iklan banner

✔ Asam Laktat Baik Untuk Badan Namun Jelek Jikalau Asidosis

Asam laktat adalah salah satu zat penting yang diproduksi oleh sel otot yang merupakan hasil metabolisme karbohidrat tanpa memakai oksigen (anaerob metabolisme). Asam laktat merupakan sumber energi yang digunakan oleh otot saat badan sedang melaksanakan kegiatan atau olahraga dalam rentang waktu yang agak lama. 

Ketika sedang olahraga, oksigen yang diharapkan oleh badan melebihi suplai sehingga timbul metabolisme anaerob yang menghasilkan asam laktat. Asam laktat ini lalu diserap oleh sel otot untuk djadikan materi bakar. Pada seseorang yang rutin berolahraga atau atlet, terjadi peningkatan efektivitas pemakaian asam laktat sehingga mereka bisa berolahraga dalam jangka waktu lebih lama. Dibandingkan menciptakan lelah, asam laktat justru memperlambat terjadinya kelelahan dan meningkatkan kemampuan dalam olahraga.

Kaprikornus untuk badan yang sedang beraktivitas tinggi atau sedang berolahraga asam laktat dalam badan sangatlah tidak berbahaya justru sangat diharapkan untuk materi energi yang digunakan oleh otot uniknya asam laktat diproduksi saat kadar oksigen dalam badan kurang atau dikenal dengan metabolisme anaerob.

Asidosis asam laktat

Pada keadaan tertentu suatu kelainan yang terjadi didalam badan justru sanggup mengganggu perubahan asam laktat menjadi energi sehingga terjadi penumpukan berlebih dalam badan yang diakibatkan asam laktat tidak bisa digunakan oleh otot secara penuh atau tidak bisa dibuang oleh ginjal dan hati, sehingga hal ini mengakibatkan penumpukan berlebih asam laktat yang dalam bahasa medis disebut dengan asidosis asam laktat.

Adapun kelainan yang menjadi penyebab asidosis asam laktat ialah sebagai berikut :

  • Organ badan kekurangan oksigen yang disebabkan oleh beberapa keadaan antara lain : gagal jantung, gagal ginjal, gagal nafas, kerusakan fungsi hati, kanker, anemia dan pendarahan besar didalam tubuh.
  • Efek obat-obatan menyerupai : paracetamol, antikejang, aspirin, dll. namun untuk kasus ini sangat jarang sekali terjadi.
  • Gangguan konginental bawaan
itulah beberapa kelainan pada badan atau keadaaan medis tertentu yang bisa mengakibatkan asam laktat menumpuk sehingga mengakibatkan suatu keadaan berbahaya (asidosis asam laktat). Beberapa tanda-tanda umum yang ditimbulkannya ialah sebagai berikut :
  • Rasa lelah berlebih dan lemas.
  • Detak jantung meningkat.
  • Kram atau nyeri
  • Mencret atau rasa tidak nyaman dibagian perut.
  • Nafsu makan berkurang.
  • Sakit kepala.
Namun untuk tanda-tanda yang parah dan harus mendapat santunan segera ialah pada keadaaan berikut :
  • Napas beraroma buah, kondisi ini mengindikasikan kemungkinan terjadinya komplikasi penyakit diabetes yang disebut ketoasidosis diabetik.
  • Kebingungan.
  • Penyakit kuning.
  • Kesulitan bernapas atau sesak napas.
  • Tangan dan kaki tampak membiru.
Hal diatas merupakan kegawat daruratan medis dari komplikasi asidosis laktat yaitu penurunan suplai oksigen ke jaringan badan sehingga menimbulkan gagal organ dan kematian. hal tersebut harus segara mendapat santunan medis secepatnya dengan dibawa kerumah sakit terdekat.

Pencegahan Asidosis Asam laktat

Salah satu hal yang paling baik dilakukan semoga tidak hingga pada keadaan gawatdarurat medis menyerupai yang telah kami paparkan diatas ialah dengan cara melaksanakan pencegahan adapaun caranya ialah dengan mengenali keadaan organ badan dengan memeriksakannya ke petugas kesehatan yang berkompeten dibidangnya dan tentu saja hal lainnya ialah dengan melaksanakan pengecekan asam laktat, pengecekan asaam laktat bisa dilakukan di laboratorium dengan darah vena sebagai sampel. adapun kadar normal asam laktat dalam badan secara normal ialah 4,5-19,8 mg/dl. namun angka tersebut tidak bisa dijadikan pola tetap lantaran setiap individu memerlukan kadar asam laktat yang berbeda dan juga setiap laboratorium mempunyai angka standar sendiri-sendiri menurut pertimbangan - pertimbangan tertentu.

Kaprikornus Kesimpulannya asam laktat merupakan zat yang penting untuk badan sebagai materi energi otot, dan penumpukan kelebihan asam laktat hanya akan terjadi menurut faktor penyebab yang telah kami paparkan diatas.

Sumber http://bangsalsehat.blogspot.com

0 Response to "✔ Asam Laktat Baik Untuk Badan Namun Jelek Jikalau Asidosis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel