iklan banner

Jitu, Inilah Cara Meningkatkan Penghasilan Guru Honorer Atau Pns

Cara meningkatkan penghasilan guru, tentu sangat penting untuk diketahui oleh rekan-rekan guru, terutama guru honorer. Sebab bila hal ini tidak kita pikirkan, dan lakukan maka selain kita yang sengsara, keluarga yang menjadi tanggungan kita pun tentu akan terbengkalai.


Sebelum kita bahas wacana cara meningkatkan penghasilan guru, izinkanlah saya mengucapkan selamat hari guru bagi seluruh guru yang ada di Indonesia. Semoga 25 November 2018, yaitu awal terjadinya hal-hal yang terbaik untuk para guru, dan mutu pendidikan di Indonesia.

Penulis sendiri sengaja menshare goresan pena ini, selain dalam rangka ikut memeriahkan hari guru nasional. Lebih dari itu, semoga goresan pena ini senantiasa mengingatkan motivasi penulis untuk senantiasa berjuang menjadi eksklusif yang lebih baik. Semoga melalui goresan pena ini, penulis akan aib ketika hanya bisa berucap,namun tidak melaksanakan sendiri apa yang ada dalam goresan pena ini. Sebab berucap yang baik itu mudah, namun melakukannya akan senantiasa butuh usaha yang tidak selalu ringan.

Namun seberat apapun usaha untuk kita menjadi orang baik yang penuh manfaat, tetap kita harus bertekad sekuat baja untuk sanggup meraihnya. Semoga kita bisa menjadi orang luar biasa kebaikannya, sehingga Tuhan tidak sia-sia membuat kita, begitu juga dengan usaha ibu kita yang melahirkan dengan bertaruh nyawa, dan guru-guru kita yang mendidik dan mengajar dengan penuh kesabaran.

Cara Meningkatkan Penghasilan Guru


Di zaman ini, permasalahan guru sering sekali kita lihat diberbagai pemberitaan, baik pemberitaan nasional, daerah, bahkan hingga beranda media umum banyak yang menceritakan perihal problem guru yang kompleks.


Ada sebagian orang yang begitu senang dengan kabar pengangkatan pegawai negeri sipil, kenaikan honor PNS, hingga sertifikasi. Hal ini tentu membuat senang bagi yang memperoleh nasib baik tersebut. Meskipun tidak sedikit oknum yang kemudian bertanya, apakah dengan meningkatnya penghasilan guru, akan kuat pula pada peningkatan kompetensi dan profesionalisme mereka?

Hal lain justru dialami oleh para guru honorer, dimana mereka sangat mencicipi kesenjangan antara mereka dengan guru-guru PNS, terutama dalam hal pendapatan. Selain kesenjangan pendapatn, ketidak jelasan nasib mereka terkait pengangkatan PNS pun begitu sangat menyayat hati.


Parahnya usaha guru yang begitu suci, tak lain justru sering dimanfaatkan oleh mereka-mereka yang sedang menginginkan sebuah kekuasaan. Janji akan diangkat, pembayaran yang manusiawi, hingga akan diberi tunjangan yang layak, membuat banyak guru honorer berharap. Namun faktanya, waktu sering menandakan janji-janji tersebut hanya omong kosong, demi sanggup meraih suatu kekuasaan atau pun kepentingan sesaat.



Keprihatinan inilah yang harus benar-benar kita sikapi. Semoga goresan pena cara meningkatkan penghasilan guru ini berguna, Khususnya untuk teman-teman guru honorer.

Mulai sekarang, mari kita tekad bulatkan diri untuk tidak lagi menunggu sesuatu yang tidak pasti, yang seringnya hanya membuat kecewa dan sakit hati. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan penghasilan kita, dimana hal-hal tersebut tentu tidak akan mengganggu rutinitas kita sebagai seorang guru.

Jangan hingga kita menjadi eksklusif yang hanya bisa menunggu sembari berhayal, lantas nasib anak bangsa jadi terbengkali. Kurangnya ekonomi disadari atau tidak, sanggup sangat mengganggu kualitas kita dalam menjalani profesi kita sebagai tenaga pendidik. Semoga tips ini berkhasiat bagi sobat semua, sehingga bisa menjadi guru berkualitas tanpa melupakan untuk membentuk keluarga yang harmonis, dan bermutu.

4 Cara Jitu Meningkatkan Penghasilan Guru

Hanya menunggu hingga ada pihak yang dengan senang hati mensejahtrakan para guru, bukanlah sesutau yang bijasana. Faktanya banyak sekali guru-guru yang jauh lebih usang mengabdikan diri sebagai seorang guru, hingga kini ia masih membisu di tempat tanpa suatu kejelasan.
Tulisan ini bukan untuk mengajarkan sobat bersikap materialistik, namun hanya mengajak berpikir realistis. Bahwa selain mengajar dengan baik, kita juga punya tanggung jawab terhadap diri sendiri dan keluarga, dan tanggung jawab tersebut salah satu yang paling penting yaitu tanggung jawab pemenuhan kebutuhan ekonomi.

Lantas apa saja yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan penghasilan kita sebagai guru honorer. Lebih jelasnya mari kita simak ulasannya berikut ini.

Buatlah Target Penghasilan


Membuat sasaran penghasilan bagi seorang guru, bukan berarti menimbulkan guru menjadi tenaga pengajar yang orientasinya hanya pada uang.  Namun justru hal ini, akan memacu para guru untuk senantiasa menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya.

Sebagai makhluk yang berkebutuhan, kita tentu harus realistis bahwa semakin berjalannya waktu kebutuhan hidup kita semakin meningkat. Hal ini tentu saja salah satunya juga dikarenakan tanggung jawab kita sebagai insan yang semakin meningkat pula.

Oleh alasannya yaitu itu, bila penghasilan kita biasa-biasa saja, atau bahkan hanya cukup untuk membeli bensin motor kita, maka ini tentu ancaman untuk masa depan diri dan keluarga kita. Oleh karenanya penting bagi kita untuk bisa meningkatkan penghasilan.

Cara jitu dalam meningkatkan penghasilan yaitu dengan kita mempunyai sasaran penghasilan, dan berkomitemen untuk meraih sasaran penghasilan tersebut. Target penghasilan akan membuat kita fokus, termotivasi, penuh kerja dan kreativitas. Sehingga risikonya selain mempunyai banyak penghasilan, kita pun akan menjadi insan yang penuh kerja dan karya, hingga selain kaya akan harta kita juga akan kaya akan manfaat.

Pantaskan Diri untuk Dapat Meraih Target Penghasilan


Memiliki sasaran yang tinggi tentu harus dilihat dari kepantasan kita untuk meraih sasaran penghasilan kita. Jika kita belum bisa mendapat penghasilan tinggi alasannya yaitu belum bisa diangkat menjadi PNS misalnya, cobalah kita tanyakan pada diri kita sendiri sudah pantaskah kita meraih sasaran tersebut.

Sebab dalam hidup ini, sharusnya memang semua orang mendapat sesuatu yang memang sudah sepantasnya menjadi milikinya. Kita yang menginginkan penghasilan tinggi, sudahkah kinerja kita tinggi, cara mengajar kita baik, kita mengajar dengan sepenuh hati dan kemampuan kita, Jika belum, segeralah pantaskan, alasannya yaitu bila sudah pantas Insya Allah, Tuhan akan memudahkannya untuk sanggup kita raih atau miliki.

Lakukan Hal Lebih dari Orang Lain

Jika sobat ingin mendapat penghasilan lebih dari guru-guru honorer lain misalnya, tentu sobat harus melaksanakan hal-hal lebih pula dari yang mereka lakukan.

Contohnya, bila sasaran penghasilan sobat tadi 5 juta perbulan misalnya. Maka bila penghasilan sobat dari guru honorer hanya Rp. 300 ribu seandaninya, maka sobat harus bisa melaksanakan hal lebih untuk mendapat Rp. 4.700.000 lainnya. Caranya bagaimana ? Tentu dengan sobat memiiki usaha yang tidak mengganggu rutinitas sobat sebagai seorang guru.


Di zaman ini, mencari pekerjaan sampingan bukanlah hal sulit. Bahkan bermodalkan smartphone saja sobat bisa mempunyai penghasilan jutaan hingga puluhan juta setiap bulannya. Buktinya para blogger, Youtuber, atau pun penulis lepas bisa melakukannya meski hanya bermodalkan smartphone.

Bagi sobat yang tinggal di desa, bercocok tanam, membuka warung klontong dan lainnya tentu juga bisa menambah penghasilan. Yang terang banyak sekali sumber penghasilan itu, jadi kenapa kita tidak menentukan satu diantaranya untuk menambah penghasilan kita. Bahkan bila satu cara tersebut belum bisa mencapai sasaran kita, kita tidak dihentikan untuk menambah sumber-sumber penghasilan lain untuk sanggup meraihnya.


Take Action

Teori, ilmu pengetahuan, bahkan hingga keterampilan akan menjadi sia-sia bila tanpa adanya tindakan nyata. Oleh alasannya yaitu itu, point penting dari cara meningkatkan penghasilan guru yaitu segera bertindak.

Mengajarlah dengan baik di sekolah, tapi jangan lupa kita juga harus menjadi kepala rumah tangga yang baik untuk anak istri kita. Jangan hingga kita hanya fokus mendidik bawah umur orang lain, tapi dikala anak kita ingin mainan menyerupai anak orang lain pun kita hanya bisa membiarkannya menangis.


Semoga menginspirasi, dan memotivasi. Saya berdo’a semoga bapak ibu guru semua senantiasa ada dalam keridhoan Allah, dimudahkan rizkinya, dan senantiasa diselamatkan oleh Allah dunia dan akhirat. Itulah sebaik-baik dan seindah-indah rizki dari Allah, bagi kita seorang makhluk yang tak punya daya apa-apa bila tanpa pertolongan-Nya.

Tonton videonya :






Sumber http://inspirasi-dttg.blogspot.com

0 Response to "Jitu, Inilah Cara Meningkatkan Penghasilan Guru Honorer Atau Pns"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel