Cara Menciptakan Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar
Seperti yang Anda ketahui, surat lamaran kerja merupakan pintu pertama untuk mendapatkan pekerjaan. Semakin baik surat lamaran yang dibuat, semakin besar peluang Anda melangkah ke tes berikutnya.
Sayangnya, dari sejumlah surat lamaran yang dikirimkan ke beberapa perusahaan, Anda belum mendapatkan satu panggilan pun. Bisa jadi salah satu penyebabnya yaitu surat lamaran pekerjaan Anda belum baik dan benar di mata personalia perusahaan.
Saya percaya kondisi ini menciptakan Anda marah, resah, dan lelah. Namun, mohon jangan menyerah.
Anda bisa menciptakan surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Untuk tujuan tersebut, lakukan tahap-tahap berikut.
1. Cermati iklan lowongan kerja
Langkah pertama yaitu mencermati iklan lowongan kerja yang memuat posisi yang Anda incar. Iklan lowongan kerja tersebut mungkin Anda dapatkan dari media cetak atau situs lowongan kerja Indonesia.
Apa pun sumbernya, baca dengan teliti tanggung jawab dan kualifikasi yang diminta pengiklan. Dengan demikian, Anda tidak salah warta yang bisa berdampak fatal pada surat lamaran kerja yang akan dibuat.
2. Identifikasi keterampilan Anda yang relevan
Setelah mencermati iklan lowongan pekerjaan, identifikasi pengalaman kerja dan keterampilan Anda yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.
Tulis garis besar pengalaman dan keterampilan tersebut dalam kertas kosong atau buku saku Anda sehingga Anda tidak lupa. Jika memungkinkan, kumpulkan dokumen atau akta yang mendukung pengalaman dan keterampilan Anda tersebut.
3. Ketahui komponen surat lamaran kerja
Langkah ketiga yaitu mengetahui komponen surat lamaran kerja. Umumnya, surat lamaran pekerjaan terdiri dari tujuh komponen, yaitu:
a) Kepala Surat – Kepala surat (heading) umumnya terdiri dari nama, alamat, nomor telepon, dan email Anda. Letaknya di sebelah kanan.
b) Tanggal – Setiap surat harus mempunyai tanggal. Urutan tanggal dalam bahasa Indonesia yaitu hari, bulan, dan tahun (misal 11 Januari 2015).
Sementara itu, urutan penulisan tanggal dalam bahasa Inggris yaitu bulan, hari, dan tahun. Sebelum tahun disisipkan tanda baca koma (contoh January 11, 2015).
c) Alamat yang Dituju – Komponen ini biasanya berupa nama dan divisi yang dituju, berikut nama serta alamat perusahaan. Penulisannya dalam bentuk lurus (block format) yang diletakkan di sisi kiri.
d) Salam Pembuka – Salam pembuka umum digunakan dalam semua jenis surat. Biasanya salam pembuka berupa ‘Dengan hormat,’ (dalam bahasa Indonesia) atau ‘Dear Sir/Madam,’ (dalam bahasa Inggris).
d) Tubuh Surat – Tubuh surat merupakan komponen utama surat lamaran pekerjaan. Komponen ini umumnya berisi empat paragraf.
Paragraf pertama berisi posisi yang Anda lamar dan sumber warta lamaran. Paragraf kedua dan ketiga menjelaskan alasan mengapa Anda merasa bisa dan layak menempati posisi tersebut. Sementara itu, paragraf keempat berisi ungkapan rasa terima kasih dan impian Anda.
e) Salam Penutup – Salam epilog diletakkan di penggalan surat lamaran Anda. Salam ini umumnya berupa ‘Hormat saya,’ (dalam bahasa Indonesia) atau ‘Sincerely,’ (dalam bahasa Inggris).
f) Blok Tanda Tangan – Blok tanda tangan terdiri dari tanda tangan orisinil dan nama Anda yang diketik dengan memakai komputer.
4. Ketik surat lamaran kerja Anda
Langkah keempat yaitu mengetik surat lamaran kerja Anda dengan memakai komputer atau laptop. Di zaman kini ini, rasanya sudah tidak relevan lagi menciptakan surat lamaran kerja untuk perusahaan bonafid dengan mengetiknya di mesin ketik atau menulisnya di kertas.
Jangan khawatir kalau Anda tidak punya komputer atau laptop. Anda bisa ke rental komputer atau warung internet untuk mengetik surat lamaran Anda.
5. Baca ulang surat lamaran kerja yang dibuat
Langkah terakhir yaitu membaca ulang surat lamaran kerja yang gres Anda buat. Lakukan minimal 3 kali sehingga Anda bisa melihat apakah surat lamaran yang Anda buat itu sudah benar atau belum.
Selain itu, acara ini juga akan membantu Anda mengindentifikasi salah ketik yang bisa merugikan surat lamaran kerja Anda.
Contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Indonesia
Masih resah ihwal cara menciptakan surat lamaran kerja yang baik dan benar? Jangan khawatir.
Di bawah ini saya berikan teladan surat lamaran kerja dalam bahasa Indonesia untuk posisi accounting staff.
PT Maju Mundur Lestari, sebuah perusahaan perkilanan dan percetakan di Jakarta, membutuhkan tenaga profesional untuk mengisi posisi berikut: Accounting Staff (AS) Tanggung Jawab :
Kualifikasi :
Kirim surat lamaran kerja, CV, foto kopi KTP, dan foto 4×6 terbaru dalam 2 ahad sehabis iklan ini terbit ke: Departemen Personalia PT Maju Mundur Lestari Jl. Lebak Bulus No. 00A Jakarta 00000 |
Contoh surat lamaran kerja untuk posisi yang tercantum pada iklan di atas adalah:
Farhad Babas Susanto, S.E. Jl. Merengkuh Raya No. 000 Semarang 00000 Hp. 0813000000 Farhat.bs@gmail.com Semarang, 4 Oktober 2015 Departemen Personalia PT Maju Mundur Lestari Jl. Lebak Bulus No. 00A Jakarta 00000
Dengan hormat, Saya bermaksud melamar posisi Accounting Staff yang Anda iklankan di Kompas pada 30 September 2015. Saya merasa memenuhi semua persyaratan yang tertera di iklan lowongan kerja Anda. Dengan pengalaman kerja di bidang akunting selama lebih dari dua tahun, saya mengatakan laba pada persuahaan Anda. Saya bisa mengoperasikan software terkait akunting, ibarat MS Word, MS Excell, Zahir, dan Accurate. Selain itu, saya juga mempunyai pengalaman dalam akunting umum, pemrosesan payroll, analisis dan pengumpulan data finansial, acara perbankan, dan pelaporan pajak. Kekuatan pengalaman finansial saya terdiri dari penganggaran, pelaporan, pengauditan, dan pengelolaan anggaran tahunan. Untuk pertimbangan lebih lanjut Anda, saya lulusan S1 Akunting dari Universitas Indonesia. Saya seorang pekerja keras, fasih berkomunikasi dan menulis dalam bahasa Inggris, bertanggung jawab, sanggup dipercaya, dan bisa bekerja di bawah tekanan. Terima kasih atas perhatian Anda. Saya menanti kabar selanjutnya dari Anda. Salam, Farhad Babas Susanto, S.E. |
Contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris
Jika ditulis dalam bahasa Inggris, teladan surat lamaran kerja di atas menjadi ibarat ini:
Farhad Babas Susanto, S.E. Jl. Merengkuh Raya No. 000 Semarang 00000 Hp. 0813000000 Farhat.bs@gmail.com Semarang, October 4, 2015 Departemen Personalia PT Maju Mundur Lestari Jl. Lebak Bulus No. 00A Jakarta 00000 Dear Sir/Madam, I would like to apply for the post of Accounting Staff which you have advertised in Kompas on September 30, 2015. I believe I meet all the requirements listed in your advertisement. With over two years expericence in accounting, I offer immediate value to your company. I have good command of all the required sotware programs, including MS Word, MS Excell, Zahir, and Accurate. I am proficient in general accounting, payrol processing, data collection and analysis, banking activities, and tax reporting. My financial strength include budgeting, reporting, auditing, month-end closing, and managing annual budget process. For your further consideration, I have a bachelor degree in Accounting from Indonesia University. I am hardworking, have good command of English, responsible, trustworthy, and able to work well under pressure. Thank you very much for your attention. I am looking forward to hearing from you soon. Sincerely, Farhad Babas Susanto, S.E. |
Penutup
Membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar perlu keterampilan. Cobalah Anda menerapkan langkah-langkah yang telah saya jelaskan dalam menciptakan surat lamaran kerja apa pun.
Jangan ragu untuk memodifikasi teladan surat lamaran kerja di atas sehingga surat lamaran kerja yang Anda buat menjadi lebih baik.
Sumber https://www.duniakaryawan.com
0 Response to "Cara Menciptakan Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar"
Posting Komentar