iklan banner

Pengertian Sistem Operasi Komputer Dan Contohnya

- Dalam sistem komputer, sistem operasi komputer ialah salah satu komponen perangkat lunak komputer. Sistem operasi komputer ialah lapisan pertama perangkat lunak yang ditempatkan pada perangkat penyimpanan (hard disk) di komputer. Sistem operasi komputer akan melaksanakan layanan inti umum untuk perangkat lunak aplikasi.

Sistem operasi akan mengelola semua acara komputer yang terkait dengan mengakses perangkat keras, mengelola proses ibarat penjadwalan proses, dan manajemen aplikasi. Sistem operasi mempunyai kiprah yang sangat penting. Secanggih apapun perangkat keras komputer kalau tidak didukung oleh sistem operasi komputer, sistem komputer tidak akan bermanfaat.

Pengertian Sistem Operasi Komputer dan Contohnya

 sistem operasi komputer ialah salah satu komponen perangkat lunak komputer Pengertian Sistem Operasi Komputer dan Contohnya
Logo sistem operasi. Sumber ; psdsuite.com

Sistem operasi komputer ialah seperangkat perangkat lunak yang ada di antara acara aplikasi dan perangkat keras. Sistem operasi ialah penghubung antara pengguna komputer dan perangkat keras komputer. Ruang lingkup subjek sistem operasi ini ialah pengenalan sistem operasi daripada keluarga Windows open source.

Baca juga: 30 Sistem Operasi Open Source Paling Populer

Materi sistem operasi komputer akan membahas aneka macam topik seperti; pengembangan sistem operasi Windows, arsitektur sistem operasi Windows, struktur sistem operasi Windows, instalasi sistem operasi Windows, manajemen sistem operasi Windows.

Makara saya harap Anda tidak meninggalkan blog ini hingga Anda membaca semua topik yang dibahas di sini. Karena saya yakin blog ini ialah satu-satunya blog yang membahas secara khusus perihal sistem operasi!

Topik pengembangan sistem operasi menjelaskan beberapa hal, yaitu, definisi atau pemahaman perihal sistem operasi, jenis-jenis sistem operasi, pengembangan sistem operasi dan pengembangan sistem operasi keluarga Windows.

Pada artikel berikutnya kita juga akan membahas arsitektur sistem operasi komputer, berguru perihal kiprah sistem operasi komputer dalam struktur sistem komputer dan jenis arsitektur sistem operasi.

Dalam pembahasan struktur sistem operasi Windows akan menjelaskan aneka macam arsitektur dasar dari sistem operasi Windows. Arsitektur dasar ialah arsitektur dasar MS DOS, arsitektur dasar Windows NT dan arsitektur dasar Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8.

Topik struktur sistem operasi Windows akan menjelaskan konsep dan eksperimen serta praktik yang berkaitan dengan manajemen proses, penjadwalan proses, manajemen memori, manajemen Input / Output (I / O) dan manajemen file.

Selain topik di atas, kami juga akan mempelajari cara memasang sistem operasi komputer dan langkah-langkah dari aneka macam metode pemasangan ibarat pemasangan bersih, pemasangan sistem mesin virtual, peningkatan instalasi, pemasangan multibooting, dan prosedur boot sistem operasi.

1. Pengertian Sistem Operasi Komputer dan Contohnya
Sistem operasi atau sistem operasi atau OS ialah perangkat lunak yang diberi kiprah untuk mengelola, mengontrol perangkat keras (hardware) dan memperlihatkan akomodasi kepada Anda dikala memakai komputer. Sistem Operasi akan melaksanakan layanan inti umum untuk perangkat lunak aplikasi.

Layanan sistem operasi inti umum ibarat kanal disk, manajemen memori, kiprah penjadwalan, dan antarmuka pengguna. Bagian dari kode yang melaksanakan tugas-tugas ini disebut "kernel" dari Sistem Operasi.

2. Berbagai jenis sistem operasi komputer

Sistem operasi yang dipakai untuk sistem komputer umum termasuk PC sanggup berupa 3 grup.

a. Keluarga Microsoft Windows
Sistem operasi Windows termasuk Windows Desktop Environment berbasis MS-DOS (versi 1.x ke versi 3.x), Windows 9x berbasis GUI (Windows 95, 98, dan Windows ME). Sistem operasi berbasis Windows NT ibarat Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Server 2008, Windows Server 2008 R2, Windows Home Server Windows Vista, Windows 7 dirilis pada 2009, Windows 8 dirilis pada Oktober 2012 Windows 10 dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014. Keluarga Windows CE ibarat Windows CE 1.0-CE 6.0 dan Windows Mobile.

Baca juga: Pengembangan sistem operasi Windows

b. Keluarga Unix.
Sistem operasi Unix memakai antarmuka sistem operasi POSIX, ibarat SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU / Linux, debian, topi merah, SUSE, Ubuntu, Zeath OS (berdasarkan pada kernel Linux yang dimodifikasi). MacOS / X (berdasarkan pada modifikasi kernel BSD, dan dikenal sebagai Darwin) dan GNU / Hurd.

Sistem operasi keluarga unix lainnya ibarat AIX, Amiga OS, DragonFly BSD, BSD Gratis, GNU, HP-UX, IRIX, Linux, LynxOS, MINIX, NetBSD, OpenBSD, OS X, Plan 9, QNX, Penelitian UNIX, SCO OpenServer, Solaris, Sistem UNIX V, Tru64 UNIX, UnixWare.

c. Keluarga Mac OS
Sistem operasi Mac OS dikeluarkan oleh industri komputer Apple yang disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi ini termasuk Public Beta (Kodiak), Mac OS X 10.0 (Cheetah), Mac OS X 10.1 (Puma), Mac OS X 10.2 (Jaguar), Mac OS X 10.3 (Panther), Mac OS X 10.4 (Tiger), Mac OS X 10.5 (Leopard), Mac OS X 10.6 (Macan Tutul Salju), Mac OS X 10.7 (Singa), Mac OS X 10.8 (Singa Gunung).

Berbasis Server: OpenStep, Raphsody, Mac OS X Server 1.0, berbasis Mobile: iOS. Awal tahun 2007 versi 10.5 (Leopard) dikeluarkan. Pada tahun 2011, versi 10.7 (singa) diluncurkan. Sistem ini memakai antarmuka TEXT (DOS, POSIX, LINUX), dan GUI (Graphical User Interface) ibarat MS Windows dan LINUX (berdasarkan TEXT dan GUI based).

3. Pengembangan sistem operasi

Menurut Tanebaum, Sistem Operasi mengalami perkembangan yang sanggup dibagi menjadi lima generasi. Pengembangan sistem komputer umumnya dikelompokkan dalam lima generasi, yaitu generasi pertama (1945 hingga 1955), generasi kedua (1955 hingga 1965), generasi ketiga (1965-1980), generasi keempat (1980 hingga 2000-an) dan generasi selanjutnya.

a) Generasi Awal (1945-1955)
Generasi awal sistem operasi ialah awal pengembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanis, itu sebab kecepatan insan untuk menghitung terbatas dan insan sangat gampang menciptakan kecerobohan, kesalahan dan bahkan kesalahan. Pada generasi awal tidak ada sistem operasi, oleh sebab itu sistem komputer diberi arahan yang harus dilakukan pribadi oleh pengguna.

b) Generasi Kedua (1955-1965)
Sistem Pengolahan Batch generasi kedua diperkenalkan, yaitu Job yang dilakukan secara seri, lalu dihukum secara berurutan. Generasi kedua sistem komputer belum dilengkapi dengan sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi tersedia, contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS dan IBSYS.

c) Generasi Ketiga (1965-1980)
Sistem operasi dalam generasi ini dikembangkan untuk melayani banyak pengguna, di mana pengguna berkomunikasi memakai terminal online ke komputer. Sistem operasi sanggup dipakai oleh banyak pengguna sekaligus, multi-programming sanggup melayani banyak acara sekaligus dan multi-tasking sanggup melayani banyak kiprah dan pekerjaan / Batch Processing System.

d) Generasi Keempat (1980 - 2000an)
Pada periode keempat, sistem operasi telah memakai Graphical User Interface (GUI), yang merupakan antarmuka komputer grafis yang sangat nyaman dan gampang digunakan. Selama generasi ini juga memulai kurun komputasi yang tersebar (komputer terdistribusi) di mana komputasi tidak lagi terpusat pada satu titik, tetapi pecah pada banyak komputer sehingga kinerja yang lebih baik tercapai.

e) Generasi Selanjutnya
Pada generasi ini Sistem Operasi diperkenalkan yaitu dalam Sistem Operasi dan Sistem Operasi Seluler (Mobile) pada perangkat bergerak seperti: PDA, PC Poket, Laptop, Notebook dan NetBook. Sistem operasi jaringan virtual juga berkembang, sehingga dalam satu jaringan hanya satu sistem operasi yang diinstal pada perangkat server.

Selama ini, sistem virtualisasi diperkenalkan, yaitu satu komputer sanggup divirtualisasikan ke lebih dari satu komputer (sistem operasi) yang sanggup bekerja bersama, Sistem Operasi Cross Platform (sistem multiboot) yang sanggup menggabungkan dua atau lebih Sistem Operasi yang berbeda seperti: Linux dan Windows.

Generasi ini ialah awal dari tren Mobile Computing, yang perangkatnya didominasi oleh Android, iOS, Blackberry OS, Windows mobile, Windows Phone dan Symbian. Pada dikala ini sistem iClaud (layanan komputasi awan) diperkenalkan, yang merupakan sistem layanan jaringan yang diterbitkan oleh Apple Inc. pada 6 Juni 2011 di San Francisco.

iCloud memungkinkan penggunanya untuk menyinkronkan data ibarat foto, musik, dan dokumen dari satu perangkat ke perangkat lainnya ibarat iPhone, iPad, iPod Touch, Mac dan komputer secara otomatis pada dikala yang bersamaan.

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "Pengertian Sistem Operasi Komputer Dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel