iklan banner

Contoh Perjuangan Sampingan Di Rumah Dengan Produksi Tauge

Contoh Usaha Sampingan Di Rumah Dengan Produksi Tauge Contoh Usaha Sampingan Di Rumah Dengan Produksi TaugeMenjalankan bisnis agro tak selalu berarti mengharuskan Anda mempunyai lahan tanah luas dan subur. Karena beberapa perjuangan agro juga bisa Anda kembangkan di rumah Anda cukup dengan memanfaatkan sebuah ruangan kosong di belakang rumah Anda. Seperti referensi perjuangan sampingan di rumah yang satu ini.


Contoh perjuangan sampingan di rumah yang dijalankan oleh seorang ibu paruh baya berjulukan Nyoman Lemon, perjuangan produksi rumahan tauge. Wanita ini membuka perjuangan produksi tauge di area belakang rumahnya dikawasan Denpasar. Bahkan perempuan ini sudah menekuni perjuangan sampingannya ini semenjak 30 tahun kemudian hingga sekarang.


Anda sudah niscaya tidak absurd dengan sayuran berjulukan tauge bukan? Tauge sendiri ialah bentuk benih dari biji yang sudah dipanen, biasanya dibentuk dari kacang hijau, kacang kedelai hingga kacang tolo hitam.


Menurut Manmon demikian perempuan ini biasa disapa, proses pembuatan tauge bergotong-royong sangat gampang dan sederhana. Hanya saja diharapkan cukup ketekunan dalam proses pembuatannya mengingat proses manual yang masih harus dikerjakan setiap harinya. Karena proses yang gampang itulah maka produksi tauge sanggup menjadi salah satu contoh perjuangan sampingan di rumah.


Baca juga: Cara Bisnis Tanpa Modal Yang Bisa Anda Mulai Dari Rumah


Proses Pembuatan Tauge Sebagai Contoh Usaha Sampingan Di Rumah


Berikut ialah proses pembuatan tauge berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh Manmon.



  1. Cuci higienis kacang hijau atau kacang kedelai hingga bersih.

  2. Rendam kacang dalam air hingga sepenuhnya tenggelam. Diamkan selama setidaknya 6 hingga 8 jam hingga kacang tampak mengembang.

  3. Tiriskan dalam saringan bambu kemudian gunakan saringan bambu ini sebagai wadah pertumbuhan kecambah.

  4. Pasang saringan di atas ember, kemudian pasang lapisan plastik pada tepian saringan untuk menahan air. Biasanya lapisan plastik ini berasal dari bejana usang yang dirobek bab dindingnya. Dinding bejana ini dipasang bangkit di tepian saringan serapat mungkin.

  5. Sirami kacang dalam saringan ini setiap 3 jam hingga terendam, biarkan air tersaring masuk ke dalam bejana di bawahnya dan ulangi kembali langkah ini 3 jam kemudian.

  6. Lakukan perawatan ini selama 1 – 3 hari tergantung jenis kacang dan ukuran kecambah yang ingin dihasilkan.


Contoh perjuangan sampingan di rumah dengan produksi tauge ini mampu memproduksi sebanyak 70 kg kecambah setiap harinya dari 3 jenis kacang, Manmon bahkan hanya membutuhkan ruang perjuangan seukuran 8 x 8 m berupa ruang tertutup di belakang rumahnya. Sengaja ruangan ini didekatkan dengan sumur untuk memudahkan anutan air untuk kebutuhan penyiraman.


Untuk mempersiapkan produksi, setiap harinya Manmon mendatangkan suplai kacang dari seorang pemasok kacang di pasar. Mereka siap mengantarkan kacang pesananya sebanyak 80 kg pribadi kekediamannya. Diakui Manmon selama ini dia lebih kerap memakai jenis kacang impor alasannya ialah kualitas yang lebih terjaga dan suplai yang lebih pasti.


Faktanya jikalau sedang isu terkini tanam padi, tidak gampang untuk mendapat suplai kacang dengan lancar. Karena di daerah sekitarnya kacang hijau, kacang kedelai dan kacang tolo hitam hanya ditanam saat isu terkini tanam ketiga sebagai selingan dari padi. Itupun ditanam di isu terkini kemarau sehingga kacang cenderung kurus dan kecil, sehingga kurang nyaman untuk diolah menjadi tauge atau kecambah.


Masih soal suplai kacang ini, alasannya ialah sudah berlangganan selama puluhan tahun, kadang soal harga memang terbilang cukup bisa dikompromi. Kadang Manmon bisa mendapat harga miring di bawah harga pasaran.


Sementara untuk penjualan, Manmon lebih banyak mensuplai produksinya ke pasar. Sudah ada penampung tauge yang menjadi penadah produksi tauge miliknya setiap hari. Sehingga Manmon sama sekali tidak dibentuk repot untuk penjualan. Biasanya untuk harga jual penadah perkilonya antara 8 ribu hingga 9 ribuan.


Ini artinya dalam satu hari saja Manmon sudah bisa mengumpulkan omset setidaknya 640 ribu yang artinya juga bisa mendapat omset sekitar 19, 2 juta perbulan. Dari angka ini Manmon bisa menghasilkan margin sekitar 30%. Sebuah pendapatan yang tidak mengecewakan besar untuk sebuah contoh perjuangan sampingan di rumah.


Sebenarnya, Manmon akui ada banyak seruan lain yang juga masuk kepadanya, menyerupai seruan dari pedagang kuliner bahkan seruan dari restoran. Tetapi alasannya ialah perjuangan taugenya ini hanya sekedar dijalankan untuk mengisi waktu dan memanfaatkan ruang kosong saja, Manmon belum mempunyai rencana untuk meluaskan usahanya dan menambah kapasitas produksinya.


Untuk kapasitas usahanya kini saja, Manmon sudah melibatkan 3 orang karyawan untuk membantunya menjalankan usaha. Karena usahanya bersifat manual sementara untuk menjaga hasil yang baik kacang harus benar-benar mendapat suplai air setiap 3 jam sekali.


Bisa Anda bayangkan, dari sebuah referensi perjuangan sampingan di rumah dengan hanya mengandalkan ruang sisa di belakang rumah, Manmon bisa menghasilkan laba lebih dari  5 jutaan tiap bulan. Angka yang cukup menggiurkan bukan?


sumber gambar: suamiistri.co.id



Sumber https://www.pojokbisnis.com

0 Response to "Contoh Perjuangan Sampingan Di Rumah Dengan Produksi Tauge"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel