iklan banner

Ini Prediksi Juara Piala Dunia 2018 Versi Machine Learning

Foto: Dok. University of DortmundFoto: Dok. University of Dortmund

Jakarta - Ada yang menarik dari prediksi kejuaraan Piala Dunia 2018 kali ini. Prediksi yang biasanya dilakukan para pengamat sepak bola dan ilmuwan olahraga, sekarang dilakukan oleh komputer berbasis machine learning, dan mereka membesut Jerman sebagai juara perhelatan sepak bola terbesar tahun ini.

Perlu diketahui, para ilmuwan olahraga dan pengamat sepak bola memprediksi tim Brasil sebagai juara dunia. Negara Amerika Latin tersebut diprediksi akan menjuarai Piala Dunia dengan kemungkinan sebesar 16,6 persen. Posisi kedua yakni tim Jerman dengan kemungkinan sebesar 12,8 persen, kemudian Spanyol dengan kemungkinan 12,5 persen.

Berbeda dengan prediksi manusia, sehabis melaksanakan 100.000 kali simulasi pertandingan Piala Dunia, sistem menyimpulkan jika Jerman bakal menjadi pemenang Piala Dunia 2018 kali ini. Meski demikian, ada faktor menarik yang akan sangat mensugesti kemenangan Jerman.


Tim nasional Jerman ternyata harus lolos ke babak perempat akibat semoga peluang menangnya semakin tinggi. Jika tidak, Spanyol yang mempunyai peluang terbesar untuk menang. Apapun itu, prediksi ini tidak dapat dijadikan patokan. Namun akan sangat menarik apabila prediksi komputer dapat diandalkan untuk banyak sekali macam ajang perlombaan ke depannya.

Prediksi melalui machine learning tersebut benar-benar dilakukan oleh sekelompok ilmuwan yang dipimpin oleh Andreas Groll dari University of Dortmund, Jerman. Groll dan koleganya menciptakan sebuah sistem kecerdasan buatan memakai metode machine learning untuk memprediksi siapa yang bakal memenangkan Piala Dunia 2018.

Dilansir dari MIT Technology Review, Minggu (17/6/2018), Groll memakai teknik khusus dalam data-mining yang disebut dengan random-forest. Teknik tersebut memungkinkan komputer untuk melaksanakan analisa terhadap sekumpulan data dengan jumlah yang sangat banyak dengan tingkat kesalahan yang lebih rendah dibandingkan teknik data-mining lainnya.

Groll juga memakai banyak sekali data untuk memilih pemenang Piala Dunia 2018. Data tersebut terdiri dari data pemain, data kekuatan tim menurut peringkat FIFA, bahkan sampai data populasi tiap negara yang ikut bertanding di Piala Dunia serta GDP-nya.


Gajah vs Beruang Kutub Prediksi Nasib Jerman di Piala Dunia 2018:

[Gambas:Video 20detik]


Sumber detik.com

0 Response to "Ini Prediksi Juara Piala Dunia 2018 Versi Machine Learning"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel