iklan banner

Sering Mengalami Pusing Dalam Menjalani Hidup? Inilah Penyebab Utama Dan Solusinya !!

Penyebab utama stres dan depresi yakni suatu hal penting yang harus kita ketahui, terutama bagi sobat yang sering mengalami hal tersebut dalam menjalani proses kehidupan ini.


Sebelum membahas permasalahan dan cara mengatasinya, tiada salahnya kita bahas terlebih dahulu pengertian depresi dan stres itu sendiri.

Dilansir dari Wikipedia pengertian depresi yakni suatu kondisi medis berupa perasaan murung yang berdampak negatif terhadap pikiran, tindakan, perasaan, dan kesehatan mental seseorang. Gejala umum yang dialami orang yang sedang depresi umumnya yakni mengalami perasaan sedih, cemas, atau kosong, selain itu mereka juga cenderung merasa terjebak dalam kondisi yang tidak ada harapan, tidak ada pertolongan, penuh penolakan, atau perasaan tidak berharga. Gejala-gejala lain yang mungkin muncul yakni perasaan bersalah, gampang tersinggung, atau kemarahan. Lebih jauh, individu yang mengalami depresi juga sanggup merasa aib atau gelisah.

Sementara pengertian stres yakni gangguan mental yang dihadapi seseorang akhir adanya tekanan. Tekanan ini muncul dari kegagalan individu dalam memenuhi kebutuhan atau keinginannya. Tekanan ini bisa berasal dari dalam diri, atau dari luar. Dari pengertian ini, penulis beropini bahwa stres yakni penyebab utama dari pada penyakit depresi. Sehingga jikalau kita bisa menghindari keadaan ini pada diri kita, maka kita pun akan bisa terlepas dari depresi tersebut.

Masih dilansir dari sumber yang sama, bahwa berdasarkan para andal pengertian stres itu bermacam-macam, diantaranya yakni :

  • Pengertian stres yakni respon non spesifik dari badan di setiap tuntutan.
  • Pengertian stres yakni suatu kondisi yang menekan keadaan psikis seseorang dalam mencapai sesuatu kesempatan di mana untuk mencapai kesempatan tersebut terdapat batasan atau penghalang.
  • Pengertian stres yakni adanya ketidakseimbangan antara tuntutan (fisik dan psikis) dan kemampuan memenuhinya. Gagal dalam memenuhi kebutuhan tersebut akan berdampak krusial
  • Pengertian stres yakni jawaban seseorang, baik secara fisik maupun secara mental terhadap suatu perubahan di lingkungannya yang dirasakan mengganggu dan menimbulkan dirinya terancam
Penyebab Utama Stres dan Cara Mengatasinya


Disadari atau tidak setiap hari kita mempunyai keinginan, dan penyebab utama dari rasa pusing yang sobat alami dalam menjalani kehidupan ini yakni alasannya yakni keinginan sobat sendiri.

Banyak sekali jenis keinginan insan itu, mulai dai pekerjaan, sampai keinginan untuk bisa menikah namun tak jua bisa dilaksanakan, dikarenakan belum dipertemukan dengan jodohnya. Ketika banyak sekali keinginan tersebut tidak sanggup dipenuhi, maka seseorang umumnya bisa mengalami yang namanya stres.


Solusi Stres yang Paling Utama Adalah Memperbaiki Keinginan yang Salah

Disadari atau tidak setiap waktunya insan senantiasa mempunyai keinginan yang ingin dicapai. Keinginan yang salah yakni pemicu utama seseorang sanggup mengalami stres. Ok sebelum membahas lebih jauh, coba sobat tanyakan pada diri sobat semua apakah keinginan sobat yang lebih secara umum dikuasai ada, pada diri sahabat setiap waktunya ? Apakah ingin mempunyai pendamping cantik, rumah mewah, sukses dan lainnya ?


Umumnya keinginan yang secara umum dikuasai yakni bersifat materialistik, utamanya yakni uang. Kebutuhan primer, skunder, sampai tersier, telah menjadikan uang seakan raja yang banyak dipuja manusia. Sehingga tak sedikit insan yang menghambakan dirinya pada uang. Bekerja dan berkarya tujuan utamanya yakni uang, dan inilah akar utama penyebab stres yang sesungguhnya.


Ketika uang menjadi secara umum dikuasai dalam hati dan pikiran seseorang, maka Tuhan bisa dinomor duakannya, sampai karenanya mereka banyak yang tak peduli lagi dengan halal haram. Inilah salah satu penyebab paling besar banyaknya terjadi kejahatan di negeri ini, yang kita sama-sama menyepakatinya dengan memberi nama koruptor.


Lain halnya jikalau keinginan seseorang sudah baik, benar, dan sudah sepatutnya, tentu banyak sekali dampak jelek semisal stres. tidak akan dialami orang tersebut. Keinginan utama yang paling baik yakni beribadah dan mencari keridhoan Tuhan.

Ketika niat tersebut menancap berpengaruh nan kokoh pada hati seseorang, maka segala hal yang terjadi yang dialaminya akan senantiasa ia nikmati, sebagai ujian dari Tuhan. Ia percaya, jikalau ujian yakni bentuk perhatian Tuhan untuk meningkatkan derajatnya. Dampak lain dari keinginan ini, dirinya akan terus termotivasi untuk mendalami aliran Agama yang dianutnya.

Sehingga dengan demikian, maka orang yang bersangkutan akan semakin bijaksana dalam menjalani hidup. Karena sebaik-baik perilaku hidup yakni yang bersumber dari aliran Agama, salah satunya senantiasa melihat ke bawah untuk urusan dunia, dan senantiasa melihat ke atas untuk urusan Akhirat. 

Salah satu aliran Islam yang luhur ini, akan menciptakan seseorang senantiasa bersyukur pada Tuhannya, dan akan senantiasa berjuang untuk meningkatkan amal ibadahnya. Inilah hal utama yang akan mengakibatkan seseorang akan senantiasa senang sehingga terhindar dari banyak sekali hal negative, satu diantaranya stres tersebut.

Do'a Penghilang Stres


Sebagai orang beriman, kita harus mengembalikan segala sesuatunya kepada Tuhan. Hal ini menandakan keimanan kita, dan kita tentu menyadari bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini yakni kehendak Tuhan.

Menyadari segala kekuatan hanya milik Tuhan, maka sudah seharusnya kita mengembalikan segala sesuatu kepada-Nya. Salah satu hal yang harus diutamakan dalam kita mencari solusi untuk memecahkan suatu permasalahan yakni dengan berdoa, begitupun dengan stres.  Sebagai upaya untuk menghilangkannya yakni dengan membaca doa penghilang stres.
Dilansir dari dream.co.id, salah satu do'a penghilang stres yang sanggup sobat baca dan amalkan yakni sebagai berikut :


Allahuma inni a'udzubika min jahlil balaa i wa darkisy syaqai wa suu il qadlai wa syamatatil a'dai.

Artinya:

" Ya Allah, saya berlindung kepada-Mu dari menemui penderitaan, dari takdir yang jelek dan dari keberhasilan musuh."

Sumber http://inspirasi-dttg.blogspot.com

0 Response to "Sering Mengalami Pusing Dalam Menjalani Hidup? Inilah Penyebab Utama Dan Solusinya !!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel