Skripsi Kompetensi Guru Dalam Perencanaan Pembelajaran Di Sd
(KODE : PENDPGSD-0014) : SKRIPSI KOMPETENSI GURU DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI SD
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan merupakan aspek kehidupan yang fundamental bagi pembangunan bangsa. Melalui pendidikan insan sanggup menemukan hal-hal bam yang sanggup dikembangkan dan diperoleh untuk menghadapi tantangan yang ada sesuai dengan perkembangan zaman. Sekolah sebagai penyelenggara pendidikan bertujuan untuk menyebarkan potensi siswa. Pendidikan di sekolah merupakan proses yang melibatkan beberapa unsur yang saling bekerjasama yaitu guru, siswa, kurikulum dan sarana prasarana. Unsur -unsur pendidikan diharapkan bisa membuat pendidikan yang berkualitas melalui proses pembelajaran.
Pembelajaran yaitu proses interaksi akseptor didik dengan pendidik dan sumber berguru pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran yaitu proses dukungan yang diberikan pendidik semoga sanggup terjadi proses pemerolehan ilmu pengetahuan, penguasaan kemahiran dan pembentukan perilaku akseptor didik. Proses pembelajaran yang baik hanya bisa diciptakan melalui perencanaan yang baik dan tepat.
Perencanaan pembelajaran bahwasanya merupakan sesuatu yang diidealisasikan atau dicita-citakan. Mated yang tertuang dalam perencanaan pembelajaran itu merupakan keinginan-keinginan. Setiap keinginan kadang sanggup tercapai, kadang tidak tercapai. Ini tergantung pada upaya mewujudkan keinginan itu. Keberhasilan suatu upaya ditentukan oleh banyak sekali faktor. Faktor yang paling fundamental yaitu kemampuan seseorang melaksanakan upaya dalam mewujudkan apa yang diinginkan. Perencanaan yang dibentuk merupakan antisipasi dan asumsi wacana apa yang akan dilakukan dalam pembelajaran, sehingga tercipta suatu situasi yang memungkinkan terjadinya proses berguru yang sanggup mengantar siswa mencapai tujuan yang diharapkan.
Perencanaan pembelajaran merupakan sebuah perjuangan untuk menjalankan proses pembelajaran semoga sanggup berjalan dengan baik dan matang sehingga akan mendapat hasil pembelajaran yang memuaskan menyerupai apa yang diharapkan. Perencanaan pembelajaran berfungsi untuk membantu kelancaran pembelajaran di kelas. Perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan baik akan memberi dampak baik secara eksklusif maupun secara tidak langsung. Perencanaan pembelajaran berperan untuk mengarahkan suatu proses pembelajaran semoga sanggup menghantarkan akseptor didik kepada tujuan pendidikan yang telah ditargetkan.
Peranan perencanaan pembelajaran sangat diperlukan, alasannya itu merupakan keharusan yang harus dilalui oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran dalam pendidikan. Perencanaan pembelajaran ini sangat penting menjadi pedoman bagi seorang guru semoga bisa mengarahkan akseptor didik untuk berguru dengan baik. Guru yang baik akan selalu membuat perencanaan untuk acara pembelajarannya, maka tidak ada alasan mengajar di kelas tanpa perencanaan pembelajaran.
Orang yang bertanggung jawab eksklusif dalam upaya mewujudkan apa yang tertuang dalam perencanaan pembelajaran yaitu guru. Ini dikarenakan guru yang eksklusif melaksanakan perencanaan pembelajaran di kelas. Guru juga yang bertugas menyusun perencanaan pembelajaran pada tingkatan pembelajaran. Guru eksklusif menghadapi masalah-masalah yang muncul sehubungan dengan pelaksanaan perencanaan pembelajaran di kelas. Guru yang mencarikan upaya memecahkan segala permasalahan yang dihadapi, dan melaksanakan upaya itu.
Dengan demikian, perencanaan pembelajaran banyak tergantung kepada kemampuan guru mengembangkannya, alasannya kiprah guru berkaitan dengan melaksanakan pembelajaran mata pelajaran yang menjadi tanggung jawabnya. Oleh alasannya itu, diharapkan perencanaan pembelajaran dari suatu mata pelajaran tertentu yang akan dilaksanakan pembelajarannya sehingga tercapai keefektifan pembelajaran yang dilaksanakan. Dengan perencanaan pembelajaran guru akan mantap di depan, perencanaan yang matang sanggup mengakibatkan banyak inisiatif dan daya kreatif guru waktu mengajar, sanggup meningkatkan interaksi berguru mengajar antara guru dan siswa.
Sebagai perencana pembelajaran, seorang guru diharapkan bisa untuk merencanakan acara berguru mengajar secara efektif. Untuk itu ia harus merancang acara pembelajaran, menyerupai merumuskan tujuan, menentukan bahan, menentukan metode, dan tetapkan evaluasi. Guru dituntut untuk membuat perencanaan yang efektif dan efisien. Guru yang profesional dituntut untuk selalu konsentrasi dan bersungguh-sungguh dalam mengusahakan perencanaan pembelajaran yang baik dan cocok dengan akseptor didiknya.
Dalam observasi awal yang dilakukan peneliti, menemukan beberapa permasalahan yang berkaitan dengan perencanaan pembelajaran. Permasalahan tersebut diantaranya, kurang lengkapnya perencanaan pembelajaran yang disusun guru kelas, guru tidak rutin dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru kurang sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat, dan sebagian guru menyusun perencanaan pembelajaran saat akan disupervisi oleh kepala sekolah atau pengawas.
Oleh alasannya itu menurut latar belakang dilema tersebut di atas peneliti ingin melaksanakan penelitian dengan judul "KOMPETENSI GURU DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI SD NEGERI".
0 Response to "Skripsi Kompetensi Guru Dalam Perencanaan Pembelajaran Di Sd"
Posting Komentar