iklan banner

Sejarah Blogger Di Indonesia

Sejarah Blogger Di Indonesia - Blog yaitu abreviasi dari “Web Log” merupakan situs Web yang dilengkapi dengan banyak sekali sajian tulisan, komentar, termasuk material grafik atau video yang biasanya dijalankan oleh individu. Entri pada blog biasanya tersusun berdasarkan urutan waktu. Sedangkan Blogging atau nge-blog yaitu kata kerja yang artinya menambah isi sebuah blog. Adapun blogger yaitu orang yang menjalankan blog tersebut.

Blogging

Fungsi Blog

Blog mempunyai beberapa fungsi dan manfaat, salahsatu nya yaitu sebagai buku harian online. Kebanyakan Blog berisikan tulisan, image/gambar, video, audio dan link yang mengarah blog lain, atau halaman Web, banyak sekali media lain yang satu topik yang sedang dibahas.

Keterbukaan pengunjung blog untuk memperlihatkan komentar dalam bentuk yang sangat interaktif menjadi bab yang sangat penting dari banyak blog. Desember tahun 2007, mesin pencari blog Technorati http://technorati.com/ mendeteksi adanya 112 juta blog yang ada di dunia.

Blog menjadi saran dan media pilihan selain koran, majalah, televisi, radio. Postingan seorang blogger banyak yang tidak kalian dapatkan media massa biasa. Banyak orang percaya bahwa sebuah blog akan menjadi alternatif media di massa yang akan datang. Bahkan Google sebagai raja internet menciptakan mesin pencarian khusus untuk blog pada alamat http://www.google.co.id/blogsearch?hl=id.

Aktivitas menulis para blogger di Indonesia tidak jauh tertinggal dengan acara blogger-blogger lain yang ada di seluruh Dunia. Menurut penelitian, ada lebih sekitar 300.000 blogger di Indonesia. Salah satu bapak blogger Indonesia yaitu Enda Nasution http://enda.goblogmedia.com/. Enda yaitu penulis yang rajin dan kerap disebut “Bapak Blogger Indonesia”. Dia sering muncul di media konvensional untuk promosi penggunaan blog.

Menurut Enda, blogger di Indonesia sanggup dibagi dalam tiga generasi, yaitu: Generasi pertama, generasi kedua dan Generasi ketiga.

Baca juga : Sejarah Komputer

Blogger generasi pertama, tahun 1998-2001
Blogger biasanya berkumpul di mesin  msn.or.id namun kini sudah tidak ada. Directory sempat dibentuk di http://www.coolnetters.com/indoblog.html (laman ini juga sudah tidak ada) Tulisan blog masih berupa jurnal pribadi. Platform yang pakai yaitu livejournal dan blogger.com miliknya google.

Blogger Generasi kedua, tahun 2001-2002
Enda masuk dalam generasi ini. Tulisan blog masih bersifat pribadi. Pada blogger generasi kedua mulai banyak komunitas blogger, seperti, blogbugs (Indonesia), bbv.or.id (Bandung), angkringan (Jogja), tukanglenong (Jakarta).

Jumlah blogger semakin banyak, sempat juga mengadakan kopdar atau kopi darat.. blogbugs.com hingga ketika ini masih menjadi satu-satunya direktori blogger Indonesia. Platform yang dipakai yaitu blogger.com, MT, dan pMachine. Namun entah kenapa pada ketika ini (10/4/2016) blogbugs.com tidak sanggup di buka ???

Blogger generasi ke tiga, dari tahun 2004
Pada blogger generasi ketiga ini mulai bermunculan blog-blog dengan membahas topik yang lebih khusus dan tidak bersifat pribadi. Bisanya blog seperti  yaitu blog kedua atau ketiga dari blogger yg sebelumnya sudah mempunyai blog jurnal. Platfoem yang dipakai yaitu wordpress, MT.

Baca juga:
Tips Menentukan Niche Blog
Cara Membuat Blog di Blogger untuk Pemula
Cara Cepat Halaman Satu Google

Opini aku !
Generasi blogger masih panjang. Dan akan ada lagi blogger-blogger muda Indonesia yang akan memulai tulisannya. Meskipun sosial media sudah memaksa anak muda untuk berpaling, namun aku yakin akan tetap ada blogger profesional Indonesia.

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "Sejarah Blogger Di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel