iklan banner

Khasiat Daun Sirsak Untuk Mengatasi Hama Wereng | Baca 2 Tips Ini

Taukah Anda hama wereng? Wereng gotong royong yakni sebutan untuk jenis serangga yang menyerang tumbuhan padi. Hama ini merusak padi pada fase pertumbuhan, dengan cara menghisap cairan sehingga menjadikan tumbuhan kekurangan nutrisi pertumbuhan dan risikonya mati.


 Wereng gotong royong yakni sebutan untuk jenis serangga yang menyerang tumbuhan padi Khasiat Daun Sirsak Untuk Mengatasi Hama Wereng | Baca 2 Tips Ini
gambar hama wereng pada tumbuhan padi

Hama wereng ini mempunyai ukuran yang cukup kecil, dengan warna hijau atau kecoklatan. Serangan wereng terhadap tumbuhan padi tergolong sangat cepat, kalau tidak segera di tangani maka kegagalan panen terperinci akan Anda alami.


Contoh khasus yang terjadi di wilayah jawa menyerupai kabupaten Probolinggo, Banyumas serta Ponorogo. Serangan wereng yang meningkat pada akhir-akhir ini menciptakan petani mengalami kerugian yang cukup besar, dari produksi hasil panen padi yang biasa mencapai skitar 6,5 ton per hektar turun menjadi 5,5 ton per hektarnya. Serangan hama  wereng ini juga sanggup berdampak terhadap stok ketersedian beras nasional.


Pengendalian hama wereng secara tepat menjadi sangat penting. Perlu Anda ketahui ada jenis wereng yang mempunyai daya tahan yang cukup tinggi dalam mengikuti keadaan dengan lingkungan. Pemakaian obat yang tidak sesuai justru menciptakan wereng menjadi kebal dan menghasilkan keturunan yang resisten terhadapobat kimia, sehingga wereng semakin sulit untuk dibarantas.


Dalam hal ini gotong royong ada banyak tindakan yang sanggup Anda lakukan untuk mengurangi dan mengendalikan persebaran hama wereng. Salah satunya dengan melaksanakan pergiliran tumbuhan yakni upaya untuk memutus rantai perkembangbiakan hama ini. Karena dengan cara ini siklus hama wereng sanggup terputus.


Pada kesempatan ini kami juga akan memperlihatkan tips lain yang sanggup Anda gunakan untuk mengatasi hama wereng, yaitu dengan menciptakan pestisida organik yang terbuat dari materi daun sirsak. Khasiat daun sirsak ini cukup ampuh untuk mengendalikan tingkat persebaran wereng. Cara ini juga tergolong murah dan mudah, pastinya Anda tidak akan sulit untuk membuatnya, sebagai berikut :


Khasiat Daun Sirsak untuk Mengusir Wereng


Untuk membasmi  dan mengatasi hama yang menyerang tumbuhan padi gotong royong Anda tidak perlu bergantung terhadap pengunaan obat-obat kimia. Banyak cara alami yang gampang untuk Anda lakukan. Salah satunya dengan khasiat daun sirsak ini. Hasil kajian dari Pusdiklat Pertanian yaitu Ibu Susan Lusiana akan menyebarkan 2 tips untuk mendapat khasiat daun sirsak   untuk membasmi hama wereng.


 Wereng gotong royong yakni sebutan untuk jenis serangga yang menyerang tumbuhan padi Khasiat Daun Sirsak Untuk Mengatasi Hama Wereng | Baca 2 Tips Ini
Khasiat daun sirsak untuk usir wereng

Tips ke-1 khasiat daun sirsak untuk usir wereng


Bahan-bahan :


Dalam pembuatan pestisida organik ini Anda membutuhkan bahan-bahan yaitu : 1 gengam daun sirsak, 2 liter air, 20 gram sabun colek, 20 siung bawang putih, dan 1 gengam rimpang jeringau.


Khasiat daun sirsak ini berfungsi untuk menghambat pertumbuhan wereng, alasannya yakni pada daun sirsak terdapat enzim yang menciptakan serangga mejadi tidak napsu makan.  Bawang putih dan jeringau bekerja untuk mengusir hama, alasannya yakni baunya yang menyengat. Bawang putih mempunyai kandungan alisin yang sanggup berperan membantu memperbaiki jaringan sel tumbuhan yang rusak akhir diserang hama wereng. Sedangkan pencampuran sabun colek yaitu semoga larutan yang dibentuk mejadi rekat dikala disemprotkan ke tanaman.


Cara Pembuatan :


Langkah yang harus Anda lakukan yakni basuh bahan-bahan dengan higienis terlebih dahulu, kemudian tiriskan hingga kering. Setelah  itu tumbuk daun sirsak, bawang putih dan rimpang jeringau hingga benar-benar halus. Tambahkan sabun colek dan air, masukan kedalam bejana tutup rapat dan diamkan 2 x 24 jam. Proses selanjutnya saring larutan tersebut dengan mengunakan kain sehabis itu pestisida organik siap untuk digunakan.


Cara Pengunaan :


Setelah disaring larutan yang Anda buat dari khasiat daun sirsak ini akan terlihat kental. Agar sanggup dipalikasikan maka encerkan larutan tersebut dengan air, perbandingan yang digunakan yakni 1 lt larutan : 15 lt air, sehabis itu semprotkan pestisida organik yang Anda buat itu ke bab bawah tumbuhan padi secara merata.


Baca : 2 Cara Mudah Membuat Pupuk Organik Cair


Waktu ideal yang dalam penyemprotan yakni dikala pagi atau sore hari. Baiknya Anda lakukan disaat tumbuhan padi mulai bertunas. Jika dilakukan secara rutin alhasil hama serangan hama wereng sanggup ditangulangi. Kami sarankan Anda melaksanakan penyemprotan sebelum hama wereng menyerang tumbuhan padi Anda.


Tips ke-2 khasiat daun sirsak untuk usir wereng


Bahan


Dalam pembuatan pestisida organik kedua yang perlu Anda siapkan yakni materi berupa 250 gr daun sirsak dan biji sirsak, 250 ml efektif mikroorganisme (mikroba) dan 50 ml tetes tebu ditambah 1 lt air.


Cara Pembuatan :


Daun sirsak dan biji ditumbuk halus, masukan  kedalam bejana palstik. Kemudian tambahkan mikroba, tetes tebu dan air tutup bejana secara rapat. Setelah itu simpan ditempat dengan suhu rungan 20 hingga 35 C, dan Anda pastikan tidak ada sinar matahari yang masuk. Lakukan pengadukan secara teratur setiap hari semoga fermentasi sanggup berjalan sempurna.


Untuk medapatkan khasiat daun sirsak pada tips kedua ini memang lebih sulit tetapi sanggup digunakan pada sekala yang lebih besar. Waktu yang dibutuhkan semoga larutan siap digunakan yakni 2 hingga 5 hari.


Cara pengunaan:


Ekstrat khasiat daun sirsak ini sanggup Anda gunakan dengan takaran 5 cc berbanding 1 liter air, cara pengunaanya dengan meyemprotkanya pada tumbuhan atau dengan mengalirkan melalui pengairan sawah.


Itulah tips khasiat daun sirsak untuk mengusir wereng yang sanggup kami bagikan untuk Anda. Dalam dunia pertanian menjaga kesetabilan rantai masakan dan ekosistem merupakan kunci dasar yang telah diatur oleh dewa yang maha esa. Keberadaan hama penyakit tumbuhan gotong royong sudah diimbangi dengan predator alami yang telah diciptakanNya. Semoga gosip 2 tips khasiat daun sirsak untuk mengusir hama wereng ini sanggup menambah wawasan Anda.


Jika Anda merasa gosip ini mempunyai kegunaan silahkan berikan komentar Anda atau bagikan ke teman-teman lainya, semoga sektor agribisnis Indonesia semakin maju.




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Khasiat Daun Sirsak Untuk Mengatasi Hama Wereng | Baca 2 Tips Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel