iklan banner

Cara Menanam Cengkeh, Baca Panduan Singkatnya

Budidaya cengkeh merupakan salah satu peluang perjuangan yang sangat berpotensi memperlihatkan keun Cara Menanam Cengkeh, Baca Panduan Singkatnya
gambar cara menanam cengkeh

Budidaya cengkeh merupakan salah satu peluang perjuangan yang sangat berpotensi memperlihatkan laba bagi Anda. Kebutuhan cengkeh dalam negeri maupun luar negeri akan cengkeh mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Disamping itu pula, cengkeh kering sanggup berfungsi menyerupai emas, sanggup Anda simpan dalam waktu usang dan dijual pada dikala Anda membutuhkannya.


Cara menanam cengkeh harus benar benar dilakukan oleh orang yang tekun dan mempunyai niat yang tinggi. Sebab masa panen tumbuhan cengkeh terbilang usang jikalau Anda membandingkan dengan tumbuhan lainnya menyerupai apel, palawija, maupun jenis budidaya tumbuhan sayuran.


Namun demikian, cara menanam cengkeh mempunyai laba sanggup dipanen berkali – kali dan masa produktivitas tumbuhan cengkeh terbilang cukup lama.


Berikut yaitu beberapa tahap cara menanam cengkeh :


1. Mendapatkan Bibit Cengkeh


Sebelum melangkah lebih jauh, cara menanam cengkeh yang pertama tentu saja yaitu mendapat bibit cengkeh unggul yang sudah terbukti kualitasnya.


Untuk mendapat bibit cengkeh unggulan, sebaiknya Anda mengunjungi pusat budidaya cengkeh disekitar Anda. Dapatkan bibit cengkeh yang sudah terang terbukti kualitas panennya  serta bebas dari segala macam hama penyakit.


2. Persiapan Lahan


Cara menanam cengkeh berikutnya yaitu menyiapkan lahan untuk menanam bibit cengkeh unggul yang sudah Anda peroleh. Untuk mempersiapkan lahan lakukan tahap tatap sebagai berikut :



  • Lakukan pencucian lahan yang akan dipakai untuk budidaya cengkeh dari tumbuhan – tumbuhan pengganggu, gulma, serta rumput liar.

  • Cangkul tanah semoga menjadi gembur, kemudian diamkan selama kurang lebih 1 ahad semoga gas beracun di dalam tanah terbawa angin.

  • Jika tanah ber PH kurang dari 5, maka sebaiknya berikan kapur dolomit dengan takaran 1 ton per 1 hektar lahan semoga tanah tidak terlalu asam. Tanah yang terlalu asam tibak baik bagi cara menanam cengkeh.

  • Buatlah lubang tanam dengan ukuran 75 x 75 x 75 cm dan berikan pupuk sangkar kedalam lubang tersebut untuk memperkaya unsur hara tanah.

  • Kemudian diamkan lubang terkena terpaan sinar matahari selama kurang lebih 1 bulan untuk menyatukan pupuk dan tanah, serta menghilangkan gas beracun yang terkandung di dalam tanah.


3. Cara Menanam Cengkeh


Setelah lahan tanam dan bibit cengkeh unggulan telah dipersiapkan, selanjutnya tinggal pindahkan bibit kedalam lubang tanam. Cara menanam cengkeh sebaiknya dimulai pada dikala awal demam isu penghujan semoga bibit cengkeh mendapatkancurahan air hujan yang cukup.


Jarak antara satu tumbuhan cengkeh dengan yang lainnya bervariasi tergantung keadaan lahan, topografi, serta luas dari lahan yang Anda gunakan.


Umumnya jarak antar tumbuhan cara menanam cengkeh yaitu 8 x 8 m atau 7 x 7 m.  namun dibeberapa masalah tertentu yang membutuhkan kerapatan tanaman, maka sanggup dibuatkan jarak antara tumbuhan cengkeh 5 x 5 m maupun 4 x 4 m.


4. Pemeliharaan Tanaman Cengkeh


Setelah bibit ditanam di lahan, cara menanam cengkeh semoga menghasilkan panen yang maksimal tentunya juga membutuhkan tahap perawatan tanaman. Perawatan tumbuhan cengkeh termasuk perawatan periode yang panjang selama tumbuhan cengkeh tersebut dirasa masih produktif dan hasil panen masih memuaskan.


Cara menanam cengkeh pada periode usia tanam 1 sampai 5 tahun merupakan masa kritis dimana tumbuhan cengkeh sangat rawan terhadap ajal yang disebabkan oleh banyak sekali faktor diantaranta terjangkit hama penyakit, tidak mendapat sinar matahari serta pasokan air tanah yang cukup.


Sebaiknya lakukan penggemburan lahan setiap 6 bulan sekali pada tanah sekitar tanaman. Pada tahap ini Anda juga sanggup melaksanakan tahap penyiangan sekaligus yaitu membersihkan lahan dari gulma, maupun rumput liar yang sanggup mencuri kandungan unsur hara yang sebetulnya sangat dibutuhkan tumbuhan cengkeh.


Cara menanam cengkeh juga memerlukan tahap penyulaman, yaitu mengganti beberapa tumbuhan cengkeh yang mati jawaban pengaruh-pengaruh dari lingkungan sekitar dengan bibit cengkeh yang gres semoga tumbuhan di dalam lahan tumbuh seragam.


Penyiraman tumbuhan juga diharapkan dalam cara menanam cengkeh, terlebih lagi pada dikala demam isu kemarau datang dan usia tumbuhan masih terbilang muda. Lakukan penyiraman rutin setiap pagi dan sore hari, kecuali pada tumbuhan cengkeh yang sudah berusia lebih dari 2 tahun, penyiraman sudah sanggup dikurangi intensitasnya.


Jangan lupa untuk melaksanakan pemupukan susulan setiap 6 bulan sekali semoga tumbuhan cengkeh mendapat pasokan unsur hara yang cukup. Cara menanam cengkeh tahap pemupukan susulan dengan cara cangkul tanah mengitari tumbuhan dengan jarak 1 meter dari tanaman. Kemudian berikan pupuk sangkar kedalam lubang yang sudang dibentuk tersebut kemudian tutup kembali dengan tanah.


5. Masa Panen


Cara menanam cengkeh yang terakhir yaitu masa memanen bunga cengkeh. Umumnya tumbuhan cengkeh mulai menghasilkan bunga yang sanggup dipanen sesudah menginjak usia tanam 5 sampai 7 tahun tergantung dari varietas cengkeh yang Anda tanam.


Panenlah cengkeh sesudah berwarna matang, berisi, dan akan lebih baik lagi jikalau panen sebelum bunga cengkeh tersebut mekar. Setelah dipanen, Anda sanggup eksklusif menjualnya maupun dijemur dahulu dibawah terik matahari sampai kering kemudian disimpan di dalam karung dan ditempatkan di gudang yang kering.


Demikianlah cara menanam cengkeh yang baik, yang sanggup menambah penghasilan Anda dan keluarga. Memiliki tabungan cengkeh kering di gudang dengan tonase yang banyak merupakan investasi yang menjanjikan dikarenakan harga cengkeh yang diprediksi akan terus naik dari tahun ke tahun.




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Cara Menanam Cengkeh, Baca Panduan Singkatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel