iklan banner

Skripsi Pengembangan Materi Bimbing Kelas Iv Mengacu Kurikulum 2013 Subtema Binatang Dan Flora Di Lingkungan Rumahku

(KODE : PENDPGSD-0025) : SKRIPSI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KELAS IV MENGACU KURIKULUM 2013 SUBTEMA HEWAN DAN TUMBUHAN DI LINGKUNGAN RUMAHKU 

 SKRIPSI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KELAS IV MENGACU KURIKULUM  SKRIPSI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KELAS IV MENGACU KURIKULUM 2013 SUBTEMA HEWAN DAN TUMBUHAN DI LINGKUNGAN RUMAHKU

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Kurikulum merupakan agenda pendidikan yang telah direncanakan secara sistematis sehingga mengemban peranan yang sangat penting bagi pendidikan penerima didik. Menurut UU No. 20 Tahun 2003 (dalam Permendikbud No. 54, 2013 : 1) perihal Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa kurikulum yaitu seperangkat planning dan peraturan mengenai tujuan, isi, dan materi pelajaran serta cara yang dipakai sebagai pedoman penyelenggaraan aktivitas pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum menjadi pola berlangsungnya aktivitas pembelajaran. Kurikulum dikembangkan ke arah yang sanggup menimbulkan nilai luhur dan kemudian sanggup diaplikasikan oleh penerima didik dalam kehidupan bermasyarakat. 
Kurikulum di Indonesia telah mengalami beberapa perubahan. Pada tahun pelajaran 2013/2014, kurikulum di Indonesia telah berganti menjadi kurikulum 2013. Kurikulum 2013 merupakan pengembangan dari KTSP 2006 (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Kurikulum 2013 menuntut siswa lebih kreatif dan inovatif sama halnya dengan KTSP. Perbedaan yang sanggup dilihat yaitu di dalam kurikulum 2013 semua mata pelajaran diintegrasikan ke dalam satu tema tertentu sedangkan dalam KTSP tiap mata pelajaran bangun sendiri tanpa terintegrasi dengan mata pelajaran lain. 
Menurut Permendikbud (2013 : 3) kurikulum 2013 dirancang dengan karakteristik menyerupai menyebarkan keseimbangan antara pengembangan perilaku spiritual dan sosial, rasa ingin tahu, kreativitas, kerjasama dengan kemampuan intelektual dan psikomotorik. Selain itu sekolah sanggup memanfaatkan masyarakat sekitar untuk memperlihatkan pengalaman berguru bagi penerima didik. Kurikulum 2013 memberi waktu yang cukup leluasa untuk menyebarkan banyak sekali sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kompetensi kurikulum 2013 dinyatakan dalam bentuk Kompetensi Inti (KI) kelas yang dirinci lebih lanjut dalam Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran.
Perubahan kurikulum tentunya juga memerlukan perubahan materi asuh yang sesuai dengan kurikulum tersebut. Bahan asuh yang dikembangkan harus sesuai dengan aspek-aspek menyerupai pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Bahan asuh merupakan salah satu sarana terpenting dalam melakukan kurikulum. Bahan asuh yang dikembangkan sanggup memperlihatkan pengalaman berguru yang menarik dan gampang untuk diterima oleh penerima didik.
Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilaksanakan di sekolah yang sudah mengimplementasikan kurikulum 2013 masih ada kekurangan pada kurikulum 2013. Terutama pada materi asuh yang dipakai oleh guru yang mengimplementasikan kurikulum 2013. Adapun kekurangan dari kurikulum 2013 yang diutarakan oleh guru kelas IV antara lain pemahaman perihal kurikulum 2013 yang belum menyeluruh dikarenakan singkatnya waktu ketika diklat mengenai kurikulum 2013. Pendekatan saintifik dalam pembelajaran belum maksimal alasannya yaitu kurang menunjangnya media pembelajaran. Menurut dia evaluasi juga menjadi hambatan dalam memilih nilai penerima didik dikarenakan masih terdapat indikator yang belum dicantumkan. Selain itu juga kurangnya buku pegangan atau materi ajar. Menurut dia materi asuh yang terdapat dalam kurikulum 2013 masih kurang mendalami pada abjad yang akan dicapai oleh penerima didik. Pengembangan abjad penerima didik sanggup dikembangkan melalui aktivitas pembelajaran. Hal ini berkaitan dengan abjad yang terdapat dalam budaya lokal setempat. Lingkungan sanggup dipakai sebagai sumber berguru siswa sehingga anak lebih paham dengan materi yang diajarkan oleh guru. Bahan asuh kiranya sanggup dikembangkan sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah.
Berdasarkan kenyataan tersebut, peneliti merasa perlu menyebarkan materi asuh untuk kurikulum 2013. Bahan asuh yang dikembangkan yaitu tema tiga pada subtema satu yaitu binatang dan tumbuhan di lingkungan rumahku dengan spesifikasi produk memakai pendekatan tematik integratif, pendekatan saintifik, dan abjad berbasis budaya lokal. Melalui pengembangan materi asuh kurikulum 2013, peneliti berharap materi asuh sanggup berkhasiat bagi siswa dan guru biar sanggup membantu pelaksanaan pembelajaran memakai kurikulum 2013.

Sumber http://gudangmakalah.blogspot.com

0 Response to "Skripsi Pengembangan Materi Bimbing Kelas Iv Mengacu Kurikulum 2013 Subtema Binatang Dan Flora Di Lingkungan Rumahku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel