iklan banner

Penyebab Usus Buntu

Tak bisa dipungkiri bahwa penyakit satu ini tak membedakan umur namun paling sering yang terkena ialah mereka yang berumur 10 – 30 tahun. Dalam bahasa medis dikenal dengan Appendix Vermicularis atau biasa kita sebut dengan nama usus buntu. Usus buntu sendiri terletak erat dengan usus besar dan yang menimbulkan penyakit ini kronis ialah lantaran adanya peradangan di usus kecil. peradangan ini menciptakan makanan atau minuman tak bisa keluar melalui dubur dan berakhir kebuntuan. Untuk menyembuhkannya biasa dilakukan operasi pengangkatan.

Usus Buntu

Gejala penyakit ini biasa dimulai dengan sakit perut cuilan tengah kemudian berlanjut ke cuilan kanan bawah. Gejala lainnya yang dirasakan ialah demam, mual dan muntah, diare, kehilangan nafsu makan, kembung dan tidak bisa buang gas. Rasa sakitnya pun bisa tiba dan pergi namun kalau tidak segera ditangani akan semakin sakit.

Penyebab usus buntu sendiri belum bisa diketahui namun beberapa peneliti mengunkapkan bahwa biji – bijian, watu empedu, infeksi basil salmonella dan shigela, reaksi limfatik dan benda abnormal lainnya yang bisa mengakibatkan sumbatan pada usus.

Tak bisa dipungkiri bahwa penyakit satu ini tak membedakan umur namun paling sering yang t Penyebab Usus Buntu

Sumber:https://hellosehat.com/

Proses terjadinya usus buntu tentu dimulai dari penyumbatan diarea usus. Umumnya usus bisa menampug 0,1 ml namun kalau terjadi penyumbatan sampai 0.5 ml saja maka nyeri mulai akan terasa. Sensai nyeri ini akan terasa samar – samar kemudian menyebar bahkan sampai cuilan ulu hati. Peregangan akhir penyumbatan akan menciptakan anda mual dan penurunan nafsu makan.

Apabila usus buntu dibiarkan secara terus menerus maka efeknya bisa saja perforasi atau bolong dan pecah. Bukan itu saja ekspansi infeksi akan menjalar sampai mengakibatkan infeksi dan bisa meningkatkan suhu badan anda sampai 38.6 derajad celcus. Setelah itu peningkatan sel darah putih akan terjadi sampai lebih dari 14.000 yang juga membawa nyeri perut dan kaku.

Untuk mendeteksi usus buntu perlu dilakukan investigasi fisik lantaran letak usus buntu tiap orang berbeda – beda. Ada yang berada pada cuilan rongga panggul, dibawah hati sampai dibelakang usus besar. Mula – mula dokter akan menekan secara perlahan perut kanan bawah. Ketika tekanan dilepaskan oleh dokter maka sakitnya akan bertambah parah.

Selain itu terdapat pula cara lain yang lebih modern menyerupai CT Scan atau USG. Tes darah juga bisa dilakukan atau bisa juga melalui tes urine. Walau penyembuhan usus buntu ini ialah dengan melaksanakan operasi pengangkatan atau biasa dikenal dengan apendektomi namun pengangkatannya tidak akan menimbulkan dilema kesehatan. Organ badan yang lain masih sanggup bekerja sebagaimana mestinya. Dalam operasi pengangkatan atau apendektomi terdapat dua jenis yakni bedah sayatan terbuka dan operasi laparoskopi. Keduanya tetap memakai pembiusan total dikala dilakukan. Jika usus buntu sudah pecah maka akan dilakukan bedah sayatan terbuka dan kalau belum pecah sanggup dilakukan operasi laparoski.

Bagi anda yang gres operasi usus buntu bisa mengkonsumsi sayuran dan buah – buahan yang bisa memperlancar pencernaan. Buah – buahan itu diantaranya ialah apel sedangkan sayuran bisa berupa asparagus, brokoli maupun bunga kol. Mengkonsumsi yogurt juga sangat disarankan lantaran bisa melindungi usus anda dari basil jahat. Tempe yang kaya akan serat juga sangat elok bagi badan anda yang ingin kembali bugar.

Ada pula beberapa makanan yang terlarang bagi penderita usus buntu yakni diantaranya ialah makanan pedas dan asam. Makanan dengan garam tinggi dan kafein serta yang bersoda untuk minuman. Hindari pula makanan cepat saji dan lebih mempunyai makanan bergizi lainnya.


Sumber https://carajadikaya.com

0 Response to "Penyebab Usus Buntu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel