menunjang kelancaran proses berguru mengajar sehingga tujuan yang ditetapkan sanggup tercapai. Pencapaian tujuan ini untuk pengembangan langsung siswa baik dalam mendidik diri sendiri secara berkesinambungan dalam memecahkan segala masalah, mempertinggi perilaku sosial dan membuat masyarakat yang demokratis.
Keberadaan perpustakaan di SD sangat penting artinya alasannya ialah kegiatan mengajar di kelas pada umumnya bersifat terbatas dan kurang tuntas bahkan seringkali gres merupakan pelopor bagi perkembangan pelajaran siswa. 
Salah satu perjuangan untuk mengatasi keterbatasan kegiatan berguru mengajar ialah dengan menyediakan gosip yang gampang diperoleh siswa. Penyediaan gosip ini berupa buku-buku yang menunjang pencapaian hasil belajar. Hal ini alasannya ialah buku yang dimiliki oleh siswa sebagai sumber pengembangan ilmu pengetahuan yang dibutuhkan dalam studinya masih tergolong minim sekali. Berdasarkan hasil pengamatan secara sekilas, banyak siswa yang kurang membaca buku-buku pendukung sehingga bila siswa mendapat kosa kata di luar kegiatan berguru mengajar di kelas, mereka kurang mempunyai kemampuan menyerupai yang diharapkan. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan perjuangan peningkatan acara siswa yakni memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar. Berdasarkan kenyataan yang ada memperlihatkan bahwa tidak semua siswa telah memanfaatkan perpustakaan dengan baik sebagai sumber belajar.
Berdasarkan alasan tersebut maka penulis mengangkat judul skripsi : STUDI DESKRIPTIF TENTANG PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V.

Sumber http://gudangmakalah.blogspot.com

Related Posts

0 Response to "Skripsi Studi Deskriptif Perihal Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Berguru Dan Hubungannya Dengan Prestasi Berguru Siswa Kelas V"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel