iklan banner

Pengertian Kebugaran Jasmani



Pengertian kebugaran Jasmani
Pengertian kebugaran jasmani banyak pendapat oleh para mahir namun unti dan pokok yang dimaksud ialah sama. Kebugaran jasmani menjadi salah satu tujuan kita berolahraga. Dalam pendidikan jasmani banyak juga yang mendifinisikan tujuan penjas ialah kebugaran namun masih menjadi perdebaan, baiklah saya akan membahas apa itu kebugaran jasmani dan apa itu kebugaran jasmani berdasarkan para mahir serta aspek apa yang ada dalam kebugaran jasmani tersebut dan bagaimana melatihnya biar badan kita dinyatakan dalam keadaan bugar.
Kebugaran Jasmani adalah  Kemampuan badan untuk menyesuaikan terhadap pembebanan fisik yang diberikan kepadanya tanpa mengalami kelelehan yang berarti dan masih siap untuk melaksanakan pekerjaa /kegiatan selanjutnya.
pengertian kebugaran jasmani berdasarkan mahir adalah :
1.    Menurut Djoko Pekik
Kebugaran Jasmani ialah Kemampuan badan Untuk melaksanakan kerja sehari –haris secara efisien tanpa timbul kelelahan yang berlebihan  sehingga masih menikmati waktu luangnya
2.    Menurut Judit Rink dan Mochamad Sajoto
Kebugaran jasmani ialah kemempuan seseorang menyelesekan kiprah sehari-hari dengan tanpa mengsalami kelelahan berarti dengan pengeluaran energi yang cukup besar, guna memenuhi kebutuhan gerakan dan menikmati waktu luang serta untuk memenuhi keperluan darurat jikalau sewaktu-waktu diperlukan.
Manfaat kebugaran jasmani :
1.Meningkatkan produtifitas kerja.
Pengertian kebugaran jasmani banyak pendapat oleh para mahir namun unti dan pokok yang dima Pengertian kebugaran Jasmani
2.Meningkatkan aspek atau unsur -unsur kesehatan menyerupai lancarnya sisitem sirkulasi darah  serta menurunkan kolesterol dan masih banyak lagi dari aspek keshatan.
3. Memiliki kemampuan pemulihan atau recovery sehabis melaksanakan latihan.
3. Memiliki respon badan yang baik
4. Mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.
5..Menunjang kegiatan/pekerjaan yang duilakukan sehari hari.
6.Meningkatnya kerja organ badan menyerupai jantung dan paru-paru
7. Membetuk rasa percaya diri yang baik untuk menjalani kehidupanya.

Aspek – aspek/ Unsur-unsur kebugaran Jasmani : aspek kebugaran jasmani menyerupai kelincahan, keseimbangan, kecepatan, kekuatan ,daya tahan, daya ledak, kelentukan. Dan bagaimana cara melatihnya ? bersama-sama saya sudah memposting bagaimana melatih daya ledak.power ,kecapatan dan daya tahan, namun saya akan sedikit membahas bagaimana melatihnya dengan mudah.
1.    Daya tahan
Daya tahan dibagi menjadi 2 yaitu daya tahan otot dan daya tahan jantung bagaimana melatihnya ? banyak cara yang dipakai menyerupai circuit traning dan sebagainya, untuk lebih jelasnya kunjungi Cara Latihan Daya Tahan kardio dan DayaTahan Otot.
2.    Kecepatan
Apa itu kecepatan ?kemempuan bergerak secara berturut-turut untuk menempuh suatu jarak tertentu dalam jelang waktu. Pada jarak tempuh yang sama, semakin singkat waktu yang ditempuh semakin berarti kecepatan yang dihasilkan semakin baik.
Latihan kecepatan terutanma kecepatan kaki sanggup anda lihat pada postingan saya sebelumnya pada Latihan Power dan Kecepatan Kaki
3.    Kelincahan (agility)
Kemampuan seorang untuk mengubah arah secara cepat dan mengubah arah dengan tangkas. Anda ingin menerima kelincahan anda harus berlatih kecepatanpleksibilitas, reaksi, keseimbangan dan kordinasi untuk menda[patkan kelincahan tersebut
4.    Reaksi
    Anda bisa menggunjungi halam berikut untuk melihat bagaimana aktivitas latihan reaksi yang benar Cara Latihan Reaksi dan Akselerasi
Latihan reaksi sanggup dengan santunan stimulus kepada kita, bagaimana caranya ? berlari atau bereakilah sesuai keebutuhan anda dikala anda menerima stimulus misalnya peluit namuna anda tanpa melihatnya.


  


Sumber http://olagragasport.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Kebugaran Jasmani"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel