Contoh Standar Operasional Mekanisme Perusahaan – Sop Penyusunan Anggaran Perusahaan
Daftar isi
SOP Anggaran Perusahaan ialah pedoman standar operasional mekanisme yang dibentuk dan dipakai oleh perusahaan untuk mengelola acara terkait anggaran, mulai dari planning penyusunan anggaran hingga pelaksanaan serta penilaian anggaran.
Sebelumnya ada 2 rujukan SOP Anggaran yang telah dibahasa, yaitu:
Pembahasan perihal langkah-langkah dan cara menciptakan SOP anggaran ini kami lakukan secara komprehensif biar benar-benar sanggup dipahami secara mudah, menyeluruh dan sanggup diterapkan.
Bila Anda belum membaca 2 rujukan SOP tersebut, kami sarankan untuk membacanya sehingga skill dan pemahaman Anda mengenai penyusunan anggaran menjadi lengkap serta utuh.
Langsung saja dimulai pembahasannya…
01. Cara Membuat SOP Anggaran Perusahaan
Bagaimana cara menciptakan Standar Operasional Prosedur perihal Anggaran Perusahaan?
Langkah-langkah menciptakan Standar Operasional Prosedur ialah sebagai berikut:
Format SOP Pasca Workshop Penyusunan Anggaran ialah sebagai berikut:
#1. Header SOP Anggaran
Format header masih sama dengan format SOP sebelumnya.
Masih menyerupai rujukan sop yang lain, header SOP Pasca Workshop Penyusunan Anggaran juga terdiri dari Nama & Logo Perusahaan, Judul, Nomer Dokumen, waktu mulai berlakunya SOP, Jumlah Revisi, dan Jumlah halaman SOP.
Bentuk header dari SOP Pasca Workshop Penyusunan Anggaran ialah sebagai berikut :
#2 Isi Standar Operasional Prosedur – SOP Anggaran Perusahaan
Isi SOP Pasca Workhsop Penyusunan Anggaran terdiri dari :
A. Latar Belakang
- Manajemen dalam menjalankan kegiatan perjuangan perlu pedoman yang disusun secara sistematis dalam bentuk angka dan dinyatakan dalam unit moneter.
- Anggaran perusahaan merupakan pendekatan yang formal dan sistematis dari pada pelaksanaan tanggung jawab administrasi di dalam perencanaan, koordinasi dan pengawasan seluruh kegiatan perusahaan untuk jangka waktu tertentu di masa yang akan datang.
- Kebijakan administrasi dalam penyusunan anggaran ialah campuran antara bottom up dan partisipatif di mana penyusunan anggaran sepenuhnya disusun dari bawah kemudian didiskusikan bersama untuk memutuskan anggaran yang terbaik.
B. Tujuan
Memastikan bahwa anggaran yang disusun sudah disepakati dan sesuai dengan ketentuan serta perkiraan yang ditetapkan.
C. Ruang Lingkup
- Evaluasi hasil workshop
- Penyusunan anggaran bulanan
- Persetujuan kepala cabang
- Evaluasi kewajaran breakdown
D. Satuan Kerja Terlibat
- Bagian Anggaran
- Cabang-cabang perusahaan
- Pembukuan Kantor Pusat
E. Dokumen yang dipergunakan
- Form perundingan workshop yang sudah disepakati
- Form persetujuan
F. Referensi
- ISO 9001
- Quality Management System
G. Prosedur Pelaksanaan
- Bagian anggaran melaksanakan penilaian hasil workshop seluruh cabang mencakup hasil pembahasan, cetakan kertas kerja yang sudah diditandatangani Direksi serta anggaran penjualan, karyawan, investasi dan perhitungan biaya.
- Bagian anggaran menyusun master anggaran bulanan cabang & kantor sentra dan mengirimkan ke seluruh cabang dan pembukuan kantor pusat.
- Bagian cabang-cabang perusahaan dan bab accounting kantor sentra melaksanakan breakdown anggaran bulanan.
- Bagian anggaran mengevaluasi kewajaran angka breakdown cabang-cabang perusahaan dan kantor sentra untuk finalisasi.
H. Flow Chart
Dalam flowchart di atas kita sanggup melihat ada 2 bab utama yaitu Bagian Akuntansi – Anggaran dan Bagian Cabang.
- Bagian Akuntansi: Anggaran dimulai semenjak mendapatkan hasil workshop hingga terbentuknya master anggaran bulan, mencakup anggaran penjualan, keuntungan rugi, biaya karyawan, investasi dan perhitungan biaya.
- Bagian Cabang: dimulai semenjak mendapatkan master anggaran hingga anggaran bulanan, terdiri dari anggaran penjualan, keuntungan rugi, biaya karyawan, investasi dan perhitungan biaya.
#3. Bagian Pengesahan SOP Anggaran
Pada bab ini memuat informasi mengenai:
- siapa yang menciptakan SOP,
- siapa yang menilik SOP, dan
- siapa yang mengesahkan SOP, lengkap dengan nama, jabatan dan tanda tangan.
Pejabat yang menciptakan SOP ialah General Manager Akuntansi & Keuangan.
Pejabat yang menilik SOP Pasca Workshop Penyusunan Anggaran ialah Management Representatif dan pejabat yang mengesahkan ialah Direktur Keuangan.
Bentuk lengkapnya ialah sebagai berikut :
02. Contoh SOP Pasca Workshop Penyusunan Anggaran
Contoh SOP perusahaan perihal workshp penyusunan anggaran ini ialah campuran potongan-potongan dari bagian-bagian SOP yang sudah kita buat pada pembahsan sebelumnya.
Setelah potongan-potongan tersebut dirangkai menjadi satu bab yang utuh, maka bentuknya ialah menyerupai berikut ini:
Halaman #1:
Halaman #2:
Halaman #3:
02. Kesimpulan
Demikian pembahasan perihal cara menciptakan SOP Pasca Workshop Penyusunan Anggaran, dan bahan ini merupakan simpulan bahan perihal SOP Anggaran.
Silahkan diambil dan dijadikan referensi penyusunan anggaran bisnis anda, tentunya sesudah dimodifikasi dengan linkungan perjuangan anda.
Dan jikalau Anda ingin mengetahui contoh-contoh SOP lainnya besar perangkat pendukung pelaksanaannya, silahkan eksklusif saja ke: SOP.
Semoga bermanfaat.
Terima kasih.
***
Sumber https://manajemenkeuangan.net
0 Response to "Contoh Standar Operasional Mekanisme Perusahaan – Sop Penyusunan Anggaran Perusahaan"
Posting Komentar