iklan banner

Perbedaan Akuntansi Pemerintahan Dan Akuntansi Komersial

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat tiba di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk nirwana semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue yakni seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue sanggup nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini sanggup bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel ihwal Perbedaan Akuntansi Pemerintahan dan Akuntansi Komersial, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out.
Perbedaan antara akuntansi pemerintahan dan akuntansi komersial (akuntansi perusahaan) terletak pada objek yang dipelajar. Akuntansi komersial yakni bidang akuntansi yang berkaitan dengan perusahaan yang bertujuan mencari laba, sedangkan akuntansi pemerintahan yakni bidang akuntansi yang berkaitan dengan forum pemerintahan dan lembaga-lembaga lainnya yang tidak bertujuan untuk mecari laba.

Oleh alasannya yakni itu, dalam hal ini perlu diperhatikan beberapa kondisi sehubungan dengan perbedaan karakteristik antara akuntansi komersial den akuntansi pemerintahan, diantaranya yakni :
  1. Kegitan pemerintah tidak dimaksudkan untuk mendapatkan laba, sedangkan acara perusahaan sudah terang tujuannya untuk memperoleh laba;
  2. Tujuan utama acara pemerintah yakni untuk memperlihatkan jasa-jasanya bagi masyarakat dan untuk memeuhi kebutuhan anggota masyarakat yang secara sosial dianggap perlu.
Karena terdapat beberapa perbedaan kondisi ibarat di atas, maka akan berakibat pula pada perbedaan dalam hal-hal sebagai berikut :
  1. Sasaran utama pelaporan akuntansi komersial yakni memperlihatkan warta mengenai penghasilan dan unsur-unsurnya. Akuntansi pemerintah tidak bertujuan untuk melaporkan laba, alasannya yakni tujuannya memang buka itu. Anggota masyarakat atau organisasi yang menyumbang sumber daya bagi organisasi pemerintah tidak mengharapkan akan mendapatkan return on investment atau return of insvestment;
  2. Laporan akuntansi pemerintah lebih mengutamakan apakah ketentuan undang-undang yang mengaturnya benar-benar telah dipatuhui. Oleh alasannya yakni itu secara formal anggaran yang talah disetujui yang telah merupakan dana (fund) dicatat dalam asumsi yang tersedian untuk masing-masing dana dalam suatu tahun anggaran (budgetary accounting). Akuntansi dana ini merupakan satu cara pengendalian yang umum. yang memungkinkan pembandingan secara terus menerus antara anggaran dengan penjadwalan tersedianya anggaran (allotments), pembagian anggaran (appropriation) untuk bagian-bagian organisasi pemerintah dan berapa banyak ikatan yang telah dibentuk (encumbrances). Struktur asumsi yang unik dipergunakan, dan pencatatam-pencatatam yang khas dirancang biar diperoleh kepastian apakah dana yang tersedia memang dipungut dan digunakan sesui ketentuan yang ada untuk dana tersebut.
Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualiakum wr. wb.
Referensi :
  • PDF Akuntansi Pemerintahan (DODY HAPSORO)

Sumber http://matematikaakuntansi.blogspot.com

0 Response to "Perbedaan Akuntansi Pemerintahan Dan Akuntansi Komersial"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel