iklan banner

Pengertian & Fungsi Driver Komputer

Pengertian Driver - Fungsi Driver Komputer. Dalam pembahasan artikel kali ini, saya akan mencoba membuatkan pemahaman perihal pengertian dan fungsi drivers pada perangkat komputer, sehingga kita sanggup mengetahui fungsi dan cara kerja driver komputer, mengingat drivers komputer mempunyai banyak jenis dan tugas yang sangat penting sebagai media komunikasi antara hardware dan software ataupun sistem operasi dengan aplikasi yang ada di dalam komputer .

Pengertian Driver Komputer / Laptop.
Drivers disebut juga Device Driver yaitu sekumpulan perangkat lunak (software) untuk memperlihatkan info atau sebagai penterjemah perangkat keras (hardware) kepada sistem operasi (OS) dan aneka macam macam kegiatan aplikasi lain yang ada di dalam sistem komputer, perihal bagaimana cara penggunaan driver dalam berkomunikasi dengan perangkat keras.

Fungsi Driver Komputer / Laptop.
Fungsi Driver Komputer yaitu untuk menterjemahkan segala perintah yang dilakukan oleh pengguna melalui sistem operasi.

Sebagai contoh, Driver Printer, misal microsoft word bagaimana menterjemahkan data kepada printer supaya melaksanakan percetakan yang tentunya telah bekerjasam dengan sistem operasi supaya melaksanakan percetakan data yang telah di tulis di microsoft word.


Driver perangkat komputer original diberikan oleh pihak vendorsaat kita membeli perangkat keras komputer kondisi baru, menyerupai Driver Printer, Scanner, Motherboard, Laptop, LAN Card, Sound Card, VGA Card, dan hardware komputer yang lainnya yang ingin terhubung dengan komputer.

Secara umum Driver disertakan dalam bentuk potongan CD / DVD yang sudah dilengkapi tata cara untuk menggunakannya sehingga akan mempermudah kita dikala akan melaksanakan install driver komputer / laptop, yaitu tinggal next-next saja.

Akan tetapi ada juga file driver perangkat komputer yang tidak disertai dengan file setup.exe, biasanya driver tersebut kita dapatkan dari situs penyedia driver komputer yang bukan merupakan situs resmi dari vendor perangkat tersebut.

Sehingga bagi kalangan pengguna komputer yang masih awam dengan macam dan jenis driver komputer akan sedikit kesulitan ketika akan menginstal driver alasannya yaitu file driver hanya berupa file data saja atau file driver tidak terbungkus menjadi satu file setup.exe, dan untuk menginstal driver tersebut juga mempunyai cara yang berbeda, yaitu melalui Device Manager Komputer.

Artikel Terkait.

Sedikit catatan mengenai driver yang tidak disertai file setup.exe, yaitu cara menyerupai ini dilakukan oleh seseorang mungkin dengan alasan supaya file driver yang akan upload tidak terlalu besar atau mereka sengaja tidak menyebabkan file data driver komputer tersebut terbungkus menjadi satu file yaitu file setup.exe.

Mengingat sebuah drivers komputer merupakan bab yang sangat penting dari sebuah perangkat keras (hardware) jikalau ingin terhubung dengan komputer, maka sudah seharusnya kita menyimpannya secara baik-baik supaya tidak hilang ataupun rusak, dan semoga sanggup dipakai untuk di kemudian hari jikalau kita membutuhkannya, misal akan melaksanakan Install Ulang Komputer.

Dan sebelum anda tetapkan untuk melaksanakan istall ualang Laptop ataupun komputer ada baiknya terlebih dahulu anda membackup semua drivers komputer yang ada atau menyiapkan semua drivers perangkat kears yang dibutuhkan.

Untuk Cara Backup Semua Drivers Komputer anda sanggup memakai dukungan software, menyerupai DriverMax, Driver Genius, 3DP Chip, Double Driver, Driver Backup, ataupun aplikasi backup driver yang lain, atau anda juga sanggup memakai Driverpacks maupun d0wnl0ad drivers secara pribadi dari vendor yang menciptakan perangkat keras / Hardware tersebut melalui internet.

Demikian info yang sanggup saya bagikan mengenai artikel perihal pengertian dan fungsi driver perangkat keras komputer / laptop.
Sumber http://itwae.blogspot.com

0 Response to "Pengertian & Fungsi Driver Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel