iklan banner

Cara Melaksanakan Evaluasi Kinerja Yang Efektif

 yaitu upaya menilai prestasi dengan tujuan meningkatkan produktivitas karyawan maupun pe Cara Melakukan Penilaian Kinerja yang Efektif

Penilaian kinerja (performance appraisal), juga disebut tinjauan kinerja, penilaian kinerja, atau penilaian karyawan, yaitu upaya menilai prestasi dengan tujuan meningkatkan produktivitas karyawan maupun perusahaan.

Sayangnya, tujuan tersebut sering tidak tercapai alasannya yaitu tidak sedikit perusahaan yang melaksanakan penilaian kinerja yang kurang baik.

Dampaknya yaitu demotivasi kerja dan turunnya pencapaian target perusahaan dari tahun ke tahun.

Guna menghindari dampak-dampak negatif tersebut, tidak ada jalan lain, perusahaan harus melaksanakan penilaian kinerja yang efektif.

Berikut kriteria dan langkah-langkah penilaian kinerja yang efektif.

Kriteria Penilaian Kerja yang Efektif

Menurut Michael Adryanto, dalam bukunya Tips and Tricks for Driving Productivity: Strategi dan Teknik Mengelola Kinerja untuk Meningkatkan Produktivitas, penilaian kinerja hanya akan efektif jikalau dilakukan secara fair dan objektif.

Fair yaitu menurut standar yang telah disepakati, sedangkan objektif yaitu nilai-nilai yang diberikan sesuai dengan tingkat pencapaian.

Agar penilaian fair, ada lima elemen yang harus diperhatikan:

  1. Sasaran kinerja yang jelas
  2. Sasaran disepakati bersama
  3. Sasaran berkaitan dengan uraian jabatan
  4. Pertemuan tatap muka
  5. Diskusi

Sementara itu, untuk melaksanakan penilaian yang objektif, Anda harus mempertimbangkan enam elemen di bawah ini:

  1. Data aktual
  2. Perilaku karyawan yang positif dan negatif
  3. Keberanian atau ketegasan Anda
  4. Sistem penilaian yang terstruktur
  5. Formulir yang tidak rumit
  6. Kemampuan menilai

Proses Penilaian Kinerja

Berikut yaitu langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk menilai kinerja anak buah atau pegawai Anda.

1. Persiapkan data-data yang dibutuhkan

Langkah pertama yaitu mempersiapkan data-data yang berkaitan dengan sikap dan kinerja bawahan Anda.

Ini sanggup berupa catatan, laporan, hasil bimbingan terakhir, dan sebagainya.

2. Buat penilaian

Gunakan data-data yang telah dipersiapkan tersebut sebagai landasan menilai dan menawarkan umpan balik. Penilaian dan umpan balik ini umumnya termasuk sebagai draf penilaian (sementara).

Meskipun demikian, Anda tetap harus serius membuatnya.

3. Diskusikan dengan atasan langsung

Langkah selanjutnya yaitu mendiskusikan penilaian dan umpan balik sementara dengan atasan eksklusif Anda.

Tujuannya, untuk memutuskan penilaian selesai yang fair dan objektif.

4. Selenggarakan pertemuan dengan bawahan Anda

Setelah penilaian selesai diputuskan, selenggarakan pertemuan dengan bawahan Anda.

Pertemuan ini seyogianya dilangsungkan di kawasan dan waktu yang nyaman (misalnya kantor Anda atau ruang rapat) sehingga Anda berdua tidak terganggu kegiatan lain.

5. Serahkan hasil penilaian kepada bawahan Anda

Langkah kelima yaitu menyerahkan hasil penilaian kepada bawahan Anda. Jangan lupa, berikan waktu yang memadai semoga karyawan yang bersangkutan membaca hasil tersebut.

6. Bahas hasil penilaian

Langkah selanjutnya yaitu membahas hasil penilaian Anda. Dalam pembahasan ini, kemukakan dasar penilaian Anda dengan bahasa yang positif dan ukurannya (misal pengukuran motivasi).

Setelah itu, berikan kesempatan bawahan Anda untuk memberikan pendapat atau tanggapan.

Mungkin saja ia mempunyai pandangan yang berbeda atas penilaian yang Anda berikan.

Terima argumentasi tersebut kemudian diskusikan lebih lanjut sehingga Anda berdua sanggup menyepakati penilaian akhirnya.

7. Informasikan rencana pengembangan

Langkah terakhir yaitu menginformasikan rencana pengembangan untuk bawahan Anda. Rencana ini sanggup berupa pelatihan, promosi jabatan, penugasan, atau permagangan.

Seperti halnya langkah keenam, langkah ini bertujuan untuk mendapat komitmen bersama semoga pengembangan tersebut berjalan dengan lancar dan berhasil guna (efektif).

Penutup

Dengan mengetahui kriteria dan langkah-langkah di atas, Anda sanggup melaksanakan penilaian kinerja yang efektif. Dengan demikian, penilaian kinerja tidak lagi menjadi kegiatan yang menegangkan atau sia-sia.

Ujung-ujungnya, produktivitas karyawan, unit kerja, dan perusahaan meningkat dari tahun ke tahun. (Sumber gambar: Melanie Holtsman)


Sumber https://www.duniakaryawan.com

0 Response to "Cara Melaksanakan Evaluasi Kinerja Yang Efektif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel