iklan banner

Contoh Tabel Penjualan Dengan Software Excel

Contoh Tabel Penjualan Dengan Software Excel Contoh Tabel Penjualan Dengan Software ExcelMencari pola tabel penjualan? Kebanyakan pelaku perjuangan pemula mengaku kesulitan ketika mereka harus menciptakan sebuah sistem keuangan untuk usaha mereka, sekalipun itu hanya sebuah format pencatatan sederhana. Pasalnya diakui mereka bahwa sebagian besar tak cukup paham bagaimana cara menciptakan sebuah tabel berikut dengan prinsip-prinsip hitungannya.


Sebagian pengusaha mengakui sesungguhnya menciptakan sebuah tabel keuangan tak benar-benar sulit, alasannya ialah faktanya Anda sudah sanggup menciptakan sebuah tabel keuangan cukup dengan mengandalkan sarana microsoft excel pada komputer Anda. Anda cukup mencontek dari pola tabel penjualan, pembelian dan jurnal-jurnal lain yang dengan gampang sanggup Anda temukan dari banyak sekali buku ilmu akuntansi atau dari beberapa web akuntansi.


Kesulitan terbesar memang bukan terletak pada penyusunan tabelnya, tetapi pada bagaimana cara mengisi data dalam tabel. Kadang demi alasan ketidak pahaman, banyak pelaku perjuangan lalu menentukan metode manual dalam mengisi data.


Padahal urusan pengisian data dalam akuntansi sanggup dikatakan cukup rumit. Data kadang harus Anda isi dengan detail dalam beberapa jurnal sekaligus, diakumulasi dan dilaporkan dalam catatan yang berbeda sekaligus. Ini akan mengakibatkan kerentanan dalam urusan kesalahan insan atau biasa Anda kenal dengan human eror.


Beberapa pelaku perjuangan dengan modal yang cukup baik kesannya akan menentukan untuk membeli sebuah jadwal pencatatan dan pelaporan keuangan. Di satu sisi cara ini memang mudah namun juga memakan biaya dan kadang memaksa Anda harus meluangkan waktu untuk berguru sesaat mengenai sistem dalam jadwal tersebut.


Sebenarnya Anda tidak harus melaksanakan pembelian jadwal yang memakan biaya besar dan memakan waktu berguru yang panjang dan rumit. Karena faktanya dalam excel sekalipun Anda sudah sanggup menemukan sebuah sistem yang sanggup membantu Anda melaksanakan pencatatan, akumulasi dan pelaporan yang gampang dan cepat.


Baca juga: Panduan Mulai Penyusunan Pembukuan Akuntansi Keuangan


Sudah bukan diam-diam lagi, bagaimana mudahnya Anda mengakses excel dan bagaimana sebagian besar orang sudah cukup familier dengan jadwal bawaan microsoft ini. Bilapun banyak orang terbentuk dalam sistem perumusan untuk menyempurnakan sistem pengisian data, secara umum sistem perumusan dalam excel sendiri juga gampang untuk dimengerti.


Dan kali ini kami akan membantu Anda menemukan pola tabel penjualan dengan prinsip dan perumusan sederhana dalam excel memakai beberapa rumus menyerupai Vlook Up FALSE, Vlook Up TRUE, angka absolute, sistem operasi hitung dan sistem currency atau mata uang.


Dengan sistem ini Anda sanggup mendapat sebuah pola tabel penjualan yang sederhana dan gampang dioperasikan. Cukup dengan memasukkan data arahan barang atau nama barang, maka harga akan otomatis masuk, bahkan berikut dengan diskon dan beberapa termin jikalau diperlukan. Kemudian kompute juga dengan otomatis akan melaksanakan akumulasi pada simpulan periode.


Sebelum Anda menciptakan pola tabel penjualan, buat dulu sebuah tabel data yang berisikan daftar produk berikut dengan harga hukum diskon serta angka diskon, hukum termin dan angka termin sebagai dasar dari pengaturan data dalam tabel penjualan.


Setelah rampung dengan tabel data penjualan, maka Anda akan menciptakan tabel kedua yang nantinya akan difungsikan sebagai tabel pencatatan dan pelaporan keuangan. Tabel ini tidak diisi kecuali terjadi transaksi penjualan pada perusahaan. Dalam tabel ini terdapat lajur untuk arahan barang, nama barang, harga satuan, item dan total penjualan.


Contoh Tabel Penjualan Menggunakan Software Excel


Kemudian isi tiap bab dari lajur pada pola tabel penjualan dengan rumus sebagai berikut :


Nama barang 

Pada Cell Nama barang  (C5) ketikan rumus  =VLOOKUP(B5;Data!$B$4:$D$7;2;FALSE)

ket : vlookup dengan nilai false alasannya ialah bersifat tetap sesuai data acuan dan gunakan absolute $ biar data yang tercantum akan tetap ketika didrag/tarik rumusnya


Harga satuan

Pada Cell Harga satuan (D5) ketikan rumus =VLOOKUP(B5;Data!$B$4:$D$7;3;FALSE)


Ket : bekerja dengan cara yang sama dengan nama barang perbedaanya pada letak kolomnya yaitu di kolom 3


Total Harga

Pada Cell Total Harga (F5) ketikan rumus =D5*E5


ket : total harga = harga satuan x jumlah barang


Jumlah Harga

Pada Cell (F10) ketikan rumus =SUM(F5:F8)


ket : total dari semua harga barang pasca Anda kalikan dengan harga satuan


Diskon

Pada Cell (F11) ketikan rumus =VLOOKUP(F10;Data!F4:G7;2;TRUE)

ket : vlookup dengan nilai true alasannya ialah nilai diskon bersifat tidak tetap/berubah sesuai pembelian


Pembayaran

Pada Cell (F12) ketikan rumus =F10-((F10*F11)/100)

ket :  pembayaran = jumlah – Diskon 




Setelah Anda mengatur persoalan rumus data, maka saatnya untuk memakai sistem mata uang rupiah dengan memakai pengaturan format cell currency pilih rupiah (Rp). Klik pada bab terujung dari tabel dan drag ke seluruh bab tabel. Dan Anda siap dengan pola tabel penjualan pada Excel ini.


sumber gambar: elistingz.net



Sumber https://www.pojokbisnis.com

0 Response to "Contoh Tabel Penjualan Dengan Software Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel