iklan banner

5 Ciri Modul Komputer Yang Gampang Dipelajari Oleh Siswa

ciri ciri modul komputer yang baik yang simpel dipelajari 5 Ciri Modul Komputer Yang Praktis Dipelajari Oleh Siswa


Bagi anda yang ingin mengajar menggunakan modul komputer, dan sebelumnya belum pernah memakai modul komputer untuk materi mengajarnya, sebaiknya ketahui dahulu beberapa hal mengenai modul, khususnya modul pelajaran komputer. Tidak semua modul komputer sanggup membantu anda dalam mempermudah transfer materi pelajaran komputer, alasannya yaitu ada saja modul yang tidak simpel untuk dipelajari karena penyajian materi dalam modul tidak terang serta kurangnya petunjuk / isyarat dalam bentuk visual.


Untuk itu ketahui 5 ciri modul pelajaran komputer yang simpel dipelajari, ciri-ciri tersebut sanggup anda jadikan contoh sebelum memakai modul yang mungkin anda memperolehnya dengan cara membelinya.


1. Materi yang disajikan dalam modul runtut


Modul komputer yang baik materinya runtut sesuai silabus. Ciri-ciri materi yang runtut disajikan dengan penulisan materi 1, materi 2, materi 3 dan seterusnya. Setiap materi merupakan materi bimbing dari kompetensi dasar (KD), bukan materi khayalan penyusun modul.


2. Gaya bahasa penulisan simpel dipahami oleh siapapun


Biar bagaimanapun bahasa merupakan alat komunikasi utama. Sebagai alat komunikasi maka harus bisa dipahami oleh orang yang diajak berkomunikasi, siapa yang diajak berkomunikasi, ya pengguna modul.


Apa jadinya karena gaya bahasa penulisan modul terlalu baku, padahal modul tersebut dipakai oleh belum dewasa usai sekolah dasar, niscaya belum dewasa tersebut tidak akan bisa memahami apa yang mereka baca sehingga materi yang sudah ditulis panjang lebar ternyata tidak dipahami.


Gaya bahasa penulisan modul sebaiknya gaya bahasa sehari-hari yang simpel dipahami oleh siapapun. Apalagi kalau yang akan memakai modul yaitu anak-anak, maka menyederhanakan bahasa yaitu suatu keharusan.


3. Petunjuk / langkah-langkah penggunaan sajian memakai visual yang jelas


Bukan cuma gaya bahasa yang mesti diperhatikan, petunjuk atau langkah praktik juga harus menerima perhatian khusus.


Bukan modul komputer namamnya kalau isinya cuma teks doang. Modul pengoperasian aplikasi komputer harus disertai dengan petunjuk langkah penggunaan sajian dengan visualisasi yang jelas.


Ada screenshoot tampilan sajian yang digunakan, ada petunjuk step by step, biasanya dengan memakai petunjuk berupa anak panah, dan disertai pula dengan keterengan yang jelas, sehingga pengguna simpel mengikuti petunjuk dalam modul tersebut.


4. Ada soal-soal latihannya


Jangan lupa, modul yang baik mestinya disertai dengan soal-soal latihan. Baik latihan praktik maupun latihan teori.


Bisanya latihan praktik dibentuk sesudah petunjuk memakai sajian tertentu selesai ditampilkan, kemudian setelahnya untuk menguji pemahaman pengguna modul, maka dilengkapi dengan soal latihan praktik.


Dan untuk menguji pemahaman pengguna secara teoritis biasanya penyusun modul juga melengkapi soal-soal latihan teori, biasanya soal ini dipakai untuk ulangan harian dan ulangan umum semester.


Mungkin kriteria modul yang simpel dipelajari, berbeda-beda.


Lain orang lain pendapat.


Mungkin pendapat anda juga berbeda wacana ciri-ciri modul yang simpel dipelajari oleh siswa tersebut.


Tapi empat kriteria diatas merupakan ciri-ciri modul yang berdasarkan saya simpel dipahami dan simpel dipelajari oleh siswa. Jika salah satu kriteria diatas tidak ada, maka saya menganggap modul tersebut tidak simpel dipelajari oleh siswa.


Ciri modul komputer yang baik berdasarkan para ahli


Kriteria modul yang baik dari buku yang saya baca, judul bukunya “media pembelajaran yang ditulis oleh Drs.Rudi Susilana, M.Si dan Cepi Riana, M.Pd bahwa ciri modul yang baik tersebut mempunyai ciri sebagai berikut:


Modul harus bersifat Self Contained, artinya seluruh materi pembelajaran dari satu kompetensi atau sub kompetensi terdapat dalam satu modul secara utuh.


Modul harus bersifta Stand alone (berdiri sendiri), artinya modul yang dibentuk tidak tergantung kepada materi bimbing lain atau tidak harus dipakai bantu-membantu dengan materi bimbing lain. Dengan memakai modul siswa tidak usah lagi memakai materi bimbing lain, cukup dengan modul.


Modul hendaknya bersifat adaptif. Artinya isi modul tersebut sanggup menyesuaikan dengan perkembangan ilmu dan teknologi serta fleksibel dipakai diberbagai tempat. Misalnya modul berisi penggunaan softare, maka software yang dipakai bisa dalam jangka waktu lama, bukan temporer.


Modul hendaknya mempunyai sifat user friendly. Artinya, simpel dipahami dan dipakai oleh pemakainya. Maksudnya tidak ribet dengan bahasa baku yang panjang lebar, melebar kemana-mana yang pada kesudahannya pengguna tidak bisa mempraktikan petunjuk materi dalam modul tersebut.


Lihat: Modul TIK/Komputer Kelas 1 SD


Penutup


Menentukan kriteria modul komputer yang baik, yang simpel dipahami dan dipelajari oleh siswa tidak susah, dengan membaca dan melihat isi modul kita bisa pribadi menyimpulkan apakah modul tersebut simpel dipahami atau susah.


Gampang dipahami oleh orang banyak, bukan cuma simpel dipahami oleh orang tertentu saja. Kalau modul tersebut sudah bisa dipahami oleh orang banyak maka modul komputer tersebut sudah mempunyai kriteria modul yang simpel dipelajari.


Kalau modul komputer yang nantinya akan dipakai oleh siswa, maka cara memahaminya yaitu dengan seakan-akan kita yaitu siswa, dengan memposisikan kita sebagai siswa tentu kita sanggup menilai apakah modul itu simpel dipelajari atau susah dipelajari.


Artikel ringan ini ditulis oleh: Mulyadi Tenjo

Guru Sekolah Menengah kejuruan pada mapel produktif Multimedia



Sumber https://modulkomputer.com

0 Response to "5 Ciri Modul Komputer Yang Gampang Dipelajari Oleh Siswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel