iklan banner

Cara Menanam Bunga Mawar Di Pot, Paling Mudah

 


Cara menanam bunga mawar di pot sanggup kita lakukan dengan metode stek, lantaran cara stek ini banyak dipakai oleh para petani dalam membudidayakan bunga mawar. Cara menanam bunga mawar dengan stek akan lebih gampang dilakukan dan tingkat keberhasilannya tinggi kalau dibandingkan dengan menanam bunga mawar dengan memakai cara lainnya. Untuk sanggup mencoba cara menanam bunga mawar dengan cara stek dan dengan keberhasilan tinggi merupakan cara yang paling gampang kita lakukan, maka kita sanggup mengikuti langkah langkah berikut yang sanggup dipakai sebagai panduan dalam membudidayakan bunga mawar.


Bunga mawar banyak disukai oleh masyarakat khususnya para perempuan lantaran bentuk bunganya yang indah dengan banyak sekali macam warna bunganya serta memiliki aroma yang harum. Bunga mawar banyak dipakai untuk bermacam macam program dan sanggup juga dipakai sebagai adonan untuk perawatan kecantikan.


Supaya tumbuhan bunga mawar kita sanggup tumbuh dengan baik maka kita perlu mempelajari bagaimana cara menanam bunga mawar dengan benar. Meskipun cara menanam bunga mawar di pot ini bergotong-royong tidak terlalu sulit, namun demikian dalam menanam bunga mawar diharapkan kemauan yang berpengaruh untuk terus belajar. Mengapa demikian? hal ini disebabkan lantaran dalam proses menanam bunga mawar memerlukan perawatan yang khusus. Kita harus menjaga kebutuhan nutrisi dan kebutuhan air yang cukup dari tumbuhan bunga mawar ini, supaya tumbuhan bunga mawar sanggup tumbuh subur.


Berikut langkah-langkah yang sanggup kita lakukan untuk melaksanakan budidaya bunga mawar di pot, paling gampang dan dengan tingkat keberhasilan bagus :


Cara menanam bunga mawar dan persiapan bibit bunga mawar


Cara menanam bunga mawar di pot sanggup kita lakukan dengan metode stek Cara menanam bunga mawar di pot, paling mudah
Bibit bunga mawar dengan stek

Tahapan awal sebelum kita memulai menanam bunga mawar maka kita harus mempersiapkan bibit bunga mawar yang berkualitas bagus, supaya nantinya tumbuhan bunga mawar sanggup tumbuh subut dan sanggup berkembang dengan baik. Jika kita akan menanam bunga mawar dari bibit maka kita sanggup membeli bibit bunga mawar di toko pertanian dan pilihlah bibit bunga mawar yang bagus dan yang tidak terdapat tanda tanda terkena penyakit.


Namun kalau kita akan melaksanakan pembibitan sendiri maka kita sanggup mencoba menanam bunga mawar dengan memakai stek. Untuk menanam bunga mawar dengan memakai stek maka kita sanggup menentukan batang bunga mawar yang sudah cukup bau tanah dan potong batang tersebut dengan memakai pisau bersih, kira kira sepanjang 10 cm. Kemudian kita siapkan daerah untuk semai. Tempat media semai sanggup memakai polibag maupun pot yang sudah kita isi dengan adonan pupuk sangkar dan tanah dengan perbandingan 2 : 1. Polibag atau pot yang sudah terisi media tanam, sebaiknya dibiarkan terlebih dahulu selama 15 hari sebelum daerah media tanam tersebut dipakai untuk menyemai.


Media semai yang sudah siap, untuk selanjutnya sanggup kita buatkan lubang dengan kedalaman 3 s/d 4 cm, kemudian tanam batang bunga mawar kedalam lubang tadi secara perlahan, supaya tidak merusak kulitnya dan lanjutkan dengan menutup memakai media tanam lagi. Kemudian media tanam yang sudah ditanam stek batang bunga mawar tadi, sebaiknya diletakkan ditempat yang tidak terkena sinar matahari dan hujan secara langsung.


Cara menanam bunga mawar dan persiapan media tanam


Media tanam yang akan kita buat yakni adonan dari pupuk kandang, pasir dan tanah dengan perbandingan 1 : 4 : 4. Kemudian aduk media tanam yang kita buat tadi hingga tercampur rata dan biarkan terlebih dahulu selama kira kira 15 hari, sebelum media tanam tersebut kita gunakan untuk menanam. Sebaiknya kita memakai pupuk sangkar yang sudah difermentasi atau pupuk yang sudah matang.


Pot yang kita pilih untuk menanam bunga mawar sebaiknya memakai pot yang terbuat dari tanah, lantaran pot yang terbuat dari tanah memiliki drainase yang lebih baik dibandingkan dengan jenis pot lainnya. Untuk ukuran potnya, sebaiknya kita sanggup menentukan sesuai dengan kebutuhan kita. Sebaiknya kita jangan memakai pot yang terlalu kecil lantaran pot yang terlalu kecil akan mengganggu pertumbuhan tumbuhan bunga mawar sehingga tidak sanggup berkembang dengan baik. Ukuran pot yang disarankan minimal berdiameter 25 cm.


Cara menanam bunga mawar dan proses menanam


Cara menanam bunga mawar di pot sanggup kita lakukan dengan metode stek Cara menanam bunga mawar di pot, paling mudah
Proses menanam bunga mawar

Setelah proses pembibitan bunga mawar sudah mulai tumbuh tunasnya maka kita mulai sanggup memindahkannya ke media tanam di pot yang sudah kita persiapkan sebelumnya. Sebelum pot kita isi dengan media tanam maka lapisan pertama sebagai dasarnya sanggup kita isi dengan kerikil kecil kecil, kerikil maupun pecahan genting. Hal ini berfungsi sebagai drainase untuk mengeluarkan air, supaya media tanam tidak tergenang oleh air dikala disiram lantaran air yang menggenang dapat  mengakibatkan tumbuhan bunga mawar mati lantaran akarnya membusuk.


Setelah cuilan dasar diisi dengan kerikil, kerikil kecil kecil atau genting maka lapisan kedua sanggup diisi dengan media tanam yang terdiri dari adonan dari tanah, pasir dan pupuk sangkar yang sudah tercampur rata dan sudah dibiarkan selama 15 hari. Masukkan bibit mawar dengan posisi ditengah pot, kemudian tutup lagi dengan media tanam hingga pot penuh.


Tekan media tanam secara perlahan supaya bibit batang bunga mawar sanggup bangun dengan tegak dan kokoh, kemudian siramlah media tanam dengan air untuk melembabkan media tanam. Letakkan pot ditempat yang tidak terkena sinar matahari secara eksklusif kira kira 1 ahad hingga tumbuhan bunga mawar siap untuk mendapat sinar matahari secara langsung.


Cara menanam bunga mawar dan perawatan serta pemeliharaannya


Supaya tumbuhan bunga mawar sanggup tumbuh dengan subur maka dibutuhkan pemeliharaan dan perawatan yang baik. Beberapa perawatan yang harus kita lakukan yakni dengan melaksanakan penyiangan terhadap tumbuhan liar yang mengganggu tumbuhan bunga mawar, melaksanakan penyiraman secara teratur 1 atau 2 kali dalam sehari. Penyiraman yang kita lakukan sanggup diubahsuaikan dengan kondisi media tanam dan jangan menyiram tumbuhan bunga mawar secara berlebihan lantaran kondisi media tanam yang becek akan mengakibatkan akar tumbuhan bunga mawar sanggup membusuk sehingga sanggup mengakibatkan tumbuhan bunga mawar kita mati.


Supaya tumbuhan bunga mawar sanggup tumbuh dengan subur maka kita harus memenuhi kebutuhan unsur hara, lantaran unsur hara ini merupakan sumber nutrisi bagi tumbuhan bunga mawar. Dalam menawarkan pelengkap pupuk maka kita sanggup memakai pupuk sangkar dengan cara menaburkan pupuk sangkar disekitar tanaman, dan jangan hingga pupuk sangkar tersebut menyentuh batang tumbuhan bunga mawar secara langsung.


Perawatan selanjutnya yakni dengan menawarkan pupuk sangkar atau pupuk NPK. Caranya dengan melarutkan pupuk kedalam air dengan ukuran 1 sendok NPK untuk setiap 5 liter air. Cara penggunaannya yaitu dengan dikocorkan ketanaman bunga mawar , setiap tumbuhan bunga mawar sanggup diberikan 200 ml dan pemupukannya  sanggup kita lakukan setiap 15 s/d 20 hari sekali.


Demikianlah cara menanam bunga mawar di pot paling gampang yang sanggup kita lakukan sendiri dikebun rumah kita, cara termudah gampang dan keberhasilannya tinggi maka gunakanlah cara stek untuk memulai menanam bunga mawar. Jika kita memiliki sisa ampas teh, air cucian beras maka keduanya sanggup kita manfaatkan sebagai pupuk organik untuk tumbuhan bunga mawar kita. Cara penggunaan ampas teh sanggup kita taburkan pada sekeliling tumbuhan bunga mawar, dan untuk air cucian beras sanggup kita siramkan atau semprotkan kedaun tumbuhan bunga mawar. Silahkan mencoba praktekkan untuk membudidayakan bunga mawar ini, semoga berhasil.



Sumber https://kebunbelakang.com

0 Response to "Cara Menanam Bunga Mawar Di Pot, Paling Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel