iklan banner

7 Tips Biar Hari Pertama Kerja Anda Menyenangkan

Mendapat pekerjaan merupakan pengalaman yang menggembirakan dan tidak terlupakan 7 Tips Agar Hari Pertama Kerja Anda Menyenangkan

Mendapat pekerjaan merupakan pengalaman yang menggembirakan dan tidak terlupakan. Terlebih bagi Anda yang fresh graduate.

Anda mungkin menceritakan hal tersebut pada orang tua, pacar, teman-teman, atau kerabat. Bukan hanya itu, Anda mungkin berjingkrak-jingkrak sendiri di kamar Anda sehabis mengucapkan syukur.

Namun, apa yang akan dilakukan pada hari pertama masuk kerja? Anda khawatir menghadapi hari pertama kerja?

Santai saja. Hari pertama di tempat kerja gres sanggup menyenangkan. Berikut 7 tips yang akan membantu Anda mewujudkannya.

1. Menemui atasan langsung

Karyawan gres biasanya tidak pribadi bekerja. Oleh alasannya yaitu itu, hal pertama yang Anda lakukan yaitu menemui atasan pribadi Anda.

Jika Anda menemui atasan langsung, Anda akan:

  • Menunjukkan rasa hormat Anda kepada atasan pribadi yang memang berperan besar pada penerimaan Anda
  • Dapat mengenal lebih dekat atasan pribadi sehingga sanggup lebih gampang menjalin komunikasi
  • Dapat bertanya perihal tantangan dan kiprah yang akan Anda kerjakan
  • Dapat bertanya perihal pengalaman-pengalaman atasan Anda yang relevan dengan posisi Anda
  • Dapat bertanya mengenai peraturan perusahaan

Mohon diingat, atasan pribadi Anda merupakan orang yang akan memilih nasib Anda.

Seperti yang mungkin Anda ketahui, sebagai karyawan gres Anda akan menjalani masa percobaan yang umumnya berjalan selama satu tahun.

Oleh alasannya yaitu itu, dengan cepat-cepat menemuinya langsung, Anda secara tidak pribadi telah menunjukkan siap berkerja sama dengan ia dalam mencapai target unit kerja Anda.

2. Menemui Manajer Departemen

Jika Anda bekerja di subdepartemen, mintalah kepada atasan Anda untuk memperkenalkan Anda kepada Manajer Departemen.

Seandainya atasan gres Anda sibuk, mintalah alamat Manajer Departemen tersebut sehingga Anda sanggup sendiri menemuinya.

Seperti halnya menemui atasan langsung, dengan menemui Manajer Departemen, Anda bersilaturahmi dan menunjukkan siap bekerja meraih target departemen tersebut.

3. Memperkenalkan diri ke teman-teman baru

Setelah menemui bos-bos gres Anda, temuilah teman-teman kerja gres Anda. Kenalkan diri Anda secara ramah.

Misalnya, Anda sanggup memperkenalkan asal daerah, latar belakang pendidikan, pengalaman, atau status Anda.

Jangan khawatir dengan perilaku teman-teman gres Anda tersebut alasannya yaitu mereka akan merespons dengan baik sepanjang Anda memperkenalkan diri dengan baik.

Jika perlu, tukaran nomor handphone atau minta foto bersama demi meningkatkan keakraban. Hal ini penting alasannya yaitu sanggup saja beberapa dari mereka akan menjadi bab penting dalam proyek-proyek gres Anda.

4. Menemui staf personalia

Anda mungkin juga harus menemui staf personalia untuk mengurus kelengkapan manajemen sebagai karyawan baru.

Kelengkapan ini sanggup berupa kartu identias, perlatan safety, data pembayaran gaji, ijazah dan surat keterangan kelakuan baik, dan dokumen pertauran perusahaan yang berisi hak dan kewajiban Anda sebagai karyawan.

Jangan khawatir bila Anda tidak tahu tempat staf personalia tersebut. Tanyalah pada atasan Anda atau temen-teman gres Anda mengenai hal tersebut.

5. Menata ruangan Anda

Jika Anda sudah diberikan ruangan pada hari pertama kerja, tatalah ruangan tersebut. Anda tidak perlu detail menatanya alasannya yaitu hal tersebut sanggup menguras waktu Anda.

Anda cukup menata bagian-bagian penting saja, contohnya letak meja, letak kursi, mengecek AC, atau melap permukaan meja.

Usahakan Anda melakukannya sendiri, tanpa menyuruh petugas kebersihan. Mengapa?

Selain Anda belum mengenal petugas tersebut, Anda juga sedang melaksanakan pemanasan terhadap ruangan kerja Anda yang akan dipakai sehari-hari.

6. Meninjau lingkungan kerja

Cobalah meninjau lingkungan tempat Anda bekerja. Peninjauan ini sanggup dilakukan antara lain dengan:

  • melihat bagaimana karyawan lain bekerja
  • mengidentifikasi gejala keselematan gedung
  • melihat bab luar gedung
  • berkunjung kantin
  • meninjau mushola (jika Anda muslim)

Jika perlu, bertanyalah pada satu atau dua karyawan di sana untuk menjelaskan mekanisme keselamatan atau hal lain terkait pekerjaan di tempat tersebut.

Dengan demikian, Anda akan menerima citra menyerupai apa suasana kerja yang akan Anda alami ke depannya.

7. Membuat rekening baru

Anda mungkin harus menciptakan rekening gres bila Anda belum mempunyai rekening bank yang disyaratkan perusahaan untuk mengirimkan honor Anda.

Mintalah staf personalia untuk mengantar Anda ke bank yang dimaksud.

Manfaat lain dari acara ini yaitu Anda sanggup mengenal lingkungan di luar perusahaan ketika menuju bank. Sekali mendayung dua pulau terlampaui, bukan?

Penutup

Hari pertama kerja tidaklah mesti dicemaskan atau dikhawatirkan. Anda sanggup dengan gampang menghadapinya secara menyenangkan. Oleh alasannya yaitu itu, cobalah melaksanakan satu atau beberapa tips di atas.


Sumber https://www.duniakaryawan.com

0 Response to "7 Tips Biar Hari Pertama Kerja Anda Menyenangkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel