iklan banner

4 Hal Yang Perlu Anda Lakukan Dikala Mengambil Kpr

Anda yang akan pertama kali mengambil kredit pemilikan rumah  4 Hal yang Perlu Anda Lakukan Saat Mengambil KPR

Anda yang akan pertama kali mengambil kredit pemilikan rumah (KPR), siap-siaplah merasa kaget. Pasalnya, Anda akan menerima banyak tekanan keuangan dan diharuskan lebih berhati-hati dalam mengatur administrasi keuangan pribadi dan rumah tangga.

Seperti diketahui, kini ini membeli rumah di kawasan perkotaan bagai angan-angan saja.

Mengapa? Karena nominal yang harus Anda siapkan terbilang fantastis dan menciptakan sebagian besar orang sulit untuk mencapainya.

Memang kedala di atas akan terbantu dengan adanya KPR. Akan tetapi, bila Anda salah menentukan KPR, Anda akan dihadapkan banyak sekali masalah.

Ini antara lain bunga tinggi, biaya pinalti, biaya notaris dan biaya lainnya yang menciptakan kepala Anda seakan mau pecah.

Guna membantu Anda yang berencana atau sedang mengambil KPR, setidaknya Anda empat hal yang harus Anda lakukan.

1. Langsung potong penghasilan Anda

Saat gajian, sebaiknya Anda pribadi memotong honor Anda untuk dialihkan membayar cicilan. Jangan menunda-nunda, alasannya yaitu sanggup saja Anda terlena dan malah melupakan kewajiban.

Manfaatkan akomodasi autodebet tabungan Anda. Dengan begini, honor Anda akan dipotong otomatis sebesar jumlah cicilan dan ditransfer ke rekening pembayaran KPR Anda.

Contoh:

Jika penghasilan Anda sebesar Rp 10 juta per bulan, dan cicilan Anda sebesar 30% dari penghasilan, maka penghasilan Anda yang harus disisihkan yaitu Rp 3 juta.

Uang ini dihentikan disentuh untuk pengeluaran lain. Sementara itu, untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, Anda sanggup memakai sisa honor Anda yang sebesar Rp 7 juta.

Tentunya, sisa honor ini harus dikelola secara efektif biar semua kebutuhan bulanan Anda terpenuhi.

2. Jangan berutang lagi

Saat Anda sedang mengambil KPR, Anda sebaiknya tidak berutang lagi. Jika Anda mempunyai pelengkap utang, tentunya Anda akan semakin sulit dalam mengatur keuangan dan semakin susah pula Anda membayar total tagihan.

3. Kurangi belanja konsumtif

Sangat bijaksana apabila Anda mengurangi kebutuhan konsumtif menyerupai midnight sale, diskon atau makan di restoran mahal.

Batasi pengeluaran yang muncul alasannya yaitu gaya hidup Anda. Belilah barang yang benar-benar dibutuhkan, berhenti merokok, dan memasak sendiri di rumah daripada makan di luar.

4. Dapatkan proteksi keluarga

Bagi Anda yang sudah berkeluarga, sebaiknya Anda minta proteksi dari keluarga untuk sanggup mewujudkan cita-cita mempunyai rumah sendiri.

Berilah pengertian kepada belum dewasa bahwa Anda mungkin tidak akan sering-sering membelikan mainan baru, atau tidak sering-sering keluar malam.

Selain itu, kurangi juga agenda liburan selesai pekan.

Jangan lupa, luangkan waktu melaksanakan riset perihal kondisi kuangan Anda dengan mempelajari catatan keuangan, serta mempersiapkan apa saja yang harus Anda lakukan biar tidak besar pasak dari pada tiang.

Ini harus benar-benar diniatkan dari kini sehingga Anda mulai menjadi pribadi yang disiplin dalam mengatur keuangan.

Penutup

Dengan mengetahui keempat hal di atas, Anda tidak akan terjerumus dalam kubangan utang KPR sehingga rumah idaman didapatkan tanpa mengganggu keuangan rumah tangga Anda.

Selain itu, bila Anda memerlukan isu mendalam perihal kredit tanpa agunan (KTA), silakan lihat isu pinjaman KTA dari HaloMoney.co.id.

Tentang Penulis: Jihan Ariya Wiyana yaitu staf marketing HaloMoney.co.id, sebuah situs keuangan yang membandingkan banyak sekali produk keuangan, menyerupai kartu kredit dan KTA. (Sumber gambar: USDA)


Sumber https://www.duniakaryawan.com

0 Response to "4 Hal Yang Perlu Anda Lakukan Dikala Mengambil Kpr"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel