iklan banner

Fitur Google Drive Dan Fungsinya

Fitur Google Drive dan Fungsinya - Google Drive merupakan pelayanan daya simpan daring milik Google yang diluncurkan pada tanggal 24 April 2012. Pelayanan ini ialah ekstensi dari Google Docs dan sanggup edit URL docs.google.com dengan drive.google.com kalau sudah diaktifkan.

Google Drive menunjukkan pelayanan daya simpan free sebesar 5 GB dan akan ditambahkan dengan pembayaran tertentu. dengan fitur unggulan yang layaknya Dropbox, ialah sinkronisasi data lewat folder husus di dalam desktop atau lebih dikenal dengan Desktop Sync Clients.

Fitur yang sanggup digaris bawahi dari Google Drive ialah API’s untuk para Developer. Sampai ketika ini Google Drive sudah terhubung dengan puluhan software pihak ketiga.
 
 Google Drive merupakan pelayanan daya simpan daring milik Google yang diluncurkan pada ta Fitur Google Drive dan Fungsinya
Fitur Google Drive dan Fungsinya

Terdapat 5 pilihan dokumen yang sanggup Anda buat, Antara lain adalah:

a. Dokumen text menyerupai Microsoft Word.

b. Dokumen persentasi menyerupai Microsoft Powerpoint.

c. Dokumen spreadsheet menyerupai Microsoft Excel,

d. Membuat gambar menyerupai memakai Paint, Photoshop, CorelDraw dan sebagainya.

e. Membuat form kuesioner online dalam pilihan form. baca juga cara menciptakan dokumen di google docs.
 
Artikel berkaitan:
Di dalam Google Drive ini sangat sesuai untuk siswa atau mahasiswa, pekerja kantor dan professional yang kerja kelompok, dikarenakan ada fitur dari Google Drive yang menciptakan suatu dokumen yang dibentuk di Google Drive sanggup di bagi ke beberapa orang pemilik akun Google dengan pilihan aksesibilitas, menyerupai read only (hanya sanggup membaca) atau editable (bakal mengedit dokumen) dengan pilih can edit pada share settings dokumen.

Nah, dikarenakan fitur yang biasa dipakai dalam kehidupan sehari-hari (terutama mahasiswa) dokumen-dokumen text dan presentasi, sehingga kali akan saya coba jabarkan cara-cara memakai Google Drive untuk pemula.

1. Sebelum masuk ke dalam Google Drive, pastikan kalian telah memiliki akun universal Google. Apa itu akun universal Google? Makara ketika ini Google telah mengintegrasikan akun Gmail buat seluruh layanan Google.

Nah, apabila udah punya Gmail, pakai akun itu untuk seluruh akomodasi Google. Misalnya menyerupai gambar di bawah ini.

2. Buka www.drive.google.com dan masukan akun Google.com kepada bab login.

3. Sekarang Anda sudah masuk ke Google Drive, nah ini ialah laman awal Google Drive, di bab tengah yang paling jumbo sendiri itu nantinya sanggup diisi oleh dokumen yang Anda punyai di Google Drive, yang sempat diedit dengan Google Drive atau dokumen orang lain yang mengundang Anda buat membaca / mengedit dokumen tersebut.

4. Untuk mengawali kerja Anda sanggup pilih tombol “BUAT” atau segera bekerja dengan terhubung file yang telah ada di kotak jumbo yang berisi daftar koleksi dokumen.

Nah, setelah sanggup masuk ke Google Drive, Anda sanggup mulai bekerja, tetapi sebelumnya ada sekian banyak aliran untuk memakai Google Drive.

1. Fitur Upload dokumen
Di Microsoft Office atau Open Office, Anda biasa mengenal perintah open document tapi pada Google Drive ada 2 pilihan untuk terhubung dokumen, yang pertama pilih dokumen di halaman awal Google Drive dan mengupload dokumen supaya menjadi bab dari dokumen online di dalam daftar koleksi Google Drive.
 
Baca juga: Perangkat Lunak Pengolah Kata

2. Fitur Download Dokumen
Sama menyerupai yang di atas, Anda sanggup menyimpan dokumen Anda di server Google, tapi Anda pula sanggup menyimpang file yang sudah Anda olah di Google Drive secara pilih opsi file > d0wnl0ad as. pada d0wnl0ad as ini memiliki banyak format daya simpan dokumen meskipun tak sebanyak kegiatan office berbayar.

Untuk menyimpan dokumen secara online, Anda tak perlu mengklik save atau semacamnya sama menyerupai kegiatan Office yang biasa Anda pakai, Google Drive sanggup menyimpan secara otomatis semua yang Anda kerjakan tanpa harus mengklik satu buah perintah khusus.

3. Fitur See Revision History
Fitur ini memang bagus, disaat Anda salah dalam mengerjakan sesuatu atau Anda tak oke dengan kiprah mitra Anda yang sudah mereka ubah, Anda sanggup kembali ke editan sebelumnya dengan memakai See Revision History.

4. Fitur Sharing and Privacy

Anda sanggup mengelola aksesibilitas dokumen Anda dengan memakai share and privacy, umumya waktu Anda menciptakan dokumen gres dokumen sanggup terbatas hanya untuk Anda saja.

Nah, apabila Anda mau mendistribusikan file Anda ke orang rekan atau mitra kerja Anda, Anda sanggup menambahkan alamat email sobat Anda supaya mereka sanggup membuka dokumen ini secara mengklik goresan pena Private to only me di sebelah gambar gembok.

Masukan nama akun google, alamat email atau groups yang Anda inginkan buat memakai dokumen Anda, pada bagiankanankita sanggup menentukan apakah mereka sanggup merubah dokumen (can edit) atau hanya sanggup membaca (can read). Pada diwaktu mengundang kawan, Anda sanggup juga memasukan pesan khusus ketika mengundang sobat Anda.

5. Print
Yap, dengan Google Drive Anda sanggup eksklusif mencetak dokumen dan mengatur halaman menyerupai sama menyerupai “page setup” di aplikasi office yang lain.

6. Translate Document
Yang menarik di bandingkan dengan aplikasi Office yang lain, Google Docs memiliki kapabilitas untuk menerjemahkan dokumen dikarenakan telah built in dengan layanan Google Translate. Walaupun akibatnya tak mungkin 100% benar lantaran memakai algoritma computer menyerupai sebagaimana Google Translate.

Caranya mudah, menentukan tools > translate document, kemudian ketik nama file gres dengan hasil terjemahan dan pilih bahasanya. Nantinya dokumen terjemahan bakal jadi dokumen gres yang terpisah dari dokumen awal dengan bahasa aslinya.

7. Bisa diakses di mana saja
Nggak perlu lagi bawa flashdisk dan semacamnya, dengan Google Drive ini anda sanggup mengakses dokumen yang anda buat di mana saja asalkan ada koneksi internet. 

Tidak hanya itu, dengan Google Drive Anda nggak perlu repot-repot mengirim dokumen melalui email supaya sobat Anda sanggup membaca dokumen yang Anda untuk, tidak mengecewakan memberi susukan terhadap mereka melalui sharing settings, kemudian mereka akan membaca dan mend0wnl0ad dokumen Anda tanpa harus membuka email. Canggih bukan?

Sekian artikel wacana Fitur Google Drive dan Fungsinya, semoga bermanfaat!

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "Fitur Google Drive Dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel