iklan banner

Mengenal Excel

Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel yaitu sebuah jadwal aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibentuk dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini mempunyai fitur kalkulasi dan pembuatan grafik. bab yang ada pada tampilan utama Excel 2007 tidak jauh berbeda dengan Microsoft word 2007. Kegunaan microsoft Excel diantaranya untuk menciptakan tabel, menciptakan grafik, perhitungan rumus, menciptakan daftar gaji, laporan keuangan dan sebagainya.

Elemen – Elemen Excel
  1. Title Bar (Baris Judul), bab ini berisi nama file dan nama jadwal aplikasi yang sedang kita aktifkan.
  2. Row Heading (Kepala garis), yaitu penunjuk lokasi baris pada lembar kerja yang aktif. Row Heading juga berfungsi sebagai salah satu bab dari penunjuk sel (akan dibahas sesudah ini). Jumlah baris yang disediakan oleh Microsoft Excel (2003= 65.536) 1.048.576 baris.!
  3. Column Heading, penunjuk lokasi kolom , diberi symbol huruf A – Z dan gabungannya. Setelah kolom Z, kita akan menjumpai kolom AA, AB s/d AZ kemudian kolom BA, BB s/d BZ dan seterusnya hingga kolom XFD (16.384 kolom).
  4. Cell Pointer sebagai penunjuk sel aktif, yaitu sel yang akan dilakukan suatu operasi tertentu.
  5. Cell, perpotongan antara kolom dengan baris. Sel dinamai sesuai posisi kolom dan baris. Sel A1  yaitu perpotongan antara kolom A dengan baris 1.
  6. Range, penggabungan antar sel / beberapa sel pada lembar sheet.  Misal Range A1:B2 yaitu kumpulan sel A1,A2,B1,B2.
  7. Formula Bar, daerah mengetikkan rumus yang akan kita gunakan. Rumus diawali dengan tanda ‘=’ . Misal menjumlahkan nilai pada sel A1 dengan B1, penulisan di formula kafetaria =A1+B1 .
  8. Workbook, lembar kerja daerah meletakkan data, isu beserta pengolahan dan formating yang dilakukan.
  9. Vertical Scroll Bar (Baris Penggulung Tegak), menggeser layar ke atas atau ke bawah.
  10. Horizontal Scroll Bar (Baris Penggulung Mendatar), menggeser layar ke kanan atau ke kiri

Menggunakan Excel
Cara membuka microsoft excel
1. Klik Start
2. Klik All programs
3. Klik Microsoft Office
4. Klik Microsoft Office Excel 2007

Memasukkan data dalam sel
1. Pilih / klik sel daerah data akan dimasukkan
2. Ketikan data yang akan dimasukkan
3. Tekan enter untuk mengakhirinya
4. Untuk edit , tekan F2/Double klik di sel tersebut
5. Untuk menghapus data dalam sel, tekan tombol Delete di keyboard


Menyimpan file excel
1. Klik office button
2. Klik save / save as, kotak obrolan save as ditampilkan
3. Di Save as type, ketikan sanggup di simpan dalam beberapa jadwal yang diinginkan

Membuka file excel
1. Klik office button
2. Klik Open, kotak obrolan open ditampilkan

Menambah sheet (lembar kerja) baru
Klik di Icon New   atau  tekan CTRL + N

Mengganti nama sheet
1. Klik kanan di sheet yang ingin diganti namanya
2. Pilih Rename

Menghapus sheet
1. Klik kanan di sheet yang ingin dihapus
2. Pilih Delete

Merubah ukuran kolom

  1. Letakkan pointer di pembatas kolom yang ingin diubah ukurannya, drag sesuai dengan ukurannya
  2. Jika merubah ukuran kolom lebih dari satu kolom, maka blok kolom yang ingin dirubah memakai mouse / tombol keyboard
  3. Klik tab Home  - klik icon Format  - Klik Column Width , kemudian Isi lebar kolom
  4. Klik OK
Merubah Ukuran Baris
  1. Letakkan pointer di pembatas baris yang ingin diubah ukurannya, drag sesuai ukurannya
  2. Jika merubah ukuran baris lebih dari satu baris, blok baris tersebut dengan mouse / keyboard.
  3. Kemudian klik tab Home - klik icon Format - klik RowHeight , kemudian  Isi lebar Baris
  4. Klik OK


Sumber http://herlambank.blogspot.com

0 Response to "Mengenal Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel